Comscore Tracker

Menghibur dan Mengungkapkan Isi Hati, Ini 6 Manfaat Belajar Alat Musik

Gak cuma menyenangkan, banyak manfaatnya juga

Banyak orang yang senang mendengarkan musik. Selain menyenangkan, musik juga bisa sangat menyentuh hati, membuat perasaan rileks, dan membangkitkan semangat. Bahkan, ada jenis musik yang bisa meningkatkan kecerdasan atau membantu merenungkan nilai-nilai kehidupan yang penting.

Gak hanya mendengarkan, banyak orang juga senang bermain musik. Kalau kamu termasuk orang yang bisa bermain alat musik, itu sangat bagus. Kalau belum, pernahkah kamu terpikir untuk mempelajarinya? Jangan keburu menyerah karena membayangkan prosesnya yang susah. Belajar bermain alat musik bisa memberimu banyak manfaat, lho!

1. Bisa menghibur diri sendiri

Menghibur dan Mengungkapkan Isi Hati, Ini 6 Manfaat Belajar Alat Musikunsplash/Jordan Whitfield

Mendengarkan musik memang punya efek yang luar biasa. Namun, bermain alat musik punya pengaruh yang lebih hebat lagi! Mendengarkan musik yang kamu mainkan sendiri akan memberi perasaan senang yang berlipat ganda karena bercampur dengan perasaan bangga pada dirimu sendiri.

Makanya, jika mampu bermain alat musik, kamu gak perlu bingung mencari cara untuk menghibur diri sendiri. Tinggal ambil alat musik andalanmu, lalu hanyutlah dalam nada-nada yang keluar bersama dengan permainan alat musikmu. Luar biasa!

2. Membantumu mengungkapkan isi hati

Menghibur dan Mengungkapkan Isi Hati, Ini 6 Manfaat Belajar Alat Musikunsplash/Behzad Soleimanian

Pernahkah kamu merasakan perasaan yang begitu kuat dalam hati, tapi gak bisa mengungkapkannya dengan kata-kata? Nah, musik bisa membantumu melakukannya.

Dalam setiap not yang kamu mainkan, kamu bisa mengungkapkan emosi apa pun yang kamu rasakan. Kamu pun terbebas dari stres karena gak harus terus-terusan memendam perasaan dalam hati.

3. Berguna dalam pergaulan

Menghibur dan Mengungkapkan Isi Hati, Ini 6 Manfaat Belajar Alat Musikfreepik/pressfoto

Kemampuan bermain alat musik juga sangat berguna dalam pergaulan, lho. Saat berkumpul bersama teman-teman, bukankah sangat enak bisa ngobrol sambil nyanyi bareng? Kebahagiaan paling hakiki akan terasa ketika kamu bernyanyi bersama teman-teman dengan iringan alat musik darimu. Asyik banget!

Baca Juga: 7 Manfaat Positif Mendengarkan Musik untuk Kesehatan, Seberapa Sering?

4. Menarik bagi lawan jenis

Menghibur dan Mengungkapkan Isi Hati, Ini 6 Manfaat Belajar Alat Musikpexels/Edward Eyer

Gak hanya pertemanan, kehidupan percintaanmu juga bisa sangat terbantu kalau kamu bisa main musik. Sebagian orang menganggap orang yang bisa memainkan alat musik itu keren dan menarik, lho.

5. Meningkatkan kecerdasan dan memori

Menghibur dan Mengungkapkan Isi Hati, Ini 6 Manfaat Belajar Alat Musikfreepik/freepik

Bermain alat musik juga berpengaruh terhadap otak kita, lho. Fungsi koordinasi otak dan kemampuan motorik akan meningkat drastis saat kamu belajar bermain musik. Itu karena bermain musik juga butuh kemampuan mengingat yang baik. Memori otak pun terlatih sehingga mencegahmu menjadi pelupa.

6. Melatih berbagai sifat bagus

Menghibur dan Mengungkapkan Isi Hati, Ini 6 Manfaat Belajar Alat Musikfreepik/wavebreakmedia_micro

Satu hal lagi yang gak kalah penting, selama belajar bermain alat musik, kamu bisa melatih berbagai sifat bagus, salah satunya yaitu disiplin. Disiplin sangat diperlukan supaya kamu bisa cepat bisa. Kesabaran juga pastinya perlu karena untuk mahir bermain musik, tentu butuh waktu yang gak sebentar.

Ketelitianmu juga akan terlatih. Itu karena untuk menghasilkan suara yang bagus, kamu harus memainkan alat musikmu dengan cara yang tepat. Tentu saja, kamu perlu semangat pantang menyerah supaya kamu gak mundur di tengah jalan karena kesulitan. Semua sifat itu tentu sangat penting untuk kamu miliki, bukan?

Itulah enam manfaat yang bisa kamu dapat dari belajar bermain alat musik. Jadi, gimana, siap untuk mulai belajar?

Baca Juga: Bisa Main Alat Musik? Ini 7 Manfaat Bermain Piano untuk Kesehatan Kamu

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya