Comscore Tracker

5 Hal yang Bisa Menghalangi Komunikasi, Ini Cara Mengatasinya

Yuk, jaga komunikasi yang baik dengan semua orang

Sebagai makhluk sosial, kita akan senantiasa membutuhkan orang lain. Makanya, membangun hubungan baik dengan orang di sekitar kita merupakan hal yang vital. Salah satu kunci membangun hubungan yang baik tentu komunikasi yang baik.

Namun, sayangnya, melakukan komunikasi kadang gak mudah. Ada berbagai penghalang yang membuat kita akhirnya lebih memilih untuk gak berkomunikasi dengan orang lain sehingga akhirnya gagal membangun hubungan yang baik. Apa saja penghalang itu? Bagaimana kita bisa mengatasinya? Ini dia lima di antaranya.

1. Malu

5 Hal yang Bisa Menghalangi Komunikasi, Ini Cara Mengatasinyaunsplash/JJ Jordan

Ini merupakan penghalang paling umum, terutama bagi seorang introver. Berbicara kepada orang yang sudah dikenal saja kadang terasa sulit, apalagi yang belum. Kalaupun berani untuk mulai berbicara, rasa malu bisa menimbulkan kegugupan yang akhirnya membuat komunikasi kurang lancar.

Bagaimana cara mengatasinya? Ada ungkapan yang berbunyi "bisa karena biasa". Artinya, jika sulit berkomunikasi dengan orang lain karena malu, yang perlu kamu lakukan ialah membiasakan diri. Sekali kamu mencoba, akan lebih mudah untuk yang kedua kali, ketiga kali, dan seterusnya.

Perlahan, tapi pasti, kamu akan mulai merasakan kegugupanmu berkurang, akhirnya berbicara dengan orang lain jadi gak sesulit biasanya, termasuk pada orang yang belum dikenal. Rasa malu mungkin gak sepenuhnya hilang, tapi setidaknya kamu jadi terbiasa untuk menaklukkan rasa malu tersebut.

2. Gengsi

5 Hal yang Bisa Menghalangi Komunikasi, Ini Cara Mengatasinyapexels/pixabay

Gengsi bisa membuat kita enggan berbicara dengan orang lain, bahkan orang yang sudah dikenal. Seorang cowok mungkin enggan mengajak ngobrol seorang cewek karena berpikir, "Masa cowok ngajak ngobrol duluan?" Itu merupakan contoh gengsi yang akhirnya bisa mencegah komunikasi.

Makanya, yang perlu kamu lakukan untuk mengatasinya ialah menyingkirkan gengsimu. Sadari bahwa semua manusia itu sama, gak memandang jenis kelamin, status sosial, latar belakang, dan lain-lain. Gak ada alasan buatmu untuk merasa lebih tinggi atau harus diistimewakan oleh orang lain. Jadi, kenapa harus gengsi?

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Berhak Menjauh & Memutuskan Komunikasi dengan Mantan

3. Prasangka

5 Hal yang Bisa Menghalangi Komunikasi, Ini Cara Mengatasinyapexels/pixabay

Prasangka artinya kita sudah menerka-nerka duluan seperti apa tanggapan lawan bicara sebelum kita mulai ngobrol dengannya. Temanmu mungkin terlihat jutek dari luar, misalnya, jadi kamu enggan berbicara dengannya karena kamu berprasangka bahwa dia pasti akan menanggapi dengan jutek.

Cara mengatasinya tentu dengan membuang prasangka tersebut. Kamu bukan peramal, jadi dugaanmu bisa jadi salah. Orang yang terlihat jutek dari luar belum tentu akan jutek pula ketika berbicara. Siapa tahu, ternyata, dia justru lebih ramah daripada orang yang terlihat ramah. Jadi, kenapa gak ajak saja dia ngobrol dan lihat reaksinya seperti apa?

4. Merasa gak enak

5 Hal yang Bisa Menghalangi Komunikasi, Ini Cara Mengatasinyapexels/Trinity Kubassek

Perasaan gak enak juga bisa mencegah kita untuk berkomunikasi dengan orang lain. Mungkin, kamu enggan berbicara dengan temanmu karena kamu pernah menyakiti hatinya. Mungkin juga, kamu ragu mengajak temanmu ngobrol karena takut membuatnya terganggu.

Bagaimana cara mengatasinya? Kalau kamu ragu karena pernah menyakiti hati seseorang, sadari bahwa justru itu seharusnya menambah alasan bagimu untuk berbicara dengannya. Tunjukkan padanya bahwa kamu benar-benar menyesal, salah satu cara menunjukkannya dengan membangun komunikasi yang baik dengannya.

Sementara, kalau kamu ragu mengobrol dengan seseorang karena takut mengganggu, yang perlu kamu lakukan hanya bertanya. Tanyakan saja apakah dia terganggu kalau kamu mengajaknya bicara. Kalau jawabannya ya, tunda saja pembicaraannya. Namun, kalau tidak, gak ada alasan untuk merasa gak enak, bukan?

5. Kurang peduli

5 Hal yang Bisa Menghalangi Komunikasi, Ini Cara Mengatasinyapexels/fauxels

Rasa kurang peduli bisa timbul kalau kamu sedang berfokus pada hal lain yang kamu kerjakan, misalnya kamu sedang main HP, mendengarkan musik, baca buku, atau hal lain. Kalau sedang fokus pada hal-hal itu, tentu kamu jadi kurang peduli dengan orang-orang di sekitarmu.

Bukan berarti melakukan hal-hal itu salah. Namun, coba cari waktu yang lebih tepat untuk melakukannya. Kalau kamu sedang berkumpul dengan teman-teman atau keluarga, tentu gak bijaksana kalau kamu malah berfokus pada hal lain. Itu bisa membuatmu kehilangan momen menyenangkan dengan mereka. Sayang, kan?

Bahkan, kalau kamu sedang berada di tempat umum di tengah orang-orang yang gak kamu kenal, gak ada salahnya untuk coba mengajak mereka ngobrol. Main HP atau mendengar musik bisa ditunda sampai nanti kamu sendirian. Kamu gak pernah tahu manfaat apa yang bisa kamu dapat dari bicara dengan orang di sekitarmu, lho!

Itulah lima penghalang komunikasi yang umum terjadi dan bisa menghambat komunikasimu dengan orang lain. Berkomunikasi dengan orang di sekitarmu banyak manfaatnya, lho. Jadi, atasilah kelima penghalang tadi supaya kamu bisa mendapat manfaat dari komunikasi!

Baca Juga: Gak Cuma Jago Ngomong, 8 Kemampuan Ini Juga Dipelajari Anak Komunikasi

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya