Comscore Tracker

5 Cara Menghemat Uang di Tengah Wabah COVID-19, Pikirkan Dana Darurat!

Yuk, mulai berhenti boros

Akhir-akhir ini, semua orang dihadapkan dengan ketidakstabilan ekonomi sebagai dampak dari wabah COVID-19. Pengalihan kegiatan dan aktivitas yang semula bebas, kini dibatasi sehingga berdampak pada masalah keuangan. Perlu adanya pengelolaan uang yang tepat agar bisa beradaptasi dengan keadaan. 

Pendapatan yang dihasilkan untuk bulan ini harus diatur dengan baik dan disesuaikan dengan kebutuhan krusial. Selain itu, tabungan dana darurat sudah harus direncanakan dari sekarang. Berikut beberapa tips menghemat uang yang perlu diperhatikan.

1. Catat rincian pengeluaran wajib untuk bulan ini

5 Cara Menghemat Uang di Tengah Wabah COVID-19, Pikirkan Dana Darurat!Unsplash.com/Kelly Sikkema

Hal yang pertama dilakukan saat menerima pendapatan bulanan adalah mencatat rincian pengeluaran wajib untuk bulan ini. Tagihan rumah, mobil, listrik, pajak dan cicilan lainnya tetap dibayar tepat waktu.

Selama uangmu mencukupi, usahakan jangan pernah menunggak cicilan untuk menghindari penumpukan pengeluaran. Pengeluaran wajib ini termasuk dalam persentase pengeluaran bulanan yang perlu diperhatikan setiap bulannya. 

2. Buat daftar belanja kebutuhan hidup utama

5 Cara Menghemat Uang di Tengah Wabah COVID-19, Pikirkan Dana Darurat!Pexels.com/Anna Shvets

Biar pengeluaran bisa terkontrol dengan baik, buatlah daftar rincian belanja kebutuhan utama yang dibutuhkan selama sebulan. Pembelian bahan-bahan pokok, obat-obatan dan sabun cuci termasuk dalam rincian belanja tersebut. Tambahkan pula kebutuhan tambahan seperti masker dan hand sanitizer.

Meskipun stok kebutuhan makanan ini dilakukan untuk sebulan, hindari panic buying agar sama-sama tidak merugikan orang lain. Mulai cerdas dalam membuat daftar belanja agar bisa memenuhi kebutuhan krusial selama wabah COVID-19 berlangsung. 

Baca Juga: 5 Tips Hidup Hemat untuk Kamu yang Baru Saja Menikah, Mudah Kok!

3. Hindari boros membeli makanan di luar

5 Cara Menghemat Uang di Tengah Wabah COVID-19, Pikirkan Dana Darurat!Unsplash.com/Clay Banks

Selama physical distancing, hindari terlalu sering memesan makanan di luar. Ketika semua anggota keluarga berada di rumah, pengeluaran untuk memesan makanan di luar akan menambah kenaikan beban pengeluaran yang drastis. 

Lebih baik membeli bahan-bahan pokok yang bisa diolah menjadi makanan yang lebih banyak. Kamu perlu beradaptasi dengan situasi sulit yang belum bisa diprediksi kapan akan berakhir ini. 

4. Stop pembelian barang yang tidak terlalu urgent

5 Cara Menghemat Uang di Tengah Wabah COVID-19, Pikirkan Dana Darurat!Pexels.com/Bruce Mars

Kebiasaan berbelanja barang-barang tidak penting yang biasa dilakukan sebelum wabah COVID-19 sebaiknya hindari terlebih dahulu. Sudah saatnya menghentikan gaya hidup yang berlebihan dan boros dalam mengeluarkan uang. 

Wabah COVID-19 yang kini terjadi lambat laun akan mempengaruhi kehidupan ekonomi. Untuk mengantisipasi kesulitan ini, mulai belajarlah berhemat dan hentikan keinginan untuk berbelanja secara berlebihan. 

5. Mulai simpan dana darurat

5 Cara Menghemat Uang di Tengah Wabah COVID-19, Pikirkan Dana Darurat!Unsplash.com/Sharon Mc Cutcheon

Saatnya untuk belajar menyimpan dana darurat di tengah wabah COVID-19. Alokasikan setidaknya 20 persen gajimu untuk tabungan darurat. Pikirkan kebutuhan tidak terduga yang bisa saja tiba-tiba muncul selama wabah COVID-19 berlangsung. 

Selama wabah ini, dana darurat bisa diandalkan jika terjadi ketidakstabilan ekonomi. Belajarlah melatih diri sendiri untuk menyisihkan sebagian uang yang akan disimpan sebagai dana darurat. Sudah saatnya beradaptasi dengan keadaan sekarang ini. 

Nah, itulah beberapa tips menghemat uang yang bisa diterapkan di tengah wabah COVID-19. Yuk, mulai belajar untuk hemat dan menyesuaikan diri dengan kesulitan yang terjadi akhir-akhir ini. 

Baca Juga: Anti Boros, Coba Trik Tetap Hemat selama Kerja dari Rumah

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Ketika dia sedang tidak menulis, kamu akan menemukan dia sedang sibuk rebahan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya