Comscore Tracker

5 Kekuatan Luar Biasa yang Dimiliki Orang Sabar, Kamu Punya? 

Siapa bilang orang sabar itu lemah? 

Kamu pasti setuju bahwa kesabaran adalah sifat yang sangat baik. Kesabaran sendiri bisa mencakup beberapa hal, misalnya sabar menunggu, tidak terburu-buru, tidak cepat marah, dan sebagainya.

Namun sayangnya kesabaran juga kerap dikaitkan dengan kelemahan. Orang yang sabar sering mendapat kesan terlalu baik, lambat mengambil keputusan, tidak mampu membela diri, bahkan bisa dimanfaatkan. Padahal anggapan itu sama sekali tidak benar.

Orang yang sabar bukanlah orang yang lemah. Sebaliknya, mereka justru adalah orang yang kuat. Meski mungkin tidak secara fisik, tapi mereka jelas kuat secara emosional dan kepribadian. Gak percaya? Ini dia lima kekuatan yang dimiliki orang sabar.

1. Tidak mau dikendalikan oleh orang lain 

5 Kekuatan Luar Biasa yang Dimiliki Orang Sabar, Kamu Punya? pexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Semua orang pasti tidak ingin jadi seperti boneka yang bisa dengan mudah dikendalikan orang lain. Tapi kalau kamu gak sabar terhadap orang lain, sebenarnya kamu seperti sedang membiarkan dirimu dikendalikan oleh dirinya. Kamu bereaksi karena tindakan atau kata-katanya, bukan karena keinginanmu sendiri.

Sementara orang yang sabar mampu menahan dirinya untuk tidak melakukan itu. Ia mungkin merasa marah atau kesal pada orang lain, tapi ia gak membiarkan itu membuatnya lepas kendali. Sebaliknya, ia sendirilah yang mengontrol tindakannya. Itu bukti bahwa orang yang sabar sebenarnya sangat kuat karena mampu mengendalikan dirinya sendiri.

2. Tidak mau dikendalikan oleh keadaan 

5 Kekuatan Luar Biasa yang Dimiliki Orang Sabar, Kamu Punya? pexels/pixabay

Gak hanya karena orang lain, kadang kita juga bisa lepas kendali karena keadaan buruk yang menimpa kita. Misalnya cuaca buruk tiba-tiba membuat jadwal kita jadi kacau berantakan. Kalau kamu gak sabar, mungkin kamu jadi terpancing untuk melampiaskan emosi ke orang sekitarmu yang sebenarnya gak salah apa-apa.

Tapi orang yang sabar lagi-lagi bisa menahan diri untuk gak melakukan itu. Ia bisa berpikir logis bahwa cuaca buruk tentu bukan salah siapa pun, dan ia gak membiarkan perasaan kesal menutupi logikanya itu. Artinya, ia punya kemampuan untuk tetap berpikir jernih meski dalam situasi buruk, dan jelas itu adalah kekuatan yang sangat berharga untuk dimiliki.

Baca Juga: 5 Zodiak yang Paling Susah Dijadikan Pacar, Kamu Harus Ekstra Sabar!

3. Selalu tenang dalam setiap keadaan  

5 Kekuatan Luar Biasa yang Dimiliki Orang Sabar, Kamu Punya? pexels/christina morillo

Karena mampu mengendalikan dirinya sendiri, orang yang sabar juga bisa menghadapi berbagai situasi dengan kepala dingin. Saat ada masalah pun, ia bisa menahan diri untuk gak cepat bereaksi tapi memikirkan dulu situasinya baik-baik. Tentu itu jadi keunggulan karena ia bisa lebih mudah menemukan solusi dengan pikiran yang jernih.

4. Mampu mengambil keputusan dengan baik 

5 Kekuatan Luar Biasa yang Dimiliki Orang Sabar, Kamu Punya? pexels/fauxels

Kesabaran juga identik dengan sikap tidak terburu-buru. Hal itu sangat penting, terutama saat akan mengambil keputusan. Orang yang gak sabar biasanya akan langsung mengambil keputusan tanpa mempertimbangkan baik buruknya terlebih dahulu. Akibatnya, keputusan yang diambil pun seringkali gak tepat.

Sebaliknya, orang yang sabar akan berpikir jauh ke depan tentang apa efek yang bisa timbul dari keputusannya. Karena dipikirkan dengan lebih matang, lebih besar kemungkinan keputusannya bisa tepat dan menguntungkan diri sendiri maupun orang lain.

5. Gak mudah putus asa 

5 Kekuatan Luar Biasa yang Dimiliki Orang Sabar, Kamu Punya? pexels/andrea piacquadio

Orang yang sabar adalah orang yang percaya pada proses, bukan hanya mementingkan hasil. Maka dalam mengerjakan sesuatu, ia akan tetap tenang ketika hasil yang dicapai belum sesuai keinginannya. Sambil terus berusaha, ia akan bersabar menunggu hasil yang lebih baik. Itu yang membuat orang sabar jadi gak mudah putus asa dalam segala hal.

Lima poin di atas jelas membuktikan bahwa orang yang sabar itu sama sekali bukan orang lemah. Sebaliknya, mereka justru jauh lebih kuat daripada orang-orang yang tidak sabar. So, pupuklah kesabaran dalam dirimu untuk membuktikan bawa kamu adalah orang yang benar-benar kuat!

Baca Juga: Dikenal Penyabar, 6 Zodiak Ini Bakal Cocok Berprofesi Jadi Guru

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya