Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Dibuang agar Sukses Cepat Datang, Jauhi Circle Toksik

Sukses itu bisa diraih siapa saja asal mau berjuang

Kesuksesan seringkali dianggap sebagai bukti atas pencapaian target yang ditetapkan dalam hidup dengan memperoleh kenyamanan, kebahagiaan, dan pengakuan atas kemampuan yang dimiliki. Gak heran kalau semua orang rela melakukan apa saja lewat perjuangan yang bahkan bisa mengorbankan seluruh waktu dan tenaga.

Namun, ternyata ada hal-hal yang justru harus dibuang agar sukses cepat datang. Buat yang penasaran, simak penjelasannya berikut ini, ya.

1. Circle pertemanan yang cenderung toksik

5 Hal yang Harus Dibuang agar Sukses Cepat Datang, Jauhi Circle Toksikilustrasi pertemanan (Unsplash.com/Brooke Cagle)

Sadar atau tidak, circle pertemanan ternyata punya pengaruh yang cukup besar dalam proses pencapaian sukses. Saat kamu terjebak dalam circle pertemanan yang tergolong toksik, jangankan berjuang, mereka justru cenderung melemahkanmu lewat sikap-sikap meremehkan kemampuan dalam dirimu. 

Beda cerita jika kamu berada dalam lingkup pertemanan yang lebih positif, semangat mengejar dan meraih impian untuk sukses pun akan semakin besar. Bahkan gak jarang, teman juga mampu mendongkrak semangat hidup saat dilanda krisis percaya diri.

Jadi, pilihlah lingkup pertemanan yang bisa membantu dan mendorongmu untuk maju. Sebab, dampak bagi mentalmu sendiri juga bisa sangat besar ketika karakter dan sifat teman dalam circle-mu ikut memberi pengaruh yang konsisten.

2. Alasan-alasan yang melemahkan mental

5 Hal yang Harus Dibuang agar Sukses Cepat Datang, Jauhi Circle Toksikilustrasi berpikir (Pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Seringkali musuh terbesar untuk meraih sukses tidak hanya datang dari luar, tapi justru berasal dari dalam diri sendiri. Mindset yang cenderung mudah menjatuhkan mental sendiri kerap jadi jalan terjal untuk terus melanjutkan perjuangan meraih sukses.

Salah satu yang khas adalah alasan-alasan yang malah dibiarkan hidup ketika masalah datang. Bukannya berfokus pada solusi, kamu justru jadi terjebak dalam pikiran negatif bahwa kamu gak mampu melewatinya atau gak punya skill mumpuni untuk meraih sukses.

Kalau pemikiran semacam ini dibiarkan tumbuh dan membesar, bukan hanya menghambat sukses, tapi juga menghancurkan mental pemenang yang sebenarnya ada dalam diri semua orang. Yuk, mulai hapus alasan-alasan gak masuk akal yang melemahkan mentalmu.

Baca Juga: 5 Cara Gak Mudah Tergoda dengan Skema Cepat Sukses di Usia Muda

3. Keinginan menemukan dan menggunakan jalan pintas

5 Hal yang Harus Dibuang agar Sukses Cepat Datang, Jauhi Circle Toksikilustrasi melihat ke belakang (Pexels.com/Helena Lopes)

Sebelum menentukan target sukses dalam hidup, pahami dulu bahwa perjalanan meraih impian bukanlah sesuatu yang instan. Ada proses yang harus dijalani demi mendapatkan apa yang diinginkan selama ini. Jadi, jangan biasakan diri untuk mencari jalan pintas, ya.

Awalnya mungkin jalan pintas terasa mudah dan pastinya cepat. Namun, seringkali apa yang didapat gak akan seindah yang dibayangkan. Sebab, jalan pintas hanya menghasilkan sukses jangka pendek sedangkan kerja keras dan ketekunanlah yang akan berbuah sukses jangka panjang.

4. Pemahaman bahwa bakat adalah segala-galanya

5 Hal yang Harus Dibuang agar Sukses Cepat Datang, Jauhi Circle Toksikilustrasi menenangkan pikiran (Pexels.com/Natalie)

Bakat yang dimiliki seseorang memang mampu jadi salah satu modal untuk meraih sukses. Namun, untuk bisa sukses gak melulu ditentukan oleh bakat semata. Terkadang justru keuletan dan ketekunan dalam berjuang meraih impian juga bisa mengantarkan kita pada keberhasilan.

Jadi, jangan pernah merasa kecil hati hanya karena anggapan orang bahwa kamu gak berbakat di satu bidang. Bukankah semua hal bisa dipelajari asal kita punya niat? Sama halnya dengan meraih impian, cara melewati jalan menuju sukses bisa dipelajari lewat kegigihan yang tak kenal kata menyerah.

5. Keinginan untuk mengontrol segala sesuatu

5 Hal yang Harus Dibuang agar Sukses Cepat Datang, Jauhi Circle Toksikilustrasi merasa tidak berdaya (Pexels.com/Liza Summer)

Dalam perjalanan menuju sukses, akan ada banyak hal yang perlu dikendalikan agar kita tetap bisa on track. Namun, bukan berarti semua hal harus berada dalam kontrol kita. Terkadang kita juga harus rela melepas sesuatu yang ada di luar kendali karena "ngeyel" untuk hal ini malah akan melemahkan mental.

Salah satunya berkaitan dengan cara berpikir dan sikap orang lain. Kita gak akan bisa mengendalikan tindakan orang lain agar sesuai dengan harapan. Cara terbaik adalah fokus mengatur pikiran, respons, dan tindakan kita sendiri dalam menghadapi orang lain atau keadaan tertentu.

Sukses adalah impian setiap orang yang pastinya akan diperjuangkan dengan berbagai cara. Gak cuma menyusun rencana terbaik, membuang kelima hal tadi juga wajib dilakukan agar sukses cepat ada dalam genggaman. Jangan pernah merasa lelah untuk berjuang meraih sukses, ya. Kamu pasti bisa!

Baca Juga: 5 Definisi Sukses yang Akan Memberimu Cara Pandang Baru

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya