Comscore Tracker

Dianggap Remeh, 5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Produktivitasmu

Segera hentikan sebelum terlambat!

Apakah akhir-akhir ini kamu sering merasa tidak produktif? Ingin mencapai segala target saja rasanya berat untuk bergerak. Kalau begitu, sudah dipastikan ada yang salah dengan dirimu, sehingga berimbas pada produktivitasmu.

Sering kali kebiasaan yang dianggap remeh bisa jadi penyebab produktivitas terhambat, lho. Lebih merugikannya lagi, terkadang kamu tak menyadari jika kebiasaan itulah yang membuatmu tenggelam dalam kelalaian.

Sebelum terlambat, mulai sadari beberapa kebiasaan yang bisa mengganggu produktivitasmu setiap harinya. Jangan sampai terlena, ya!

1. Menunda alarm bangun tidur

Dianggap Remeh, 5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Produktivitasmuilustrasi seseorang tengah menunda alarm. (pexels.com/Miriam Alonso)

Meski terdengar sepele, menunda alarm bangun tidur bisa jadi racun bagu produktivitasmu. Ini lantaran kamu bakal kehilangan waktu emas untuk memulai, sehingga rencana aktivitas yang telah kamu rancang berpotensi berantakan.

Kamu mungkin saja dirundung sesal ketika sadar bahwa ada waktu yang terbuang sia-sia. Kemudian, rasa sesal tersebut bakal menjamur, sehingga jadi perusak fokusmu saat bekerja. Akibatnya, produktivitasmu makin terganggu, deh.

2. Membuka media sosial saat jam kerja

Dianggap Remeh, 5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Produktivitasmuilustrasi seseorang bermain media sosial saat jam kerja. (pexels.com/Andrea Piacquadio))

Membuka media sosial saat jam kerja merupakan kebiasaan tak yang sehat harus kamu hentikan mulai dari sekarang. Hal remeh tersebut nyatanya berpotensi menyita waktu yang seharusnya kamu gunakan untuk bekerja.

Kebiasaan ini tentu bisa merusak produktivitasmu jika terus dilakukan. Secara tak sadar, kamu akan kehilangan banyak waktu karena keasyikan berselancar di media sosial. Kamu pasti pernah mengalaminya, kan? Jauhkan ponsel saat sedang bekerja, ya.

3. Kurang minum air putih

Dianggap Remeh, 5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Produktivitasmuilustrasi meminum air putih (pexels.com/Artem Podrez)

Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas London Timur, Inggris, meminum air putih yang cukup bisa meningkatkan produktivitas sebanyak 14 persen. Ini artinya, kurang minum air putih bisa memengaruhi produktivitasmu dalam bekerja.

Hal ini juga telah dikupas tuntas dalam sains. Air putih bisa meningkatkan sistem kerja otak seseorang saat bekerja. Asupan mineral yang terkandung dalam air putih bisa membuatmu jauh lebih fokus dan produktif.

Baca Juga: 7 Aplikasi untuk Atur Produktivitas Kerja, Jadi anti Mager!

4. Melewatkan sarapan

Dianggap Remeh, 5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Produktivitasmuilustrasi makanan untuk sarapan (pexels.com/Flo Dahm)

Jika kamu akan melakukan hari yang produktif, jangan sesekali melewatkan sarapan. Banyak studi yang membuktikan bahwa melewatkan sarapan bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Salah satunya yang berhubungan dengan sistem kerja otak.

Dilansir Nourish by WebMD, sarapan bisa membuatmu lebih fokus dalam mengerjakan segala aktivitas. Selain itu, energi yang terkumpul dari sarapan bisa meningkatkan daya pikir dan kerjamu, lho.

5. Sering multitasking

Dianggap Remeh, 5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Produktivitasmuilustrasi seseorang kewalahan dalam multitasking (pexels.com/Energepic)

Tidak bisa dipungkiri, sebagian orang berpikir jika multitasking atau mengerjakan sejumlah tugas dalam satu waktu merupakan hal efektif untuk menuntaskan pekerjaan dalam waktu singkat. Namun faktanya, multitasking mengurangi efisensi dalam bekerja.

Hal itu disebabkan fokus dan konsentrasimu akan buyar ketika dihadapakan dengan beberapa tugas. Bukannya mempersingkat waktu, multitasking malah memperlambat pekerjaan dan merusak produktivitasmu.

Menghindari hal-hal yang bisa mengganggu produktivitas saat bekerja sudah sepatutnya kamu lakukan untuk meminimalisir kerugian waktu dan tenaga. Kalau begitu, mulai kurangi segala kebiasaan yang berpotensi merusak hari-hari produktifmu, yuk!

Baca Juga: 5 Rambu dalam Berkhayal biar Gak Bikin Malas dan Susah Bersyukur

Mutiara Ananda Photo Verified Writer Mutiara Ananda

I write what I read, I read what I wrote.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya