Comscore Tracker

8 Tips Upgrade Quality Content Supaya Level Skill-mu Gak Stagnan!

Bagi yang sedang mencari inspirasi

Content creator merupakan salah satu profesi baru yang ramai dihandle oleh sebagian besar kaum millennials saat ini. Content creator merupakan salah satu pekerjaan yang menuntut kreativitas dalam menciptakan sebuah karya atau membuat konten.

Content creator juga harus mengembangkan beberapa skillsnya dalam membuat konten supaya level skill dalam memburu kualitas konten semakin tinggi dan tidak stuck di satu titik. Berikut ini 8 tips untuk upgrade kualitas konten supaya level skill yang dimiliki tidak stuck.

1. Re-fresh dirimu dengan me-time atau nongkrong bareng

8 Tips Upgrade Quality Content Supaya Level Skill-mu Gak Stagnan!Pixabay/5688709

Setelah melalui penatnya hari ketika beraktivitas dan bekerja, kini saatnya kamu meluangkan waktumu untuk berhenti sejenak. Hal-hal yang dapat dilakukan yaitu bisa dengan me-time atau pergi nongkrong bersama dengan teman terdekat. Dengan cara tersebut kamu dapat kembali me-refresh pikiran dan fisikmu untuk mendapatkan ide-ide yang unik.

Me-time dapat dilakukan seperti menyendiri dan rebahan dengan membaca buku, novel, melakukan hobi atau menonton film selayaknya kaum introver. Adapun bagi kaum ekstrover akan lebih relate dengan aktivitas seperti nongkrong di cafe ataupun berbincang-bincang dengan beberapa teman dekat.

2. Coba cari masalah disekelilingmu dan lakukan problem solving

8 Tips Upgrade Quality Content Supaya Level Skill-mu Gak Stagnan!Karolina Grabowska from Pixabay" target="_blank">Pixabay/Karolina Grabowska

Bagi content creator, content writer atau copywriter tentunya pernah merasa stuck dalam membuat konten. Misalnya bagi penulis lepas, umumnya mereka menulis sesuatu yang berkaitan dengan problematika kehidupan sehari-hari.

Masalah yang ada pada diri kita maupun orang di sekitar kita akan membantu produksi ide dan konsep yang unik dan fresh. Seringnya, kita mendapatkan ide menulis karena dari beberapa masalah yang kita dapatkan.

3. Asah critical-thinking lewat membaca dan menonton video untuk memperluas wawasan

8 Tips Upgrade Quality Content Supaya Level Skill-mu Gak Stagnan!Ina Hall from Pixabay" target="_blank">Pixabay/Ina Hall

Referensi dari mengkaji literatur, melakukan riset, memperdalam materi melalui membaca buku, melakukan analisis dan mengembangkan sikap berpikir kiritis dalam memandang problematika kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar sangat berpengaruh pada kualitas ide konten.

Selain itu, menonton video–video yang relevan dengan ide konten, dapat mempermudah penemuan ide dalam mengembangkan kemampuan yang berpengaruh besar pada kualitas karya yang dibuat.

4. Gali potensi ide yang unik dan viral dari setiap solusi dari masalah yang ada di sekitarmu

8 Tips Upgrade Quality Content Supaya Level Skill-mu Gak Stagnan!Unsplash/CJ Dayrit

Ide-ide yang fresh bisa didapatkan dari lingkungan sekitar, atau bahkan pada hal-hal yang sedang trending atau viral yang kemudian bisa dikembangkan dari sudut pandang yang berbeda dan unik namun tidak receh.

Baca Juga: Ini 5 Sebab Content Creator Bisa Punya Jumlah Followers Ratusan Ribu

5. Petakan ide untuk konsep kontenmu

8 Tips Upgrade Quality Content Supaya Level Skill-mu Gak Stagnan!TeroVesalainen from Pixabay" target="_blank">Pixabay/TeroVesalainen

Setelah menemukan ide-ide yang fresh, mari peta-petakan ide tersebut menjadi sebuah konsep yang minimalis namun berkualitas. Tanamnkan prinsip kesederhanaan dalam membuat karya karena akan memudahkan proses pembuatan konten supaya lebih fleksibel, efektif dan efisien.

6. Posisikan diri se-nyaman mungkin dan mulailah membuat konten!

8 Tips Upgrade Quality Content Supaya Level Skill-mu Gak Stagnan!Unsplash/Dillon Shook

Hampir sebagian besar generasi kaum millennials pasti pernah atau sering merasa malas. Untuk mengatasinya, alangkah baiknya posisikan diri kita se-nyaman mungkin dan mulai saja membuat konten.

Rasa malas tersebut bisa tiba-tiba menghilang dan berganti dengan semangat ketika kita dalam proses pembuatan konten.

7. Jadilah pribadi yang open-minded dan perbanyak sharing

8 Tips Upgrade Quality Content Supaya Level Skill-mu Gak Stagnan!Unsplash/Priscilla Du Preez

Tentunya dalam membuat konten, ada beberapa pihak yang terlibat termasuk tim inti kita, alangkah baiknya kita menjadi pribadi yang open-minded. Memiliki pikiran terbuka, dapat menerima dengan senang hati pendapat yang masuk akal dari tim kita dapat membantu kelancaran proses pembuatan konten.

8. Niat dan tulus dalam membuat konten

8 Tips Upgrade Quality Content Supaya Level Skill-mu Gak Stagnan!Unsplash/Christin Hume

Terakhir dan tak kalah penting, tanamkan niat tulus pada diri kita dalam membuat karya. Lakukan dengan passion dan panggilan dari hati untuk senantiasa berprogress, terbuka dengan saran dan kritik netizen, mengoreksi kesalahan dan terus melakukan yang terbaik. Alangkah baiknya dalam membuat konten, tata niat dan gunakan hati yang tulus karena ingin berkarya, bukan karena iming-iming finansial yang besar.

Itulah 8 tips yang bisa dilakukan untuk meng-upgrade kualitas konten supaya level skillsmu tidak berhenti di satu titik. Tetap semangat. One step closer!

Baca Juga: 5 Skill yang Pasti Kamu Kembangkan Saat Jadi Content Creator

Nurul Fitri Photo Writer Nurul Fitri

INFJ person.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya