Comscore Tracker

5 Kebiasaan Baik di Tahun 2020 yang Harus Kamu Pertahankan Tahun Ini

Pandemi membuat kita punya banyak kebiasaan baik, lho!

Gak bisa dimungkiri bahwa tahun 2020 juga telah memberi kita banyak pelajaran berharga. Khususnya karena adanya pandemi, kita dipaksa untuk beradaptasi pada banyak perubahan dan mengadopsi berbagai kebiasaan baru. Dan banyak kebiasaan baru tersebut punya manfaat jangka panjang yang luar biasa, lho.

Maka sangat bagus kalau kita tetap mempertahankan berbagai kebiasaan baru yang sudah kita miliki dari tahun lalu. Bahkan seandainya pandemi telah berakhir nantinya, gak ada salahnya jika kita tetap melakukannya. Inilah lima kebiasaan baru yang baik dan harus tetap kamu pertahankan di tahun ini, bahkan sampai seterusnya.

1. Menjalankan gaya hidup sehat 

5 Kebiasaan Baik di Tahun 2020 yang Harus Kamu Pertahankan Tahun Inipexels.com/anna shvets

Munculnya pandemi membuat kita semakin tersadar bahwa kesehatan adalah hal yang sangat berharga. Karena itu kita perlu menjaga kesehatan sebisa mungkin. Salah satunya dengan sering mencuci tangan dan memakai masker saat bepergian. Itu adalah kegiatan yang mungkin dulu jarang kamu lakukan, tapi jadi sering karena pandemi.

Jika demikian, pertahankanlah kebiasaan itu. Tak hanya selama pandemi, tapi setelah pandemi berakhir nanti pun, kebisaan baik itu tetap perlu kamu miliki karena itu bisa mencegah banyak jenis penyakit. Plus tentu tidak lupa makan makanan bergizi, rutin berolahraga, serta berpikiran positif supaya tubuh dan mentalmu terus terjaga kesehatannya.

2. Berhemat dan menabung 

5 Kebiasaan Baik di Tahun 2020 yang Harus Kamu Pertahankan Tahun Iniunsplash/Sharon McCutcheon

Selain kesehatan, munculnya pandemi juga membuat banyak orang terdampak secara ekonomi. Mungkin kamu pun mengalaminya. Bisa jadi sebelumnya kondisi finansialmu cukup stabil, tapi tiba-tiba semuanya berubah gara-gara pandemi. Kamu pun disadarkan bahwa berhemat dan menabung itu sangat penting.

Nah, kebiasaan itu pun harus selalu kamu pertahankan di tahun ini dan seterusnya. Bahkan meskipun kondisi keuanganmu sedang baik-baik saja, jangan pernah berpikir bahwa kamu gak perlu berhemat dan menabung. Sedia payung sebelum hujan, supaya kamu gak menyesal di masa depan karena bersikap boros saat ini.

Baca Juga: 5 Alasan di Balik Pentingnya Melatih Kebiasaan Baik dalam Hidupmu

3. Berani keluar dari zona nyaman 

5 Kebiasaan Baik di Tahun 2020 yang Harus Kamu Pertahankan Tahun Inipexels.com/anna shvets

Secara alami, manusia tidak suka pada adanya perubahan. Kita senang berada di kondisi yang sudah membuat kita nyaman. Tapi pandemi mengajarkan kita bahwa terkadang, berubah itu harus dilakukan. Sebagai contoh, jika kamu gak mau berubah jadi lebih peduli pada kesehatan, mungkin kamu gak akan berada dalam kondisi yang cukup baik saat ini.

Begitu pula dalam hal-hal lain. Banyak orang yang mengalami perubahan dalam kesehariannya, misalnya jadi harus sekolah atau bekerja dari rumah. Perubahan semacam itu mungkin sama sekali gak pernah terlintas dalam benakmu sebelumnya. Itu juga bisa membuat kamu gak nyaman, tapi lagi-lagi, hal itu memang harus dilakukan.

Maka, tahun 2020 mengajarkan kita untuk berani keluar dari zona nyaman demi kebaikan diri sendiri. Itu adalah kebiasaan yang sangat baik, karena terus berada dalam zona nyaman justru bisa membuat kita tak berkembang sehingga rugi sendiri. So, teruslah pelihara keberanian untuk keluara dari zona nyaman dan beradaptasi pada perubahan.

4. Mempelajari teknologi 

5 Kebiasaan Baik di Tahun 2020 yang Harus Kamu Pertahankan Tahun Inipexels.com/norma mortenson

Di era modern ini, hampir semua kegiatan sehari-hari kita menggunakan bantuan teknologi. Nah, karena pandemi, semakin jelas terlihat bahwa bantuan teknologi memang sangat kita butuhkan dalam banyak hal. Misalnya saat bekerja atau bersekolah dari rumah, kita tentu butuh teknologi meeting jarak jauh.

Bisa jadi, kita belum pernah menggunakan aplikasi itu sebelumnya. Namun pandemi memaksa kita mempelajari cara penggunaan aplikasi tersebut. Begitu pula dengan banyak aplikasi lain, seperti aplikasi ojek online atau online shop yang semakin diperlukan supaya kita gak harus sering-sering keluar rumah.

Semua itu membuat kita jadi terbiasa mempelajari berbagai teknologi, termasuk teknologi yang mungkin terbilang baru bagi kita. Nah, kebiasaan itu juga harus terus kita pertahankan, supaya kita bisa memanfaatkan berbagai teknologi yang bisa bermanfaat bagi kehidupan kita.

5. Berkumpul dengan keluarga 

5 Kebiasaan Baik di Tahun 2020 yang Harus Kamu Pertahankan Tahun Inipexels.com/August de Richelieu

Last but not least, adanya pandemi di 2020 membuat kita jadi lebih banyak menghabiskan waktu di rumah bersama keluarga. Mungkin sejak dulu kamu memang ingin melakukannya, tapi tidak bisa karena kesibukan memaksamu lebih banyak beraktivitas di luar rumah. Tapi karena pandemi, kamu justru dapat kesempatan untuk lebih sering berada di rumah dengan keluarga.

Kebisaan itu pun sangat penting untuk kita pertahankan. Hubungan keluarga yang akrab dan harmonis sangatlah penting, dan salah satu cara untuk meraihnya tentu dengan menghabiskan banyak waktu dengan keluarga. Maka di tahun ini dan seterusnya, teruslah biasakan diri untuk berkumpul dengan keluarga di rumah setiap.

Gimana, terbukti kan banyak tahun 2020 tak hanya membawa kesedihan, tapi juga banyak hikmah untuk kita? Tanpa adanya pandemi, bisa jadi kita tidak akan terbiasa melakukan hal-hal baik tadi. So, teruslah pertahankan kebiasaan baik yang kamu miliki sejak tahun lalu pada tahun 2021 ini dan seterusnya supaya kamu dapat banyak manfaat!

Baca Juga: 10 Kebiasaan Baik yang Bisa Kamu Bangun untuk Menyambut Tahun 2021

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya