Comscore Tracker

Biar Gak Gabut, Ini 8 Cara Menemukan Hobi yang Cocok untukmu

Isi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat 

Dalam menjalani hidup di setiap harinya, kamu dihadapkan oleh beragam pekerjaan ataupun rutinitas yang mesti dilakukan. Ada masanya kamu sibuk dalam satu waktu, dan ada kalanya juga kamu punya cukup waktu senggang. Dengan adanya waktu luang bukan berarti kamu gunakan untuk sekadar bermalas-malasan, lebih baik kamu isi waktu senggangmu itu dengan hal yang lebih bermanfaat seperti melakukan hobi misalnya.

Akan tetapi, karena hari-harimu yang super sibuk sampai-sampai kamu sendiri tak punya banyak waktu untuk memikirkan hobi apa yang bisa menemanimu kala mengisi waktu senggang. Gak usah bingung,  beberapa cara di bawah ini mungkin dapat membantumu dalam menemukan hobi yang sesuai untukmu, supaya waktu luangmu tidak lagi terbuang cuma-cuma.

1. Ketahui apa yang selama ini ingin kamu lakukan  

Biar Gak Gabut, Ini 8 Cara Menemukan Hobi yang Cocok untukmuUnsplash/Christin Noelle

Kamu pastinya punya dong suatu hal yang dari dulu ingin sekali kamu lakukan, tapi masih belum terlaksana. Nah, dari sekarang kamu bisa tuh mulai mencari informasi perihal aktivitas baru yang akan kamu coba lakukan. Datang langsung ke perpustakaan atau sekadar mencarinya via internet.

Misalnya saja, dari dulu kamu sangat ingin mengisi kejenuhan waktu luangmu dengan kegiatan berkebun. Membeli berbagai peralatan kebun sederhana bisa menjadi langkah awalmu, jangan lupa untuk belajar seluk beluk soal berkebun. Jika punya kenalan yang ahli dalam urusan berkebun, kamu boleh untuk meminta saran dan bantuannya.

Pokoknya kerjakan saja hal yang ingin kamu lakukan, barangkali hal itu bisa menjadi hobi yang bermanfaat untukmu.

2. Sesuaikan hobi dengan isi dompet 

Biar Gak Gabut, Ini 8 Cara Menemukan Hobi yang Cocok untukmuPexels/cottonbro

Jangan biarkan hobimu malah membuat kantongmu sekarat. Ada baiknya kamu memilih sebuah hobi yang sesuai dengan kemampuanmu untuk mengeluarkan sejumlah uang demi menjalani hobi tersebut. Perlu diingat juga, tidak semua hobi perlu uang, ada banyak hobi yang bisa dilakukan hanya dengan modal kemauan.

Alih-alih memilih hobi yang memerlukan dana, kenapa kamu tidak mencoba untuk memulai sebuah hobi yang menghasilkan pundi-pundi keuntungan. Di samping kamu menikmati hobimu, kamu pun mendapat penghasilan tambahan karennnya. Sehingga hobi yang kamu punya bisa menjadi pekerjaan sampingan buatmu.

Karena hobi yang kamu punya bisa menghasilkan uang, kamu jadi makin bersemangat deh untuk menggelutinya. Tapi ingat tujuanmu memiliki hobi bukan semata-mata untuk mendapat tambahan uang jajan, melainkan mengisi waktu luangmu supaya lebih bermanfaat.

3. Lihat masa kecilmu 

Biar Gak Gabut, Ini 8 Cara Menemukan Hobi yang Cocok untukmuUnsplash/Caroline Hernandez

Kenang kembali masa kecilmu, saat di mana kamu tidak punya ragam kesibukan seperti sekarang. Apa yang dulu sering kamu mainkan di masa kecil hingga membuatmu lupa waktu saking asyiknya.

Hal yang kamu senangi di masa kecil mungkin saja masih kamu sukai juga hingga dewasa ini. Dahulu jika kamu suka berkeliling komplek dengan sepeda, coba saja saat ini kamu melakukan hal serupa, membeli sepeda baru, dan mulai mengendarai sepedamu sebentar. Kalau kamu merasa senang saat melakukannya, segera mungkin atur jadwalmu untuk melakukan hobi bersepedamu.

