Comscore Tracker

Wajar Terjadi, 5 Hal Penting yang Harus Diingat Soal Beda Pendapat

#IDNTimesLife Sikapi dengan bijak biar gak jadi pertengkaran

Dalam keseharian, kita seringkali terlibat dalam perbedaan pendapat dengan orang lain. Entah tentang masalah yang penting atau persoalan sepele, perbedaan pendapat memang wajar terjadi. Setiap orang memang punya pemikiran yang berbeda-beda. Bahkan antar keluarga, sahabat, atau pasangan pun perbedaan pendapat senantiasa bisa terjadi.

Meskipun wajar, perbedaan pendapat bisa jadi awal dari pertengkaran, bahkan permusuhan. Itu bisa terjadi jika kita menyikapi perbedaan pendapat dengan cara yang salah. Maka supaya kamu bisa berbeda pendapat dengan orang lain tanpa harus bermusuhan, inilah 5 hal penting tentang perbedaan pendapat yang harus kamu ingat.

1. Kita harus memiliki sikap open minded

Wajar Terjadi, 5 Hal Penting yang Harus Diingat Soal Beda Pendapatpexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Saat terjadi perbedaan pendapat, sangat penting untuk memiliki sikap open minded. Sikap open minded berarti kamu membuka pikiranmu terhadap segala macam pendapat orang yang berbeda. Bukan membuka pikiran dalam arti langsung setuju dengan pendapat tersebut, tapi membuka pikiran untuk mempertimbangkannya dulu.

Artinya, ketika kamu mendengar pendapat yang berbeda dengan pendapatmu, jangan langsung memutuskan setuju atau tidak. Pikir dan pertimbangkan dulu baik-baik. Bisa jadi setelah kamu pikirkan, ternyata kamu menyadari bahwa pendapat tersebut masih bisa diterima.

2. Terkadang, kebenaran gak hanya ada satu 

Wajar Terjadi, 5 Hal Penting yang Harus Diingat Soal Beda Pendapatpexels.com/nappy

Setiap orang perlu menyadari bahwa terkadang, kebenaran itu gak hanya ada satu. Hanya karena kamu benar, bukan berarti orang lain salah karena berbeda pendapat denganmu. Bisa jadi pendapatmu benar, pendapat dia juga benar.

Ingat bahwa situasi dan kondisi setiap orang berbeda-beda. Pendapatmu mungkin benar, tapi gak cocok diterapkan pada orang lain, dan begitu pula sebaliknya. Artinya, pendapatmu dan pendapatnya sama-sama benar pada situasi dan kondisi masing-masing. So, gak perlu ribut, kalian sama-sama benar, kok!

3. Kita gak sempurna, jadi selalu ada kemungkinan pendapat kita ternyata salah 

Wajar Terjadi, 5 Hal Penting yang Harus Diingat Soal Beda Pendapatpexels.com/august de richelieu

Bahkan, bisa jadi setelah kamu mempertimbangkan pendapat orang lain, kamu sampai pada kesimpulan bahwa pendapat dia benar dan pendapatmu salah. Kita semua manusia gak sempurna, maka selalu ada kemungkinan pendapat kita ternyata salah, bahkan walaupun tadinya kita sangat yakin pada pendapat tersebut.

Kalau itu terjadi, gak perlu gengsi mengakui kesalahan. Kesalahan bukanlah aib, karena semua orang pernah berbuat salah. Hal itu baru akan menjadi aib kalau kamu tetap gak mau mengakui kesalahan, padahal sudah terbukti salah. Kalau kamu rela mengakui, perbedaan pendapat tidak akan berujung pada pertengkaran yang tidak perlu.

Baca Juga: 5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Saat Beda Pendapat

4. Kamu tetap boleh gak setuju dengan pendapat orang lain 

Wajar Terjadi, 5 Hal Penting yang Harus Diingat Soal Beda PendapatFreepik.com/katemangostar

Tapi gimana kalau setelah kamu pertimbangkan, ternyata kamu tetap gak setuju dengan pendapat orang lain? Gak masalah. Kamu gak harus setuju dengan semua pendapat orang lain kok. Kalau kamu asal menerima semua pendapat orang lain, itu namanya bukan open minded, tapi gak punya pendirian.

Yang penting, kamu gak setuju karena dasar yang jelas dan valid, bukan karena sekadar gak suka dengan orang tersebut. Dan meskipun kamu gak setuju, kamu tetap harus menghormati hak orang lain untuk berpendapat seperti itu, asalkan pendapat itu gak merugikan orang lain.

Lalu kalau merugikan orang lain, gimana? Kamu boleh menentangnya! Misalnya ada orang yang berpendapat bahwa pelecehan bisa dimaklumi kalau si korban berpakaian terbuka. Kamu gak hanya berhak untuk gak setuju, tapi kamu juga boleh menentang pendapat itu, karena itu bisa merugikan orang lain. Jangan takut untuk speak up demi kebaikan!

5. Meski berbeda pendapat, kita tetap bisa berhubungan baik dengan orang lain

Wajar Terjadi, 5 Hal Penting yang Harus Diingat Soal Beda Pendapatpexels.com/jopwell

Terakhir, ingatlah bahwa perbedaan pendapat bukan alasan untuk gak menjaga hubungan baik dengan orang lain. Kamu pasti akan menemukan perbedaan pendapat dengan orang-orang di sekitarmu, bahkan orang yang paling akrab denganmu sekalipun. Jangan biarkan hubungan kalian rusak hanya gara-gara itu.

Tapi tentu ada pengecualian. Kalau pendapat-pendapat seseorang menunjukkan bahwa ia memiliki cara berpikir yang toksik, maka gak ada salahnya menjaga jarak dengannya. Bahkan itu perlu, supaya kamu gak tertular cara berpikirnya yang toksik itu. Tapi tetap jangan memusuhinya, cukup jangan jadikan dia teman akrabmu.

Perbedaan pendapat adalah hal yang wajar terjadi. Asal kamu menyikapinya dengan benar, maka perbedaan pendapat seharusnya tidak menimbulkan permusuhan, tapi justru saling memberi masukan dan bertukar pikiran untuk jadi lebih baik!

Baca Juga: 5 Tips Jitu Bikin Beda Pendapat dengan Pasangan Menjadi Argumen Sehat

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya