Comscore Tracker

7 Cara Membangun Komunitas Millenial Kreatif untuk Bangsa

#DearFutureIndonesia Merangkul seluruh pelosok negeri

Generasi muda merupakan tombak utama berkembangnya suatu bangsa. Bangsa yang maju bukanlah bangsa yang kaya, tetapi bangsa yang memiliki generasi penerus yang produktif, inovatif, kreatif, dan menguasai teknologi.

Presiden Soekarno selalu mengingatkan kepada kita melalui rekaman pidatonya yang membakar semangat pemuda sampai kini yang berbunyi, "Beri aku 1000 orang tua maka akan aku guncangkan Semeru sampai keakarnya, beri aku 10 pemuda niscaya akan ku guncangkan dunia". Semangat inilah yang harus dijaga oleh para pemuda generasi bangsa.

Di era millennial, para generasi muda harus lebih produktif dalam memanfaatkan teknologi. Generasi millennial berperan penuh dalam membangun bangsa yang maju dan cerdas. Kreativitas dan inovasi yang tumbuh dalam pikiran generasi millennial harus dapat diwujudkan dalam bentuk nyata. Membentuk suatu komunitas millennial merupakan suatu cara untuk ikut berkontribusi dalam tugas-tugas bangsa.

Jika para millennial bersatu membangun kekuatan positif, kemajuan bangsa kita akan terwujud dengan cepat. Berikut ini, 7 cara membangun komunitas millennial kreatif untuk kemajuan bangsa yang harus kamu realisasikan.

1. Membentuk komunitas guru muda cerdas

7 Cara Membangun Komunitas Millenial Kreatif untuk BangsaInstagram.com/Ind_mengajar

Pendidikan merupakan kebutuhan penting untuk sebuah bangsa yang maju. Belum meratanya fasilitas pendidikan yang memadai masih menjadi kendala dalam memajukan sumber daya manusia. Rendahnya minat menggapai cita-cita yang tinggi sering diakibatkan oleh mahalnya pendidikan di Indonesia.

Pemerintah berupaya penuh agar semua anak-anak Indonesia mendapatkan pendidikan sampai jenjang universitas. Namun program ini sampai saat ini belum bisa sampai ke tingkat universitas. Masih belum memadainya pendapatan negara yang memenuhi kebutuhan pendidikan bangsa.

Sebagai generasi muda millennial, kita harus membantu meringankan tugas pemerintah. Melalui pembentukan komunitas Guru Muda Cerdas dapat membantu anak-anak yang ingin sekolah untuk mewujudkan cita-citanya. Komunitas yang kita bentuk akan membantu mereka dalam mendapat pendidikan yang baik.

Kerahkan anggota komunitas yang ahli di bidang bahasa, teknologi, dan kreativitas untuk mengajarkan ilmunya. Hal ini dapat membekali anak-anak Indonesia agar dapat bersaing secara global. Usahakan komunitas millennial kreatif yang kalian bentuk merangkul seluruh pelosok negeri.

2. Membentuk komunitas muda tanggap bencana

7 Cara Membangun Komunitas Millenial Kreatif untuk BangsaInstagram.com/mdmcindonesia

Indonesia yang berada di daerah cincin api dunia atau Ring Of Fire menyebabkan potensi terjadi bencana sangat tinggi. Posisi Indonesia yang berada di tiga lempeng dunia, yaitu lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia, dan Lempeng Pasifik, membuat intensitas gempa sering terjadi.

Tsunami,gempa bumi, pergerakan tanah dan bencana besar lainnya seakan bergantian menghantam daerah-daerah di Indonesia. Duka dan pedihnya kenyataan ini harus dialami Bangsa kita.

Generasi millennial harus dapat tanggap dalam menghadapi bencana. Bentuk komunitas millennial yang dapat membantu pekerjaan pemerintah dalam mengatasi penanggulangan bencana ini. Millennial dituntut cerdas dalam menguasai informasi mengenai fenomena alam di negeri kita.

Kesigapan dan kesiapan millennial dibutuhkan dalam membantu menyelamatkan para penduduk yang terkena bencana. Komunitas millennial kreatif seperti ini dibutuhkan negeri dalam menanggulangi bencana.

3. Membentuk komunitas pelopor industri kreatif

7 Cara Membangun Komunitas Millenial Kreatif untuk BangsaInstagram.com/novipengusaha

Industri kreatif yang dimiliki bangsa kita berpotensi membangun ekonomi bangsa. Sumber daya alam yang melimpah jika diimbangi dengan pelatihan yang tepat akan meningkatkan kreativitas dan produktivitas masyarakat.

Melalui berbagai program peningkatan mutu sumber daya manusia, akan membuat produk dalam negeri diakui kancah Internasional. Perlu adanya fokus pemerintah dalam mengembangkan potensi industri kreatif ini.

Kita sebagai generasi millennial harus ikut membangun bangsa melalui industri kreatif. Komunitas Pelopor Industri Kreatif perlu dibentuk dan direalisasikan. Kembangkan program pelatihan untuk masyarakat yang membutuhkan pembinaan dalam meningkatkan taraf hidupnya.

Perbesar pasar industri kreatif dengan mempromosikan produk lokal. Bantu pemerintah untuk mengurangi angka pengangguran di Indonesia. Kesejahteraan dan hidup yang layak harus diperjuangkan bersama. Bergabunglah membentuk millennial cerdas yang peduli terhadap perkembangan industri kreatif bangsa.

Baca Juga: 7 Cara Mencegah Berita Hoax Menyebar, Millennials Harus Berkontribusi!

