Comscore Tracker

5 Kesalahan Berpikir yang Bikin Kamu Sulit Berkembang, Perbaiki!

Sebab, musuh terbesar adalah pikiranmu sendiri 

Sikap dan perilaku orang merupakan hasil dari cara memandang sesuatu yang sering kali banyak dipengaruhi oleh logika berpikir yang dimiliki. Sayangnya, terkadang logika berpikir pun bisa mengalami kesalahan dalam memahami sesuatu hingga berdampak pada perkembangan kualitas diri.

Jika kesalahan-kesalahan logika berpikir gak segera diubah, kamu akan sulit berkembang menjadi pribadi yang lebih baik di masa depan. Jangan ragu untuk segera memperbaiki, berikut beberapa kesalahan berpikir yang bikin kamu gak berkembang.

1. Anggapan bahwa yang kamu rasakan adalah kenyataan

5 Kesalahan Berpikir yang Bikin Kamu Sulit Berkembang, Perbaiki!ilustrasi berpikir (Pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Seringkali “musuh” dari logika adalah perasaanmu sendiri. Saat kamu mulai berpikir bahwa apa yang dirasakan adalah kenyataan yang bakal terjadi di lapangan, keyakinan semacam ini akan membangkitkan kecemasan. Pada akhirnya malah menahan dirimu mengembangkan diri.

Padahal apa yang kamu rasakan belum tentu sesuai dengan realitas, lho. Bisa jadi semua itu hanya ada dalam pikiranmu sendiri yang sudah terlalu dikuasai oleh kecemasan. Meski terkadang intuisi bisa diandalkan, tapi tetap perlu ada keseimbangan.

2. Cenderung menyalahkan diri sendiri saat dihadapkan masalah 

5 Kesalahan Berpikir yang Bikin Kamu Sulit Berkembang, Perbaiki!ilustrasi menyendiri (Unsplash.com/Chema Photo)

Saat ada masalah, mengambil tanggung jawab kesalahan memang terkadang bisa jadi langkah yang efisien agar semua bisa cepat terselesaikan. Namun, lain cerita jika kamu terus menyalahkan diri sendiri dalam semua permasalahan yang hadir dalam hidupmu.

Cara berpikir semacam ini hanya akan semakin membuatmu kehilangan integritas. Pasalnya, apa pun situasi yang dihadapi, kamu akan terus merasa sebagai pihak yang salah. Hal ini malah memunculkan potensi dijadikan kambing hitam jika ada orang lain yang tahu dan ingin memanfaatkan cara berpikirmu ini.

3. Terlalu fokus pada hal negatif di segala situasi

5 Kesalahan Berpikir yang Bikin Kamu Sulit Berkembang, Perbaiki!ilustrasi berpikir (Pexels.com/Anastasiya Vragova)

Logika berpikir yang hanya fokus pada hal negatif sebenarnya sudah merujuk pada mindset disqualifying the positive. Kondisi ini gak cuma membuatmu terjebak dalam kerangka berpikir negatif, tetapi juga jadi cenderung mengabaikan hal-hal positif yang sebenarnya masih bisa ditemukan dalam situasi tersulit sekalipun.

Imbasnya, kamu akan selalu merasa kurang meski faktanya sudah memiliki pencapaian yang baik. Pada akhirnya, konsep berpikir ini akan mendorongmu semakin jauh dari sikap bersyukur, karena kamu belum mampu menghargai diri sendiri atas apa yang sudah dimiliki saat ini.

Baca Juga: 5 Situasi saat Wanita Harus Mengedepankan Logika daripada Cinta

4. Sering menyamaratakan sesuatu

5 Kesalahan Berpikir yang Bikin Kamu Sulit Berkembang, Perbaiki!ilustrasi berpikir (Unsplash.com/kevin turcios)

Gak jarang orang dengan mudah menyamaratakan kejadian tertentu hanya karena hal serupa pernah terjadi sebelumnya. Logika semacam ini sebenarnya cukup berbahaya, lho. Pasalnya, kamu jadi gampang mengambil kesimpulan tanpa mempertimbangkan kemungkinan atau sudut pandang lain.

Misalnya, kamu pernah mengalami kegagalan cinta hingga ujungnya merasa bahwa akan gagak kembali kalau membuka hati pada orang baru. Akhirnya, kamu malah menghambat dirimu sendiri untuk maju dan mendapatkan kebahagiaan.

5. Berpikir bahwa semua hal gak bisa diubah lagi

5 Kesalahan Berpikir yang Bikin Kamu Sulit Berkembang, Perbaiki!ilustrasi berpikir (Unsplash.com/Yosep Surahman)

Saat berpikir kalau semua hal gak bisa diubah lagi, tandanya kamu sudah terjebak dalam fixed mindset. Konsep berpikir ini membuatmu percaya bahwa segala sesuatu memang sudah begini adanya dan gak bisa diubah, apalagi berkembang ke kondisi yang lebih baik.

Kamu pun jadi sering menghindari tantangan hingga setiap potensi baik dalam dirimu seolah gak mampu keluar dan dimaksimalkan. Biasanya dalil “Aku, sih, memang sudah begini ini” atau “Aku yang begini, kalau mau syukur, tapi kalau gak mau ya sudah” sering jadi pembelaanmu di hadapan orang lain.

Ada kalanya logika berpikir mampu membawa seseorang ke arah yang lebih baik. Namun, gak menutup kemungkinan logika yang salah justru akan berdampak pada perkembangan kualitas diri yang tidak maksimal. Segera ubah jika memang kelima kesalahan logika berpikir tadi mulai muncul dalam dirimu.

Baca Juga: 5 Alasan Ilmiah Wanita Lebih Mengutamakan Perasaan daripada Logika

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya