Comscore Tracker

5 Usaha Sia-sia yang Harus Kamu Hentikan, Bikin Capek!

Jangan buang waktu dan energimu

Setiap orang pasti tak ingin melakukan hal yang sia-sia dalam hidupnya. Waktu dan tenaga yang kita miliki terlalu berharga untuk dibuang-buang begitu saja. Jauh lebih baik menggunakan sumber daya kita untuk hal yang benar-benar bermanfaat.

Namun, terkadang kita mungkin melakukan hal yang tanpa disadari sebenarnya sia-sia. Misalnya, jika kita berusaha mencapai sesuatu yang sebenarnya mustahil, tentu hal itu sia-sia karena tak bakal terjadi. Inilah deretan contoh usaha sia-sia yang sebaiknya kamu hentikan kalau gak ingin capek sendiri tanpa hasil.

1. Menjadi sempurna

5 Usaha Sia-sia yang Harus Kamu Hentikan, Bikin Capek!ilustrasi orang melihat penampilannya yang tidak sempurna (pexels.com/Ivan Obeloninov)

Pertama, stop berusaha menjadi sempurna, karena hal itu tak akan pernah terjadi. Tidak ada manusia sempurna di dunia ini, dan tidak akan pernah ada. Entah besar atau kecil, pasti akan selalu ada cela dalam sifat-sifat, penampilan, kecerdasan, karya, maupun hal-hal lain dalam dirimu.

Memang, kita perlu berusaha menjadi versi terbaik dari diri kita dalam segala aspek. Namun, ingatlah bahwa berusaha menjadi yang terbaik itu berbeda dengan berusaha menjadi sempurna. Jangan jadi orang yang perfeksionis karena kamu bakal capek sendiri dan sulit menikmati hidup.

2. Menjadi orang lain

5 Usaha Sia-sia yang Harus Kamu Hentikan, Bikin Capek!ilustrasi orang yang kagum pada orang lain (pexels.com/Anna Pou)

Setiap orang pasti punya seseorang yang sangat dikagumi. Entah karena prestasi atau keunggulan lain yang dimiliki, mengagumi orang lain adalah hal yang sangat wajar. Banyak orang bahkan berusaha meniru banyak hal dari orang yang ia kagumi. Selama masih dalam batas wajar, hal itu bukan masalah.

Namun, sadarilah bahwa kamu tidak akan bisa menjadi orang yang kamu kagumi. Setiap orang unik, maka tidak ada orang yang bisa menjadi orang lain. Satu-satunya orang yang bisa menjadi orang yang kamu kagumi adalah dirinya sendiri.

Maka tidak perlu berlebihan dalam berusaha meniru orang lain. Jauh lebih baik berusaha menjadi versi terbaik dari dirimu sendiri. Tidak ada orang yang bisa mengeluarkan potensi terbaikmu selain kamu!

3. Mengubah orang lain

5 Usaha Sia-sia yang Harus Kamu Hentikan, Bikin Capek!ilustrasi orang menuntut orang lain berubah (pexels.com/Liza Summer)

Kemungkinan besar ada pula orang di sekitarmu yang kamu harap bisa berubah. Misalnya mereka memiliki sifat buruk yang kamu benci, kamu pasti ingin mereka membuang sifat itu supaya gak merugikanmu juga. Namun kamu harus menerima kenyataan bahwa kita tidak bisa mengubah orang lain.

Setiap orang memang bisa berubah jadi lebih baik, tapi perubahan itu hanya bisa terjadi kalau orang itu sendiri yang berniat dan mau berusaha. Artinya, kalau seseorang memang gak mau berubah, maka tidak ada seorang pun yang bisa mengubahnya.

Tentu, kamu bisa membantu orang lain berubah, misalnya dengan cara memberinya semangat dan dukungan. Namun, sekali lagi, orang tersebut harus punya niat dan usaha dulu untuk berubah. Kalau tidak, lebih baik hentikan usahamu mengubahnya karena itu pasti sia-sia.

Baca Juga: Tak Masuk Akal, 5 Ekspektasi tentang Pernikahan Ini Bisa Bikin Kecewa

4. Membuat semua orang suka padamu

5 Usaha Sia-sia yang Harus Kamu Hentikan, Bikin Capek!ilustrasi orang iri hati (pexels.com/ArtHouse Studio)

Usaha lain yang sebaiknya kamu hentikan karena sia-sia adalah mencoba membuat semua orang suka padamu. Mungkin, kamu punya banyak sifat baik, penampilan menarik, serta berbagai keunggulan lain yang membuat banyak orang suka padamu. Namun, terimalah kenyataan bahwa pasti tetap ada saja orang yang tidak suka padamu.

Sebaik apapun seseorang, pasti tetap akan ada orang yang tidak suka padanya, misalnya karena iri hati. Maka, kamu cukup berusaha menjadi pribadi yang baik, tapi tidak perlu berusaha membuat semua orang suka padamu karena itu tak akan terjadi.

5. Membuat pasangan setia padamu

5 Usaha Sia-sia yang Harus Kamu Hentikan, Bikin Capek!ilustrasi orang mengawasi pasangan (pexels.com/cottonbro)

Satu lagi kenyataan hidup yang harus kamu terima adalah mustahil membuat pasangan setia padamu. Kamu mungkin bisa membuat seseorang jatuh cinta, tapi kesetiaan adalah soal lain. Cinta bisa muncul tiba-tiba tanpa niat, tapi menjadi setia harus diawali niat.

Artinya, sebaik apapun kamu, pasanganmu bisa tetap selingkuh kalau ia tak berniat untuk setia. Percuma bersikap posesif padanya, bahkan mengawasi gerak-geriknya dengan ketat sekalipun. Ia bakal tetap main hati dengan orang lain kalau memang tidak mau setia.

Sebaliknya, meskipun kamu memberi kebebasan yang besar pada pasangan, ia tetap gak bakal selingkuh kalau sudah bertekad untuk setia. Maka, bersyukurlah kalau pasanganmu setia padamu. Namun jangan salahkan dirimu kalau ia tidak setia, karena itu adalah pilihannya sendiri.

Hentikan usahamu untuk meraih lima hal di atas. Kamu hanya akan buang-buang waktu dan energi karena kamu gak akan bisa mencapainya. Jauh lebih baik berusaha mencapai sesuatu yang memang bisa kamu dapatkan.

Baca Juga: 10 Potret Kocak Usaha Sia-sia Gak Ada Gunanya Ini Nyeleneh Pol

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya