Comscore Tracker

7 Alasan Orang Lebih Memilih Gak Punya Akun Media Sosial

Kamu salah satunya? 

Media sosial sudah menjadi bagian dari kehidupan kebanyakan orang. Seolah ingin tetap terhubung dengan dunia dan gak mau dianggap ketinggalan zaman, orang berpikiran untuk memiliki setidaknya satu akun media sosial. Bahkan, bayi yang baru lahir pun gak jarang akan langsung dibuatkan akun media sosial sendiri yang dikelola oleh orang tuanya. 

Meski begitu, sebagian orang justru memilih untuk gak punya media sosial apa pun dengan beragam alasan. Berikut beberapa diantaranya. Keep reading! 

1. Menghindari fake relationship

7 Alasan Orang Lebih Memilih Gak Punya Akun Media SosialUnsplash.com/Azat Satlykov

Saat punya akun media sosial, biasanya orang akan mulai mencari lingkaran pertemanannya untuk saling follow. Mulai dari real friend sampai mutual friend, gak luput dijadikan teman di media sosial. Bahkan ada juga yang baru kenal. lewat media sosial dan saling terhubung. 

Sayangnya, beberapa orang ada yang mementingkan jumlah teman dan followers hingga gak peduli lagi mereka saling kenal atau tidak. Bak pertemanan palsu, kondisi ini pun jadi pemicu alasan sebagian orang enggan punya akun medsos. Alih-alih punya banyak teman tapi gak kenal, mereka lebih memilih menjauh dari hingar bingar media sosial. 

2. Berisiko merusak reputasi

7 Alasan Orang Lebih Memilih Gak Punya Akun Media SosialUnsplash.com/Warren Wong

Media sosial menjadi wadah atas berbagai unggahan ribuan bahkan jutaan akun. Sayangnya, gak semua konten yang diunggah adalah sesuatu yang positif. Hal yang dianggap negatif, baik unggahan gambar atau kata-kata bisa saja berbalik mencoreng wajah kita sendiri. Pada akhirnya, si pemilik akun akan dicap sebagai sosok dengan kelakuan negatif hanya karena satu unggahan. Duh, ngeri juga, ya. 

3. Mengurangi kepercayaan diri

7 Alasan Orang Lebih Memilih Gak Punya Akun Media SosialUnsplash.com/bruce mars

Alih-alih jadi wadah komunikasi yang menghubungkan yang jauh, media sosial juga kerap jadi ajang pamer kehidupan pribadi. Niat awalnya mungkin sekadar berbagi kebahagiaan, tapi sikap semacam ini bisa memicu rasa insecure dalam diri orang lain. Bukan iri, orang bisa saja malah jadi minder karena merasa gak sehebat atau sekaya itu. Alhasil, pilihan buat gak punya medsos dianggap sebagai cara terbaik. 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Istirahat Sosial Media untuk Kesehatan Mental 

4. Menghindari stres

7 Alasan Orang Lebih Memilih Gak Punya Akun Media SosialUnsplash.com/Zachary Kadolph

Berbagai informasi memang mampu didapat dan dibagikan oleh media sosial. Positifnya, apa pun yang dibutuhkan bisa kita cari. Sayangnya, hal-hal yang negatif yang malah menimbulkan kegelisahan juga bisa ditemukan dengan mudah. Fakta ini berpotensi membuat penggunanya merasa tertekan hingga mengalami stres.

Sebut saja informasi terkait perkembangan COVID-19, bagi sebagian orang bisa sangat menakutkan dan menciptakan kekhawatiran yang berlebihan. Akhirnya, demi menghindari kondisi semacam ini, orang memilih rehat dari media sosial atau malah menonaktifkan hingga menutup akun medsosnya. 

5. Rawan pembajakan data

7 Alasan Orang Lebih Memilih Gak Punya Akun Media SosialUnsplash.com/Clint Patterson

Sudah menjadi rahasia umum kalau saat membuat akun media sosial kita diwajibkan untuk mengisi sejumlah data pribadi. Meski ada klaim bahwa data kita dijamin kerahasiaannya, tapi gak menutup kemungkinan bisa diretas oleh pihak ketiga. Hal inilah yang kemudian membuat orang enggan membuat akun medsos karena merasa jauh lebih aman tanpanya.

6. Gaptek

7 Alasan Orang Lebih Memilih Gak Punya Akun Media SosialUnsplash.com/Ahmed Nishaath

Dari sekian banyak alasan, ternyata ada sebagian orang yang menjadikan gaptek sebagai alasan kenapa gak mau bermedia sosial. Mereka merasa bahwa teknologi media sosial sangat rumit dan sulit untuk dipelajari. Meski faktanya tidak sesulit yang dibayangkan, tapi sebagian dari mereka sebenarnya sudah terlalu malas untuk mempelajarinya. 

7. Bukan tipe yang 'hobi' berbagi kehidupan pribadi

7 Alasan Orang Lebih Memilih Gak Punya Akun Media Sosialunsplash.com/Kate Darmody

Menariknya lagi, ada sebagian orang yang gak berminat bermedia sosial karena termasuk tipe orang yang kurang suka berbagi kehidupan pribadi di dunia maya. Bagi mereka, segala hal yang sifatnya privasi gak boleh jadi konsumsi publik. Mau bahagia, sedang sedih, atau malah galau, mereka lebih memilih untuk menyimpannya sendiri. Bukannya gak ingin berbagi sepenuhnya, tapi media sosial memang gak pernah jadi pilihan tempat yang dianggap tepat.

Itulah tadi tujuh alasan kenapa orang lebih memilih untuk tidak punya akun media sosial. Well, semua memang kembali pada hak masing-masing pribadi, sih. Mau punya akun medsos atau tidak, bukan masalah besar, kok. Setuju? 

Baca Juga: 5 Hal yang Sebaiknya Tidak Perlu Diumbar ke Media Sosial

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya