Comscore Tracker

5 Alasan Cerita Perbuatan Baik Itu Bermanfaat, Bukan Pamer Kok!

Gak usah ragu cerita soal kebaikanmu  

Kamu pasti familiar dengan ungkapan "jika memberi dengan tangan kanan, tangan kiri gak perlu tahu". Makna dari ungkapan tersebut adalah bahwa ketika melakukan kebaikan, gak perlu ada orang lain yang tahu soal itu. Kebaikan kita seharusnya tersembunyi, bukan diperlihatkan pada orang lain seolah mau pamer.

Hal itu memang benar, namun tahukah kamu bahwa itu gak selalu berlaku? Bercerita pada orang lain soal perbuatan baik yang kita lakukan gak selalu buruk lho. Terkadang hal itu malah perlu dilakukan karena bisa membawa manfaat yang besar. Ini dia 5 alasan mengapa bercerita soal perbuatan baik yang kamu lakukan bisa bermanfaat.

1. Memberi insipirasi bagi orang lain  

5 Alasan Cerita Perbuatan Baik Itu Bermanfaat, Bukan Pamer Kok!Freepik/tirachardz

Pernahkah kamu merasakan ingin membantu orang lain tapi bingung mau membantu dengan cara apa? Kebingungan seperti itu bisa sirna ketika ada orang lain memberi contoh cara praktis yang bisa dilakukan untuk membantu.

Misalnya kamu ingin membantu anak-anak pengamen jalanan. Tapi kamu khawatir kalau diberi uang, mereka malah akan menyalahgunakan uang tersebut untuk membeli hal-hal buruk. Lalu ada temanmu yang bercerita bahwa ia suka membantu anak-anak semacam itu dengan memberi makanan, bukan uang.

Hal itu bisa jadi inspirasi bagimu untuk melakukan hal yang sama. Cerita kebaikan temanmu ternyata jadi bermanfaat bagimu. Kalau ia gak menceritakan kebaikannya, kamu mungkin gak akan dapat ide itu. Terbukti kan bahwa cerita tentang kebaikan itu bisa menginspirasi orang lain?

2. Mendorong orang lain berbuat baik pula

5 Alasan Cerita Perbuatan Baik Itu Bermanfaat, Bukan Pamer Kok!Freepik/freepik

Tapi mungkin seseorang sudah tahu bagaimana cara berbuat baik, tapi karena satu dan lain hal ia masih enggan melakukannya. Pada saat seperti itu, kamu boleh bercerita soal kebaikan yang kamu lakukan pada orang lain. Bisa jadi, ia bakal terdorong untuk melakukan hal yang sama.

Terkadang seseorang butuh melihat contoh dari role model yang bisa ditiru sebelum bertindak. Jangan ragu menjadi role model seperti itu. Certia soal kebaikanmu bisa jadi penggerak bagi orang lain lho.

3. Turut bergerak dalam kampanye 

5 Alasan Cerita Perbuatan Baik Itu Bermanfaat, Bukan Pamer Kok!Pexels/andrea piacquadio

Poin nomor 2 khususnya akan sangat berguna ketika sedang ada kampanye besar-besaran untuk melakukan suatu kebaikan. Pada saat seperti itu, contoh tindakan kebaikan dari satu atau dua orang saja gak akan terlalu berpengaruh.

Dibutuhkan sebanyak mungkin orang untuk menggerakan massa melakukan kampanye, maka jangan ragu untuk jadi salah satu di antaranya. Misalnya ketika ada kampanye #DiRumahAja karena pandemik COVID-19, kamu bisa sharing soal andilmu mewujudkan kampanye tersebut, supaya semakin banyak orang yang tergerak melakukannya dan manfaatnya semakin terasa.

Baca Juga: 5 Cara untuk Mengatasi Keraguan yang Muncul Saat Hendak Berbuat Baik

4. Memberi semangat pada orang lain 

5 Alasan Cerita Perbuatan Baik Itu Bermanfaat, Bukan Pamer Kok!Freepik/rawpixel.com

Terus-menerus melihat orang jahat dan menyebalkan di dunia ini bisa membuat kita stres dan depresi. Maka kenapa gak sebarkan aura positif dengan bercerita soal kebaikan yang kamu lakukan? Itu akan mengingatkan orang lain bahwa masih ada orang baik di dunia ini. Hal itu bisa memberi semangat yang besar untuk terus menjalani hidup dengan baik lho.

5. Mengajar anak melakukan hal yang sama 

5 Alasan Cerita Perbuatan Baik Itu Bermanfaat, Bukan Pamer Kok!Freepik/freepik

Kamu yang sudah punya anak atau berencana memiliki anak pasti ingin anakmu jadi orang yang baik. Untuk itu kamu tentu perlu mengajar mereka. Tapi sekadar menyuruh mereka melakukan kebaikan tidak akan cukup. Kamu juga harus menjadi teladan.

Maka biarkan anak-anakmu melihat sendiri tindakan kebaikan yang kamu lakukan. Ketika mereka gak bisa melihat secara langsung, ceritakan pada mereka. Dengan mendapat teladan dari orang tuanya, pasti mereka akan lebih mudah meniru kebaikanmu dan tumbuh menjadi orang yang baik.

Itulah 5 alasan mengapa bercerita soal kebaikanmu gak selalu salah. Ternyata malah ada banyak manfaatnya kan? Makanya, selama kamu gak bermaksud pamer, gak usah ragu untuk bercerita soal kebaikanmu pada orang lain!

Baca Juga: Tak Perlu Tunggu Kaya, 5 Kebaikan Simple Ini Cukup Membantu Orang Lain

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya