Comscore Tracker

6 Tips untuk Meningkatkan Fokus Pikiran, Jangan Sering Melamun!

Konsentrasi memiliki dampak yang besar pada aktivitas 

Saat melakukan suatu pekerjaan tentu sangat dibutuhkan konsentrasi. Bahkan, saat kita sedang berbicara santai dengan seseorang pun kita tetap harus konsentrasi agar percakapan dapat terjalin secara dua arah.

Menjaga konsentrasi dan fokus bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, daya fokus pikiran kita sama seperti otot yang ada di tubuh, mereka dapat dilatih dan ditingkatkan untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Bagaimana cara melakukannya? Dilansir Verywellmind, berikut tujuh tips yang dapat kamu coba untuk melatih dan meningkatkan fokus pikiran.

1. Ukur kemampuan fokusmu

6 Tips untuk Meningkatkan Fokus Pikiran, Jangan Sering Melamun!ilustrasi pandangan yang fokus dengan kacamata (unsplash.com/dtravisphd)

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan membuat penilaian atau ukuran atas tingkat konsentrasimu saat ini. Berikut beberapa ciri jika kamu memiliki fokus yang baik, misalnya tidak kesulitan untuk tetap terjaga/sadar dan mampu menentukan tujuan dan memecahnya menjadi tugas-tugas yang lebih kecil.

Jika kamu memiliki ciri-ciri tersebut, artinya kualitas konsentrasimu sudah baik sejauh ini, namun tidak ada salahnya untuk meningkatkannya agar lebih tajam lagi.

Sebaliknya, jika kamu mengalami beberapa hal berikut ini tandanya kamu perlu melatih dan meningkatkan fokusmu lebih sering, yaitu kamu sering melamun, tidak bisa menghindari distraksi atau gangguan, dan kesulitan mengejar progres.

2. Jauhkan segala hal yang akan mengganggu

6 Tips untuk Meningkatkan Fokus Pikiran, Jangan Sering Melamun!potret penggunaan smartphone dan laptop (unsplash.com/yogasdesign)

Jika kamu sudah mengetahui kondisi fokusmu saat ini dan ingin meningkatkannya, maka yang paling utama kamu lakukan adalah mengurangi dan menjauhkan diri kamu dari segala bentuk distraksi terutama saat bekerja. Distraksi atau gangguan tersebut dapat berupa apa saja, bahkan di tempat yang sangat sunyi sekalipun kamu tetap bisa terganggu oleh keinginanmu sendiri untuk selalu memegang smartphone-mu, membuka media sosial, dan akhirnya melupakan tugas utamamu.

Distraksi juga dapat datang dari dalam dirimu sendiri. Kelelahan, kesedihan, cemas, atau mood yang menjadi murung karena PMS (bagi perempuan) merupakan contoh gangguan yang akan menurunkan daya fokusmu. Jika distraksi dari luar dapat kamu hilangkan dengan menjauhkannya, maka distraksi internal akan lebih sulit untuk dihindari. Untuk itu pastikan dirimu memiliki istirahat yang cukup sebelum memulai pekerjaan, dan cobalah untuk selalu berpikiran positif dalam segala hal. 

Baca Juga: 5 Teknik Atasi Rasa Gugup Berlebihan yang Bikin Kamu Sulit Fokus 

3. Batasi area fokusmu

6 Tips untuk Meningkatkan Fokus Pikiran, Jangan Sering Melamun!potret tulisan focus di tangan (unsplash.com/chaseelliottclark)

Untuk melatih daya fokus dan konsentrasi, yang perlu kamu lakukan adalah dengan benar- benar fokus pada hal tersebut. Berkonsentrasilah pada satu hal yang menjadi prioritas utama untuk dilakukan, dan menghindari fokus pada beberapa hal secara bersamaan.

Sayangnya, saat ini banyak orang menganggap jika mereka dapat melakukan multitasking mereka akan merasa hebat dan lebih baik dari orang lain. Anggapan tersebut tidak selalu benar, karena tidak selamanya melakukan beberapa pekerjaan secara bersamaan adalah keputusan yang tepat.

Untuk itu, tidak perlu merasa rendah diri jika kamu tidak bisa melakukan multitasking, tidak perlu merasa lamban. Sebaliknya, cobalah untuk memberikan konsentrasi penuh pada satu pekerjaan, fokus pada pekerjaan tersebut dan kemampuanmu akan menjadi lebih maksimal.

4. Nikmati momen saat ini

6 Tips untuk Meningkatkan Fokus Pikiran, Jangan Sering Melamun!potret seseorang diantara balon- balon (unsplash.com/a2_foto)

Kamu mungkin saja mengalami masa lalu yang kurang menyenangkan, yang membuatmu menyesal hingga hari ini. Kamu juga mungkin merasa sangat takut dan cemas akan masa depanmu, kamu merasa tidak siap untuk menghadapinya.

Pikiran-pikiran seperti itu tentu akan sangat mempengaruhi konsentrasimu dalam melakukan pekerjaan, dan bukan hal yang mudah untuk bisa keluar dari pemikiran tersebut. Namun, kamu juga perlu mencoba untuk fokus dan menikmati waktumu pada hari ini. Apa yang berlalu sudah menjadi masa lalu dan masa depan belum juga terjadi.

Maka dari itu, jalani hari ini dengan pikiran yang fokus dan konsentrasi penuh, bagaimana kamu melewati hari ini akan berpengaruh pada kehidupan masa depanmu agar tidak mengulangi kesalahan yang sama di masa lalu.

5. Istirahat sejenak

6 Tips untuk Meningkatkan Fokus Pikiran, Jangan Sering Melamun!potret dua orang sedang berbincang (unsplash.com/etienneblg)

Berkaitan dengan poin sebelumnya bahwa kamu perlu menghindar dan menjauh dari hal yang dapat menjadi distraksi, termasuk distraksi internal dari dalam dirimu sendiri. Kamu perlu istirahat dengan cukup dan selalu berpikir positif. Namun hal tersebut akan sulit dilakukan jika kamu justru terus menerus mencoba untuk meningkatkan konsentrasi pada pekerjaanmu.

Lama kelamaan kemampuan berpikirmu akan menurun dan kondisi mentalmu akan memburuk. Untuk itu kamu harus rutin mengambil jeda sejenak saat sedang bekerja atau melakukan tugas apapun. Jeda sejenak selama 5 sampai 15 menit akan sangat cukup. 

Alihkan perhatian dan fokusmu pada hal lain yang akan menenangkan pikiran dan perasaanmu, misalnya alihkan pada tanaman atau pepohonan yang ada disekitarmu, bermain dengan hewan peliharaan, atau berbincang sejenak dengan orang di dekatmu. 

6. Terapkan Mindfulness

6 Tips untuk Meningkatkan Fokus Pikiran, Jangan Sering Melamun!ilustrasi orang sedang meditasi (unsplash.com/morsha)

Terakhir, kamu dapat melatih fokusmu dengan melakukan atau menerapkan mindfulness. Menerapkan mindfulness dapat meliputi pelatihan meditasi, namun juga dapat berupa latihan pernapasan yang sederhana dan cepat.

Riset yang dilakukan pada tahun 2012 menunjukkan bahwa kelompok yang menerima pelatihan meditasi mampu bertahan pada tugasnya lebih lama, jarang berpindah dalam pekerjaan, dan menunjukkan hasil kerja yang lebih efisien dibanding kelompok lain yang tidak melakukan mindfulness.

Kamu dapat mencoba dengan menarik napas dalam sambil berusaha untuk fokus pada setiap napas yang keluar dan masuk dari hidungmu. Saat kamu merasa pikiranmu mulai kemana-mana, dengan perlahan cobalah untuk kembali menyadari dan fokus pada setiap hembusan napas tersebut. 

Melatih dan meningkatkan konsentrasi memang bukan hal yang bisa dilakukan secara instan, kamu harus melakukannya secara rutin agar hasilnya benar-benar terasa pada setiap pekerjaan atau tugas yang kamu lakukan. Jangan terburu-buru dan teruslah berlatih, ya!

Baca Juga: 5 Taktik Hadapi Pimpinan yang Bawel, biar Tetap Konsentrasi Bekerja

Shera Suprapto Photo Verified Writer Shera Suprapto

Informasi positif sekecil apapun layak untuk dibagikan ^-^

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya