Comscore Tracker

Hargai 7 Hal Ini dari Orang Lain Agar Kamu Juga Disegani

Kalau ingin dihargai, harus menghargai juga dong

Apakah kamu ingin dihargai? Pasti kamu akan menjawab ya. Semua orang tentu senang jika dihargai oleh orang lain, serta marah atau kecewa jika merasa tidak dihargai. Tapi supaya bisa dihargai oleh orang lain, tentu kita juga harus menghargai orang lain.

Menunjukkan penghargaan itu gak sulit kok, hanya saja mungkin terkadang kita lupa untuk melakukannya. Berikut ini ada 7 hal yang perlu kamu hargai dari orang lain, cara praktis untuk menunjukkan penghargaan tersebut, dan apa yang harus dihindari supaya tidak dianggap tidak menghargai. Check it out.

1. Kata-kata

Hargai 7 Hal Ini dari Orang Lain Agar Kamu Juga Diseganipexels/Tirachard Kumtanom

Setiap hari kita pasti berkomunikasi dengan orang lain, baik secara langsung maupun tidak langsung. Saat melakukannya, coba pastikan bahwa kamu menghargai kata-kata orang lain dengan cara mendengarkan baik-baik ketika dia berbicara dan tidak memotong percakapan.

Tentu pendapat setiap orang bisa berbeda, dan kamu gak wajib untuk setuju dengan semua perkataan orang lain. Tapi jangan mengejek pendapatnya. Jika ingin mengkritik, sampaikan dengan sopan. Dan ingat, semua prinsip tersebut tetap berlaku ketika kamu berbicara via alat komunikasi lho.

2. Waktu

Hargai 7 Hal Ini dari Orang Lain Agar Kamu Juga Diseganipexels/rawpixel

Waktu bisa dibilang sebagai sumber daya paling berharga yang kita miliki. Maka kamu pasti sangat menghargai waktu yang kamu punya dan kesal jika waktumu terbuang sia-sia gara-gara orang lain, bukan? Kalau begitu, kamu sendiri pun harus menghargai waktu orang lain.

Caranya? Misalnya dengan tidak datang terlambat ketika membuat janji dengan seseorang. Itu bukan hal sepele loh, karena mungkin saja orang itu memiliki jadwal yang padat dan penting. Jadwalnya itu pun bisa jadi berantakan gara-gara kamu tidak datang tepat waktu.

Contoh lain yang menunjukkan bahwa kamu tidak menghargai waktu orang lain misalnya bertamu terlalu lama, mengganggu waktu istirahat orang lain, berlama-lama dalam melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan orang lain, dan sebagainya. Jangan lakukan hal-hal itu ya.

Baca Juga: 5 Kebaikan Saat Kekurangan Fisik Kamu Dijadikan Banyolan Orang, Sabar!

3. Kebaikan

Hargai 7 Hal Ini dari Orang Lain Agar Kamu Juga Diseganipexels/Panos Sakalakis

Saat mendapat pemberian atau pertolongan dari orang lain, jangan lupa berterima kasih. Jika mendapat pemberian berupa barang, rawat baik-baik barang tersebut. Dan sebisa mungkin, balaslah kebaikan mereka di kemudian hari. Meski mungkin tidak sebanding, setidaknya itu bisa jadi bentuk penghargaan bagi mereka.

Kebaikan dan pemberian juga gak harus hal besar lho. Pujian dari orang lain pun termasuk kebaikan, jadi ucapkanlah terima kasih atas pujian tersebut. Dan jika orang lain tersenyum kepadamu, tunjukkan penghargaan dengan cara balas tersenyum.

4. Privasi

Hargai 7 Hal Ini dari Orang Lain Agar Kamu Juga Diseganipexels/Artem Beliaikin

Setiap orang berhak punya privasi, dan kita harus menghargainya dengan cara tidak mengusik privasinya. Hal itu gampang dilakukan terhadap orang yang tidak akrab dengan kita. Tapi kita mungkin tanpa sadar kerap mengusik privasi anggota keluarga, pasangan, atau sahabat.

Padahal meski mereka akrab denganmu, kamu tetap harus menghargai privasi mereka. Jangan merasa berhak mengecek isi handphone mereka tanpa izin, mencampuri segala urusan mereka, dan mengganggu me time yang sedang mereka nikmati. Kamu sendiri juga tidak mau kan jika hal-hal itu terjadi padamu?

5. Hasil karya

Hargai 7 Hal Ini dari Orang Lain Agar Kamu Juga Diseganiunsplash/Krists Luhaers

Hasil karya bisa berupa banyak hal. Bisa karya di bidang seni, sastra, kuliner, dan banyak lagi. Kita menunjukkan penghargaan terhadap hasil karya orang lain dengan tidak mengejeknya. Boleh mengkritik, tapi belajarlah cara menyampaikan kritik dengan baik dan benar.

Selain itu, tentu kita juga tidak boleh melakukan plagiat atau membajak hasil karya orang lain, terutama jika karya tersebut dilabeli dengan hak cipta. Dan jangan dukung pula orang-orang yang melakukan hal itu dengan cara tidak mengonsumsi hasil plagiat atau bajakan yang mereka buat.

6. Barang

Hargai 7 Hal Ini dari Orang Lain Agar Kamu Juga Diseganigeico.com

Menghargai orang lain berarti menghargai pula barang-barang yang mereka miliki. Salah satu caranya tentu dengan tidak meminjam barang orang lain tanpa izin. Sekali lagi, itu termasuk orang-orang yang akrab denganmu seperti keluarga, pasangan, dan sahabat.

Dan meski mereka mengizinkanmu untuk meminjam, kamu tetap perlu menunjukkan penghargaan dengan cara merawat barang tersebut dan mengembalikannya tepat waktu. Bagaimana kalau kamu menyewa? Meski kamu mengeluarkan uang untuk itu, bukan berarti kamu bisa seenaknya. Tetap rawat baik-baik dan kembalikan dengan baik-baik pula.

7. Perasaan

Hargai 7 Hal Ini dari Orang Lain Agar Kamu Juga Diseganiunsplash/Sandrachile

Jika kamu menghargai 6 hal di atas, maka itu merupakan bentuk penghargaan terhadap perasaan orang lain. Tapi masih ada lagi. Menghargai perasaan orang lain juga mencakup mencakup menghindari perbuatan yang bisa membuat orang lain merasa sedih, kecewa, atau marah.

Misalnya dengan tidak mengejek orang lain meskipun hanya bercanda. Bersikaplah ramah dan sopan kepada semua orang, terutama yang lebih tua. Ketahuilah apa yang disukai dan tidak disukai orang di sekitarmu, sehingga kamu bisa menyesuaikan diri. Last but not least, mintalah maaf jika kamu berbuat salah.

Memang, perasaan tidak selalu berhubungan dengan apa yang benar dan salah. Bisa saja orang lain merasa tersinggung padamu padahal kamu tidak melakukan kesalahan apa pun. Mustahil menyenangkan semua orang, tapi setidaknya kamu bisa berusaha untuk berhubungan baik dengan sebanyak mungkin orang.

Itulah 7 hal yang perlu kita hargai dari orang lain dan cara menunjukkannya. Dari ketujuh hal itu, adakah yang masih jadi kelemahanmu? Kalau ada, yuk perbaiki diri, supaya kamu pun bisa lebih dihargai oleh orang lain.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Bisa Menghambat Produktivitasmu, Yuk Berubah!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You