Comscore Tracker

5 Kelebihan Introver yang Jarang Disadari Orang, Deep Thinker Sejati!

Kamu introver juga, gak?

Sosok introver lekat dengan image pendiam dan gak terlalu suka bergaul di lingkungan sosial yang lebih luas. Pemikiran ini membuat orang dengan kepribadian intover seolah gak punya kelebihan hingga dianggap sebagai teman yang gak asyik dan gak gaul. Padahal, sebenarnya anggapan semacam itu cuma mitos, lho.

Introver justru punya kelebihan khas yang bisa bikin orang kagum saat sudah mengenal mereka. Jarang disadari, berikut sederet kelebihan introver yang wajib dikenali. Deep thinker yang cocok jadi teman curhat ternyaman, nih.

1. Penghasil ide kreatif yang kerap bikin takjub

5 Kelebihan Introver yang Jarang Disadari Orang, Deep Thinker Sejati!ilustrasi berpikir (Unsplash.com/Yosep Surahman)

Meski di luar tampak pendiam, kecerdasan seorang introver gak bisa diragukan, lho. Saat mereka sudah mulai berani menyuarakan pikiran, ide yang disampaikan kerap bikin orang takjub. Banyak dari idenya cukup out of the box yang orang sering gak kepikiran tentang hal tersebut, sedangkan introver bisa.

Hanya saja, introver lebih memilih diam dulu, terlebih saat tidak ada yang menanyakan pendapatnya. Mereka memang tipe yang cenderung canggung saat jadi pusat perhatian. Selain itu, seorang introver bukan tipe orang yang "hobi" pamer kemampuan demi sebuah perhatian atau bahkan validasi dari sekitar.

2. Tipe pemikir yang mendalam

5 Kelebihan Introver yang Jarang Disadari Orang, Deep Thinker Sejati!ilustrasi berpikir (Pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Saat introver jadi makin pendiam, sebenarnya mereka itu sedang berpikir. Segala sesuatu selalu dipertimbangkan secara mendalam dan dipikirkan dampaknya di masa mendatang. Gak heran kalau pribadi introver juga dikenal sebagai sosok deep thinker yang gak pernah gegabah dalam bertindak di berbagai situasi.

Bagi introver, proses berpikir yang mendalam sangat penting untuk dilakukan demi sikap antisipasi sekaligus menjaga perilaku agar tidak salah langkah. Meski ada kesan ragu-ragu, pada akhirnya justru cara berpikir tersebut membuat introver jadi lebih bijak dalam mengambil tindakan.

Baca Juga: 5 Tanda Introver Mulai Nyaman dengan Seseorang, Diam-diam Perhatian

3. Punya keterampilan analitis yang baik

5 Kelebihan Introver yang Jarang Disadari Orang, Deep Thinker Sejati!ilustrasi merasa bahagia (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Punya kecerdasan dan cara berpikir mendalam membuat gaya analisis seorang introver terkesan lebih unggul dibanding orang pada umumnya. Mereka mampu menilai secara lebih utuh dan luas ketika dihadapkan pada permasalahan hidup. Meski memakan waktu, tapi hasilnya terbilang brilian, lho.

Pribadi introver bisa melihat detail masalah secara lebih kritis, lengkap dengan berbagai kemungkinan solusi yang bisa diambil. Sisi kritis ini juga yang pada akhirnya membuat introver kerap jadi andalan saat orang butuh saran dan penilaian mendalam terhadap masalah tertentu.

4. Pendengar yang baik dan ahlinya menyimpan rahasia

5 Kelebihan Introver yang Jarang Disadari Orang, Deep Thinker Sejati!ilustrasi berbicara (Unsplash.com/Mimi Thian)

Karena gak terlalu suka banyak bicara, intover jadi terbiasa lebih banyak mendengar dan mengamati sekitar dengan detail. Saat ada yang curhat, mereka akan jadi pendengar yang baik dan fokus pada permasalahan yang diceritakan. Berbekal kemampuan analitisnya juga, pribadi introver akan bisa diandalkan untuk memberi saran yang solutif.

Bukan cuma jadi pendengar dan pemberi solusi terbaik, seorang introver juga jagonya menjaga rahasia, lho. Mereka paham prinsip privasi dengan baik hingga apa yang didengar tidak akan diumbar di muka umum, apalagi sampai dijadikan bahan gibah alias gosip.

5. Tipe setia yang fokus pada hubungan penuh makna

5 Kelebihan Introver yang Jarang Disadari Orang, Deep Thinker Sejati!ilustrasi berbicara (Pexels.com/Buro Millennial)

Seorang introver memang cenderung sulit didekati, tapi kalau sudah nyaman, mereka gak ragu memberikan loyalitas sebagai bentuk menjaga kualitas hubungan yang mereka hargai selama ini. Mereka memang gak terlalu mementingkan kuantitas, justru dari rasa nyaman tersebut yang bakal jadi alasan untuk bertahan.

Gak heran sikap setia jadi kelebihan sekaligus kebanggan seorang introver. Gak perlu menagih janji, introver akan rela mempersembahkan kesetiaan mereka demi orang-orang yang memang dianggap layak. Namun, jangan sampai berkhianat sebab rasa kecewa akan membuat mereka menjauh tanpa ingin kembali.

 

Pada dasarnya, semua orang pasti punya kelebihan masing-masing, termasuk sosok introver. Meski paham hal ini, orang kerap gak sadar kelebihan-kelebihan yang dimiliki introver, seperti kelima hal tadi. Yuk, kenali teman introvermu lebih dekat agar makin paham dengan sisi positif yang ada dalam diri mereka.

Baca Juga: 5 Mitos yang Disematkan pada Seorang Introver, Pemalu dan Kesepian

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya