Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Konsisten Melakukan Hobimu

Coba tekuni, deh!

Kapan terakhir kamu melakukan hobimu? Dikutip dari ed.ac.uk, penelitian mengatakan bahwa orang-orang berusia paruh baya, yang aktif mengisi waktu luangnya dengan melakukan hobi mereka, terbukti memiliki tingkat memori dan berpikir yang baik saat usianya mencapai 80 tahun. Hobi tersebut antara lain seperti mengunjungi teater, galeri, menulis serta membaca.

Tak hanya itu, buat kamu yang hobi olahraga, studi juga membuktikan bahwa orang-orang yang hobi melakukan aktivitas fisik, cenderung akan lebih kuat secara mental di kemudian hari. Dan selain itu, hobi juga memiliki lima manfaat lainnya lho. Mau tahu apa saja? Yuk simak uraiannya berikut ini.

1. Hobi merupakan refreshing

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Konsisten Melakukan Hobimuunsplash.com/joelbengs

Berapa pun usiamu saat ini, mulailah berinvestasi pada hobimu. Sebab, suatu saat nanti, hobimulah yang akan membantumu untuk melepas penat di sela-sela kesibukanmu. Atau justru bisa jadi pilihan terbaik untuk mengisi waktu luangmu. Jadi, daripada mengisi waktu luangmu untuk sesuatu yang tak berfaedah, cobalah cari hobi yang positif.

Sebab hobi bisa merefresh otakmu setelah lelah beraktivitas atau bahkan menjadi terapi untuk menghilangkan stres. Ada banyak sekali kegiatan yang positif yang bisa kamu jadikan sebagai hobi. Mulai dari membaca, menulis, melukis, memasak, memancing, traveling, fotografi atau bahkan memodifikasi kendaraan bermotor. Pokoknya, sesuaikan saja dengan passionmu deh.

2. Dengan hobi, kamu bisa menambah banyak teman baru

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Konsisten Melakukan Hobimupexels/Christina Morillo

Bila kamu telah memiliki hobi, mulailah bergabung dengan komunitas yang berhubungan dengan hobimu. Selain bisa menambah banyak teman baru, ikut aktif di berbagai komunitas yang sesuai dengan passionmu juga berarti memperluas networkingmu lho.

3. Hobi akan membuatmu merasa menjadi dirimu seutuhnya

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Konsisten Melakukan Hobimuunsplash.com/@nandovish

Setiap manusia, diciptakan oleh Tuhan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Termasuk juga dengan segala keunikannya masing-masing. Bila kamu telah menemukan keunikanmu melalui hobimu, itu artinya kamu telah membantu dirimu untuk menjadi kamu yang seutuhnya.

Baca Juga: 5 Hobi yang Sebaiknya Dimiliki Setiap Orang, Kamu Sudah?

4. Bila ditekuni dengan baik, bisa menambah pundi-pundimu juga

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Konsisten Melakukan Hobimuunsplash.com/Michael Longmire

Jika kamu mau berusaha untuk menekuni hobimu dengan baik, tak menutup kemungkinan bahwa suatu hari nanti hobi tersebut bisa jadi sumber penghasilanmu. Awalnya mungkin bisa jadi pekerjaan sampingan, namun jika kamu bertekad untuk menjadikannya sebagai pekerjaan utamamu, mengapa tidak?

Misalnya kamu hobi menulis, awalnya kamu bisa menjadi freelance writer, lalu saat skill menulismu semakin baik, bukan tak mungkin kamu bisa menjadi full time writer. Atau di era millenial ini, jika kamu hobi cuap-cuap di depan kamera, bukan tak mungkin bila nantinya kamu bisa menjadi seorang content creator lho.

5. Dengan hobi, kamu bisa mengupgrade kualitas dirimu

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Konsisten Melakukan Hobimuunsplash/rawpixel

Dari hobi, kamu juga akan belajar banyak hal yang awalnya tidak terpikirkan olehmu. Mulai dari belajar menjadi seseorang yang lebih produktif, kreatif hingga belajar mengatur waktu agar dapat menyeimbangkan antara rutinitas harian dan hobimu.

Maka dari itu, mulai saat ini, cobalah untuk menyisipkan waktu buat melakukan hobimu ya. Let's enjoy your hobbies and be more productive!

Baca Juga: 5 Hobi Cewek yang Menghasilkan Uang Meski Hanya dari Rumah

Ahsani Rangkuti Photo Verified Writer Ahsani Rangkuti

Read, write and share!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya