Comscore Tracker

Ternyata 5 Kebiasaan Ini yang Menunjukkan Kalau Kamu Egois

Egois tuh bagus atau gak sih?

Sebenarnya gak perlu sebuah pengakuan, pasti sebagian besar dari kita juga punya kecenderungan buat menang sendiri. Bener gak? Entahlah, bisa jadi karena kamu iri sehingga melakukan hal demikian, atau mungkin tanpa sadar kamu memang punya tekad untuk selalu jadi pemenangnya di segala hal.

Coba di cek lagi deh, kelima tanda di bawah ini sering kamu alami gak? Berarti kamu termasuk tipe orang yang egois. Patut waspada nih!

1. Punya gengsi yang tinggi

Ternyata 5 Kebiasaan Ini yang Menunjukkan Kalau Kamu EgoisShutterstock/fizkes

Pasti kamu bertanya ya, kok bisa sih gengsi yang tinggi jadi indikator kita egois? IDN Times coba jelaskan dulu ya, sifat egosentris itu menandakan bahwa kamu menilai segala hal dari sudut pandangmu sendiri. Sebenarnya kamu butuh bantuan orang lain, tapi rasanya malu banget buat minta bantuan saking gengsinya. Pasti menurut kamu bantuan mereka gak berpengaruh ‘kan untuk masalahmu? Tuh, udah mulai egois deh.

2. Gak mau dikritik orang lain

Ternyata 5 Kebiasaan Ini yang Menunjukkan Kalau Kamu EgoisShutterstock/Have a nice day Photo

Hampir sama dengan poin sebelumnya, kamu merasa kamu adalah orang yang paling benar dan orang lain itu salah. Makanya gak heran, kamu gak pernah bisa menerima kritik dan saran mereka. Kamu bisa jadi lebih egois lagi, kalau kamu malah dicap sebagai ‘tukang kritik’ oleh teman-temanmu, tapi gak pernah terima kalau dikritik. Gak bisa gitu dong, harus adil.

3. Rasa peduli yang rendah

Ternyata 5 Kebiasaan Ini yang Menunjukkan Kalau Kamu EgoisShutterstock/GaudiLab

Kamu pasti tau dong kalau semua transportasi menyedia bangku prioritas? Coba introspeksi dulu, selama ini kamu masih sering pura-pura tidur atau pakai headset gak demi sebuah bangku? Kalau iya, itu kamu egois. Lebih egois lagi, kalau kamu gak pernah merasa bersalah akan hal itu. Jangan mau enaknya sendiri, pedulilah dengan sekitarmu. Kamu mau suatu saat gak dipedulikan orang lain?

4. Kepentingan pribadi di atas segalanya

Ternyata 5 Kebiasaan Ini yang Menunjukkan Kalau Kamu EgoisShutterstock/fizkes

Egois itu berarti mau menang sendiri, dengan kata lain kamu rela melakukan hal apapun asalkan kamu mendapatkan apa yang kamu mau. Kamu pernah gak ibaratnya diam-diam ‘memanfaatkan’ temanmu untuk kepentinganmu sendiri? Kamu persis banget deh kayak Dani di web series bertajuk “Tepian Kelana”. Siapa sih Dani ini, dan seberapa egoisnya dia?

https://www.youtube.com/embed/qM7G48-MzBo

Spoiler sedikit ya, web series ini mengisahkan perjalanan dua orang, Dani dan Vira, yang memiliki ambisi untuk ke daerah Kalimantan Timur. Tujuan utama mereka adalah Sangkulirang, hutan penuh misteri serta menyimpan banyak pelajaran di Kalimantan. Di tengah perjalanan, muncul berbagai konflik antara keduanya, yang satu peduli, yang satu egois. Kira-kira kalau punya sifat bak langit dan bumi kayak gini, perjalanan mereka bisa mulus gak ya? Dari pada cuma penasaran, mendingan langsung nonton deh web series garapan Pertamina ini di YouTube. Yuk?

5. Paling anti untuk minta maaf

Ternyata 5 Kebiasaan Ini yang Menunjukkan Kalau Kamu EgoisShutterstock/Antonio Guillem

Udah tau kamu salah, tapi kayaknya susah banget buat bilang maaf. Kenapa? Gengsi atau emang ngerasa kamu yang paling benar? Kalau orang-orang di sekitarmu gak setuju dengan apa yang kamu utarakan, kamu harusnya sadar kalau ada yang salah sama kamu. Minta maaf bukan berarti kalah kok, mengakui kesalahan sendiri itu jauh lebih penting.

Gimana guys, kelima hal di atas kamu rasakan semua? Hati-hati, punya sifat egois gak selamanya benar lho. Kamu harus bisa belajar dari setiap kesalahan yang kamu buat. Learning by doing, right?

Topic:

  • Anastasia Desire

Just For You