4. Membentuk komunitas pelestarian alam Indonesia

7 Cara Membangun Komunitas Millenial Kreatif untuk BangsaInstagram.com/lindungihutan

Alam Indonesia memiliki potensi yang besar untuk dijaga dan dikembangkan. Hutan hujan tropis yang dimiliki bangsa kita merupakan paru-paru dunia. Keanekaragaman flora dan fauna yang dimiliki bermanfaat untuk masa depan generasi penerus bangsa.

Tanah yang subur dan iklim yang mendukung membuat negeri kita disebut zamrud khatulistiwa. Menjaga dan mengembangkan potensi kekayaan alam yang kita miliki menjadi tanggung jawab bersama. Terutama generasi millenial yang berperan penuh dalam segala upaya membangun bangsa.

Komunitas Pelestarian Alam Indonesia harus dibentuk untuk ikut berkontribusi membangun bangsa. Komunitas ini diupayakan untuk membuat program yang produktif dan inovatif dalam upaya pelestarian alam Indonesia. Program reboisasi hutan, penanaman mangrove, perlindungan flora dan fauna serta program lainnya harus dapat direalisasikan komunitas millennial kreatif.

Ajak semua anak muda untuk bergabung dalam komunitas pelestarian alam ini.

5. Membentuk komunitas kesehatan dan gizi masyarakat

7 Cara Membangun Komunitas Millenial Kreatif untuk BangsaInstagram.com/edogusdiansyah

Problematika kesehatan di Indonesia masih belum terselesaikan. Mahalnya biaya rumah sakit dan minimnya fasilitas kesehatan di setiap desa masih jadi tugas pemerintah. Generasi millennial harus dapat bekerja sama dengan Pemerintah membentuk Komunitas Kesehatan dan Gizi Masyarakat.

Komunitas ini dapat membantu mengumpulkan dana untuk para warga yang tidak memiliki biaya untuk berobat. Pengumpulan donor darah melalui komunitas ini pun bermanfaat untuk menolong para pasien yang kekurangan darah.

Selain itu, anak muda millennial yang tergabung dalam komunitas ini dapat membantu dalam memperbaiki gizi masyarakat. Pengumpulan donatur yang ada, akan disalurkan pada peningkatan gizi masyarakat miskin. Ada juga program fogging yang dapat kalian lakukan untuk mencegah wabah penyakit demam berdarah. Mari membangun bangsa yang sehat dan sejahtera.

6. Membentuk komunitas penulis pejuang literasi

7 Cara Membangun Komunitas Millenial Kreatif untuk BangsaInstagram.com/idntimes.community

Budaya literasi amat penting peranannya dalam membangun bangsa yang cerdas. Tantangan penulis zaman sekarang bukan hanya tentang menerima informasi lalu membagikannya kepada khalayak umum, tetapi lebih dari itu penulis harus mampu menginspirasi generasi millennial yang peduli terhadap perkembangan literasi. Minat generasi sekarang yang berubah karena kemajuan teknologi harus dapat diarahkan kembali.

Sebagai generasi millennial yang kreatif, kita harus membentuk Komunitas Penulis Pejuang Literasi. Ajaklah anak muda untuk dapat cerdas dalam mengolah dan menerima informasi tentang segala aspek kehidupan. Opini, kritik, dan saran untuk kemajuan bangsa dapat disalurkan melalui menulis.

IDN Times menyediakan platform untuk para millennial yang ingin berjuang bersama-sama mengembangkan literasi. Kita bangun bangsa kita dengan budaya literasi yang produktif dalam segala aspek kehidupan.

7. Membentuk komunitas startup penunjang bangsa

7 Cara Membangun Komunitas Millenial Kreatif untuk BangsaInstagram.com/smartfrencommunity

Startup merupakan penunjang penting dalam mewujudkan keenam komunitas millennial kreatif tersebut. Dampak positif startup akan mempercepat dalam membangun bangsa modern dan maju. Program Guru Muda Cerdas yang merangkul seluruh pelajar Indonesia, membutuhkan startup yang mumpuni dalam menunjang pendidikan.

Sebagai generasi cerdas yang tanggap bencana harus didukung pula oleh startup yang sesuai untuk Komunitas Muda Tanggap Bencana. Selain itu, kontribusi millennial dalam Komunitas Pelopor Industri Kreatif membutuhkan startup untuk mempromosikan produk lokal dan Komunitas Kesehatan dan Gizi pun membutuhkan dukungan startup dalam menggalang dana. Komunitas Pelestarian Alam pun layak didukung startup yang mumpuni.

Generasi millennial perlu membentuk Komunitas Startup penunjang bangsa. Komunitas yang merangkul dan mempermudah komunitas lain dalam membangun bangsa yang maju dan sejahtera. Seluruh komunitas millennial kreatif ini harus saling bekerja sama. Komunitas Penulis Pejuang Literasi dapat kita manfaatkan untuk mengolah informasi dalam mengembangkan tujuan bangsa. Semua opini, kritik, saran dan ide kreatif dalam disalurkan melalui media literasi.

Dari semua cara di atas, agar menjadi tumpuan Indonesia maka millennial memerlukan jaringan internet yang stabil, kuota melimpah dan harganya terjangkau. Ya gak? Beruntungnya, Smartfren punya jaringan #Super4GKuota yang harganya cuma Rp60.000 tapi kuotanya sudah 30GB. Pengen tahu info lengkap soal jaringan dan harga kuota terjangkau dari Smartfren, coba buka https://www.smartfren.com/id/super-4g-kuota. Buruan deh #KuotakanMaumu dan #KuotakanSuaramu.

Baca Juga: Tuangkan Harapanmu untuk Indonesia dan Menangkan Macbook Air!

Nurul Aulia Photo Community Writer Nurul Aulia

Jika tidak bisa berbicara dengan lantang mengutarakan kebenaran, Menulislah dengan baik dan benar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You