Comscore Tracker

Hobi Makan? Ini 6 Cara untuk Hasilkan Uang dari Hobi Paling Enak Ini!

Sudah makan enak, dibayar pula!

Punya hobi makan berarti harus punya ‘modal’ besar untuk bisa eksplor segala rasa. Tapi, tahukah kamu, bahwa hobi makanmu itu bukan hanya menghabiskan uang, tapi juga bisa menghasilkan cuan lho! Yuk simak 6 cara hasilkan uang dari hobi paling enak ini, siapa tahu hobi kamu bisa jadi salah satunya?

1. Jadi professional food taster

Hobi Makan? Ini 6 Cara untuk Hasilkan Uang dari Hobi Paling Enak Ini!Shutterstock/bbernard

Kalau kamu hobi makan, pasti kamu punya selera yang mantap. Kamu tahu betul mana makanan yang enak dan mana makanan yang belum layak jual. Nah, kamu bisa memanfaatkan ketajaman lidahmu sebagai konsultan rasa untuk usaha kuliner. Tapi ingat, kamu harus mampu mampu mendeskripsikan rasa dengan lebih baik ya supaya klien kamu tahu apa yang harus ditingkatkan. 

2. Tawarkan jasa sebagai experience guide

Hobi Makan? Ini 6 Cara untuk Hasilkan Uang dari Hobi Paling Enak Ini!Shutterstock/djile

Kamu yang hobi makan pasti tahu banget mana saja surga kuliner yang wajib coba. Jangan biarkan pengetahuanmu ini sia-sia, ayo tawarkan jasamu sebagai experience guide, di Airbnb misalnya. Nggak perlu bingung, kamu cukup siapkan list  tujuan berdasarkan preferensi umum. Tapi, supaya lebih ‘menjual’, kamu bisa ajak klien kamu ke petualangan kuliner otentik di kotamu. Pasti seru!

3. Jadi content creator di bidang kuliner

Hobi Makan? Ini 6 Cara untuk Hasilkan Uang dari Hobi Paling Enak Ini!IDN Times/OPPO

Ini dia profesi paling enak sejagat raya! Bisa jalan-jalan mencicipi aneka kuliner lezat sudah jadi rutinitas hariannya, siapa yang nggak mau? Jika kamu ingin terjun ke bidang ini, hal pertama yang harus kamu siapkan tentu saja kamera. 

Tenang, kamu nggak butuh kamera profesional kok untuk menjadi seorang food content creator. Asal tahu cara mengambil foto yang keren, pakai kamera smartphone pun sudah lebih dari cukup. Tapi, jangan sembarang pilih smartphone ya guys karena nggak semuanya bisa hasilkan foto yang insta-worthy. Untuk itu, IDN Times sarankan kamu coba intip kamera dari smartphone OPPO Reno3 deh.

Hobi Makan? Ini 6 Cara untuk Hasilkan Uang dari Hobi Paling Enak Ini!IDN Times/OPPO

Smartphone yang baru saja diluncurkan oleh OPPO ini sudah dibekali dengan berbagai fitur yang bikin foto makanan jadi lebih terlihat menggugah selera. Pertama, ada Ultra Clear 108MP Image yang bisa hasilkan gambar makanan yang detail dan kaya warna. Kedua, ada Super Macro 3 cm yang bisa menangkap detail terkecil dari makanan. Berguna banget nih untuk foto makanan dari jarak dekat! Ketiga, ada fitur Ultra Dark Mode yang bisa membuat foto malam hari tampak lebih terang dan jelas, cocok banget buat kamu yang doyan explore kuliner malam nih. Fitur-fitur tersebut sudah dicoba langsung oleh food content creator Kelvin Kosasih lho.

“Kalau untuk foodie cocok banget pakai yang Super Macro 3 cm. Ibaratnya kalau kita pake kamera itu, sudah fixed lens. Jadi, kalau kita mau menunjukkan makananya enak, detail teksturnya juga kelihatan. Hasil kameranya juga sudah sampai 108MP ‘kan ya, jadi kualitasnya juga sudah secanggih kamera DSLR,” kata Kelvin.

Hobi Makan? Ini 6 Cara untuk Hasilkan Uang dari Hobi Paling Enak Ini!Dok. @kelvinkosasih

Setelah menggunakan OPPO Reno3 Kelvin juga mengaku tertarik untuk memilikinya lho. Sebab, ia nggak lagi perlu repot-repot bawa kamera profesional setiap kali berburu kuliner. Apalagi OPPO Reno3 juga sudah dilengkapi fitur OSIE Vision yang bikin Instagram Story nggak pecah-pecah. Cocok banget buat content creator nih! 

Nah, jangan mau kalah dengan Kelvin Kosasih ya, kamu juga bisa kok jadi food content creator sekeren dia kok. Yuk mulai perjalanan karirmu sebagai content creator dengan pre-order OPPO Reno3 sekarang juga! Langsung saja klik di sini guys.

4. Buka bisnis kulinermu sendiri

Hobi Makan? Ini 6 Cara untuk Hasilkan Uang dari Hobi Paling Enak Ini!Shutterstock/Yuganov Konstantin

Tahu makanan yang enak seperti apa adalah modal besar bagi seorang pebisnis kuliner. Nggak perlu khawatir kalau kamu nggak bisa masak. Faktanya, banyak lho pebisnis kuliner yang sebenarnya nggak bisa masak. Contohnya, Irvin dan Ircahn Gunawan yang sukses mendirikan Irvins Salted Egg meski nggak punya pengalaman memasak profesional. Modal mereka cuma satu, tahu mana yang enak dan bisa diterima konsumen. 

5. Buat film kuliner kamu sendiri

Hobi Makan? Ini 6 Cara untuk Hasilkan Uang dari Hobi Paling Enak Ini!goldenspeedseo.com

Film adalah medium yang pas untuk menggambarkan betapa lezatnya suatu makanan. Apalagi kalau dibalut dengan cerita tentang cinta dan keluarga yang relatable dengan kehidupan kita. Passion kamu di bidang kuliner pastinya akan membuat filmnya jadi lebih istimewa. Nggak percaya? Coba deh kamu tonton film Chef, Julie & Julia, Aruna dan Lidahnya, Tabula Rasa, dan film-film bertema kuliner lainnya. 

6. Tulis buku resep a la kamu sendiri

Hobi Makan? Ini 6 Cara untuk Hasilkan Uang dari Hobi Paling Enak Ini!Shutterstock/Olena Yakobchuk

Doyan makan dan doyan eksperimen di dapur? Jangan biarkan skill terhenti di situ dong! Ayo tuangkan resep-resep ajaib yang lahir dari tanganmu dalam sebuah buku resep. Kalau kamu merasa nggak bisa nulis, tenang itu bisa dipelajari pelan-pelan kok. Kalau masih ragu untuk menulis buku resep sendiri, kamu bisa coba tuangkan resepmu di aplikasi Yummy kok guys.

Tuh, kata siapa hobi makan itu cuma menghabiskan uang saja? Lewat cara yang tepat, kita justru bisa jadi produktif lho. Jadi, mau makan apa hari ini?

Topic:

  • Karsa Adiguna

Berita Terkini Lainnya