Kamu pastinya tak akan pernah jenuh dalam menjalani hobi yang menjadi kesukaanmu. Lantas apa kesukaanmu?

4. Cari tahu apa kelebihanmu 

Biar Gak Gabut, Ini 8 Cara Menemukan Hobi yang Cocok untukmuUnsplash/Alice Dietrich

Ingat kembali bidang apa yang sangat kamu kuasai sehingga kamu menonjol di antara temanmu-temanmu yang lainnya. Entah itu keahlianmu di masa lalu, ataupun sekarang.

Misalnya, saat di bangku sekolah kamu piawai dalam melukis ketimbang temanmu yang lain. Hari ini juga kamu patut uji coba kembali kemampuan melukismu, apakah keahlianmu dalam melukis itu masih ada? Jika iya, tak ada salahnya kamu mencoba untuk mengambil kelas melukis di hari liburmu.

Tak hanya sebatas pengisi waktu luang, hobimu tentunya bisa menjadi kesempatan buatmu dalam mengasah kemampuan yang kamu miliki. Sekarang sudah tahu apa kelebihanmu? 

Baca Juga: Jadi Hobi, 10 Koleksi Topi Mark GOT7 yang Bernilai Fantastis!

5. Sesuaikan dengan waktu luangmu

Biar Gak Gabut, Ini 8 Cara Menemukan Hobi yang Cocok untukmuPexels/Andrea Piacquadio

Hobi hanya dilakukan pada saat-saat tertentu saja, misalnya mengisi kekosongan waktu luang. Jangan sampai deh hobi yang kamu punya malahan mengganggu pekerjaan utamamu atau urusan hidupmu yang lain. Sebelum memilih hobi yang sesuai untukmu, ketahui juga seberapa banyak waktu yang bisa kamu luangkan untuk melakukan hobi itu.

6. Jangan terbebani oleh hobi  

Biar Gak Gabut, Ini 8 Cara Menemukan Hobi yang Cocok untukmuPexels/energepic.com

Hobimu seharusnya berguna sebagai penghilang stres usai pekerjaanmu yang melelahkan. Jadi, pastikan kamu memilih hobi yang membuatmu dapat menikmatinya dan bisa membangkitkan moodmu kembali. Kalau hobi yang kamu punya malah makin membebanimu baik dari segi pikiran ataupun biaya, sebaiknya tinggalkan deh hobimu, dan cari hobi lain yang lebih santai.

7. Ikut hobi teman 

Biar Gak Gabut, Ini 8 Cara Menemukan Hobi yang Cocok untukmuUnsplash/Edgar Castrejon

Ikut-ikutan tak selalu berarti buruk, kamu bisa mengikuti hobi yang populer di antara teman-teman sepergaulanmu. Siapa tahu cocok, yang penting kamu menikmati hobi tersebut. Memiliki hobi yang sama dengan teman juga dapat mempererat hubungan sosialmu dengan temanmu, topik obrolanmu dengan temanmu makin luas deh karena hobi kalian yang sama.

8. Coba semua, pilih satu 

Biar Gak Gabut, Ini 8 Cara Menemukan Hobi yang Cocok untukmuUnsplash.com/bruce mars

Ini adalah cara ekstrem yang bisa kamu lakukan dalam menemukan hobi yang paling cocok buatmu. Tak ada ruginya kamu coba semua hobi umum yang ada, mulai dari memasak, menulis, traveling, bernyanyi, dan masih banyak lagi. Bukan hanya mendapat peluang menemukan hobi yang sesuai, dengan mencoba berbagai hobi tentunya pengetahuanmu dalam banyak hal semakin bertambah juga.

Pada akhirnya kamu tetap harus memilih satu hobi yang paling kamu sukai dan tak membebanimu. Kebayang dong, bagaimana repotnya jika kamu punya banyak hobi.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari sebuah hobi, karena itu kamu wajib punya sebuah hobi supaya gak gabut lagi di waktu luang. So, kira-kira hobi apa nih yang cocok untukmu?

Baca Juga: 5 Alasan Logis Punya Hobi Baca Buku Justru Banyak Manfaat Positifnya 

Prasetya Buana Photo Writer Prasetya Buana

Dalam pesta yang tak pernah berakhir.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya