Comscore Tracker

IWF 2021: Sudah Selesai! Ini 5 Manfaat yang Didapat Community Writer

Banyak pembelajaran dan inspirasi #IWF2021

Indonesia Writers Festival 2021 yang berlangsung sejak Senin (25/10/2021) telah merampungkan sesi terakhirnya pada Sabtu malam (30/10/2021). Acara rutin tahunan dari IDN Times ini memang gak pernah gagal menyita perhatian para penulis, terutama community writer (commuter). Berbagai pembelajaran dan inspirasi disuguhkan dalam setiap sesinya bersama narasumber yang kompeten di bidang masing-masing.

Gak heran kalau IWF 2021 mampu mendatangkan banyak manfaat bagi commuter. Berikut beberapa dia ntaranya.

1. Ilmu di bidang kepenulisan kian bertambah

IWF 2021: Sudah Selesai! Ini 5 Manfaat yang Didapat Community WriterSalman Aristo dan Gina S Noer di IWF 2021. (instagram.com/idntimes)

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, rangkaian acara IWF 2021 memang bertujuan untuk sharing ilmu, wawasan, dan pengalaman menulis. Kamu bisa belajar mulai dari copywriting, SEO, sains jurnalistik, hingga tips berkarier di dunia kepenulisan di berbagai kanal.

Keberagaman ilmu ini nantinya akan jadi bekal untuk commuter mengembangkan kemampuan menulisnya. Gak berhenti di kanal yang biasa ditekuni, IWF 2021 juga menjadi inspirasi untuk menjajal pengalaman menulis di kanal lainnya, nih.

2. Makin tahu seluk-beluk menulis di IDN Times

IWF 2021: Sudah Selesai! Ini 5 Manfaat yang Didapat Community Writersesi Editor's Talk di IWF 2021 (youtube.com/IDN Times)

Bagi commuter, momen IWF tahun ini juga jadi pengalaman seru untuk makin mengenal IDN Times. Lewat sesi "Editor's Talk", commuter diajak melihat keunggulan dan cara menulis di tiap kanal. Community editor bahkan membagikan deretan mitos yang kerap jadi perbincangan commuter.

Makin serunya lagi, commuter dimanjakan dengan kanal baru, yaitu Kore. Pasalnya, IWF 2021 ini juga jadi momentum launching kanal Korea yang sudah sangat dinantikan. Commuter yang juga merupakan fans KDrama dan KPop jadi punya wadah khusus, nih. Nulis serba-Korea dijamin jadi makin seru!

Baca Juga: IWF 2021: 5 Rahasia Tiap Kanal IDN Times agar Tulisan Cepat Terbit

3. Dapat kesempatan ngobrol seru bareng narasumber yang kompeten

IWF 2021: Sudah Selesai! Ini 5 Manfaat yang Didapat Community WriterIWF 2021 (instagram.com/indonesia.writers.festival)

Narasumber gak pernah lepas dari rangkaian webinar di IWF. Jadi, gak heran kalau sejumlah nama memang sudah sangat dinanti kedatangannya hingga commuter bisa belajar dari mereka sekaligus punya momen ngobrol bareng yang menyenangkan. 

Mulai dari penulis, film maker, musisi, pakar ekonomi, dan tokoh-tokoh inspiratif populer sukses jadi magnet di setiap sesi IWF 2021. Gak cuma dapat ilmu dan bisa belajar dari pengalaman mereka, commuter juga bisa seru-seruan bareng lewat kolom chat.

4. Jam terbang dan pengalaman ikut kompetisi menulis 

Gak sekadar sharing ilmu dan keseruan, IWF 2021 juga memberi kesempatan bagi commuter untuk menambah jam terbang menulis. Di setiap sesinya, commuter diajak untuk berbagi tulisan terkait topik yang disajikan.

Selain itu, ada kompetisi menulisnya juga, lho. Belajar sudah, kesempatan menulis juga terbuka lebar. Jadi, gak ada salahnya untuk menantang diri mengikuti kompetisi menulis. Lewat bekal ilmu dari IWF 2021, kamu pasti jadi makin percaya diri buat ikut kompetisi menulis. Yuk, ikutan. Masih ada waktu, kok.

5. Pundi-pundi bonus poin makin banyak

IWF 2021: Sudah Selesai! Ini 5 Manfaat yang Didapat Community Writerilustrasi uang (unsplash.com/Micheile Henderson)

Selain writing competition yang pastinya punya reward sendiri, IDN Times Community juga gak mau kalah memberi peluang commuter untuk menghasilkan cuan. Tulisan yang di-submit terkait tema IWF 2021 punya peluang menambah poin bonus, nih. Tentunya tulisan seperti biasanya juga tetap diedit oleh editor.

Jadi, jangan sampai kelewatan buat nulis tema IWF 2021 dari masing-masing sesi, ya. Makin banyak tulisan yang di-publish, makin banyak bonus poin yang bisa dikumpulkan. Cuan dari IWF 2021, wajib, dong!

Gimana, Commuter? Sudah merasakan langsung manfaat dari ikut event IWF 2021 dari IDN Times, bukan? Jadi makin gak sabar menanti event IWF tahun depan, nih.

IDN Times menggelar Indonesia Writers Festival 2021. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2021 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan "Empowering Indonesians Through Writing" ini dilangsungkan pada 25 hingga 30 Oktober 2021 melalui Zoom dan YouTube IDN Times.

IWF 2021 sendiri menghadirkan lebih dari dua puluh pembicara kompeten di berbagai latar belakang, seperti Gina S Noer, AULION, Zarry Hendrik, Kevindra Soemantri, Sri Izzati, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: IWF 2021: Mas Aik Olah Sambatan Jadi Karya Kreatif

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya