Comscore Tracker

5 Cara 'Merayakan' Komentar Negatif yang Merendahkanmu, Kamu Kuat!

Keep calm!

Hidup di lingkungan sosial yang majemuk, membuat kita bertemu dan mengenal berbagai karakter dan sifat manusia. Alih-alih berteman dengan orang yang selalu mendukung, kita juga akan bertemu dengan mereka yang cenderung senang melemahkan. Tak jarang kita akan mendapatkan komentar negatif yang sifatnya melemahkan dan menurunkan semangat.

Mengadapi hal semacam ini terkadang gampang-gampang susah. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan saat komentar negatif datang dan merendahkanmu.

1. Tetap tenang dan klarifikasi seperlunya

5 Cara 'Merayakan' Komentar Negatif yang Merendahkanmu, Kamu Kuat!pixabay.com/Republica

Menanggapi komentar negatif yang tertuju pada kita seringkali tidak mudah. Akan ada fluktuasi emosi yang dirasakan sebagai akibat dari komentar tersebut. Tak jarang kita pun akan merasa disudutkan seolah mereka yang paling benar. Ketenangan adalah hal utama yang perlu dijaga demi menstabilkan setiap emosi yang ada.

Setelah tenang, cobalah untuk menyikapi semua dengan bijak. Klarifikasi fakta yang terjadi sebenarnya. Tidak perlu terlalu ngotot, seperlunya saja. Sebab mereka yang membencimu tidak akan bisa menerima penjelasanmu. Sedangkan mereka yang mendukungmu, akan tetap ada di pihakmu apapun yang terjadi.

2. Sebisa mungkin abaikan yang negatif

5 Cara 'Merayakan' Komentar Negatif yang Merendahkanmu, Kamu Kuat!pixabay.com/Free-Photos

Jika klarifikasi sudah kamu lakukan tapi komentar negatif justru semakin menyudutkanmu, ada baiknya untuk belajar manjadi abai. Sebab terkadang semakin kamu bersuara, akan semakin deras pula serangan yang tertuju untukmu. 

Dengan mengabaikan komentar negatif, kamu akan lebih tenang dan bisa fokus pada pekerjaan atau studimu. Cukup dengar dan lupakan, bahkan kalau perlu tinggalkan sumber-sumber informasi yang memberimu akses pada komentar negatif tadi.

3. Tak perlu mengubah apapun seperti yang orang lain mau

5 Cara 'Merayakan' Komentar Negatif yang Merendahkanmu, Kamu Kuat!pixabay.com/rawpixel

Seringnya, komentar yang ada bertujuan untuk mengubah seseorang. Entah itu hal yang berkaitan dengan penampilan, ataupun sifat dan karakter. Namun seringkali cara yang dipakai sangat menyakitkan dan cenderung menunjukkan sisi negatif.

Bicara tentang komentar negatif, hampir sebagian besar bersifat kritik tajam tanpa alasan kebaikan. Maka, ada baiknya untuk tidak menuruti setiap keinginan di balik komentar negatif itu. Sebab bagaimanapun juga, menjadi diri sendiri akan selalu lebih membahagiakanmu. 

Baca Juga: Lihat Positifnya, Pelajaran Ini Bisa Didapat Jika Sering Dinyinyirin

4. No baper ya guys!

5 Cara 'Merayakan' Komentar Negatif yang Merendahkanmu, Kamu Kuat!pixabay.com/Free-Photos

Salah satu cara terbaik menghadapi setiap komentar negatif adalah tidak terlalu terbawa perasaan a.k.a baper. Semakin baper, maka semakin kamu akan tersiksa dengan komentar yang ada. Sama halnya dengan semakin banyak melihat dan mendengar komentar negatif, justru akan semakin menjatuhkan semangatmu.

Tidak semua komentar harus terlalu dipikirkan dan bahkan sampai masuk ke hati. Ada kalanya menutup mata dan telinga juga layak dicoba. Bukan menjadi apatis, hanya terkadang menjadi cuek itu juga diperlukan.

5. Tetap lakukan yang terbaik bagi hidupmu

5 Cara 'Merayakan' Komentar Negatif yang Merendahkanmu, Kamu Kuat!pixabay.com/Free-Photos

Terlalu peduli pada komentar negatif bukan hanya akan melemahkan mentalmu, tapi juga akan mengalihkan fokusmu. Kamu hanya akan melihat pada mereka yang sibuk berkomentar tentangmu hingga tujuan utama hidupku terabaikan.

Mulai kembalikan fokusmu pada tujuan hidupmu, entah itu prestasi atau karir. Ubah persepsimu tentang komentar negatif menjadi cambuk penyemangat. Hingga perhatianmu tertuju pada pengembangan diri yang lebih baik.

Tidak akan ada orang yang seutuhnya menyukai kita, pun sebaliknya. Ibarat pepatah lama 'anjing menggonggong, kafilah berlalu', maka teruslan berjalan mewujudkan setiap impian dan cita-citamu. Tetap semangat, ya!

Baca Juga: Jangan Emosi, 5 Cara Elegan Menyikapi Orang yang Suka Nyinyir

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya