Comscore Tracker

6 Cara Mengasah Kreativitasmu, Biar Ide Bermunculan Gak Terbatas!

Semua orang pada dasarnya kreatif

Zaman yang semakin maju menuntut kita untuk menjadi pribadi yang lebih kreatif. Kreativitas akan membawa kita pada ide-ide hebat, yang mungkin dapat membawa perubahan ke depannya.

Akan tetapi, memunculkan atau menajamkan sisi kreativitas itu terkadang cukup sulit. Pikiran terkadang terasa berhenti dan ide baru yang segar gak lantas muncul. Dilansir dari Verywellmind dan Inc, terdapat 6 tips untuk mengasah kreativitas. Langsung scroll, ya!

1. Inspirasi memang harus dicari. Jadi, carilah!

6 Cara Mengasah Kreativitasmu, Biar Ide Bermunculan Gak Terbatas!mencari informasi (unsplash.com/paulinel)

Kunci pertama adalah memahami bahwa kreativitas itu terkadang harus dimunculkan. Carilah kreativitas dengan kegiatan yang dapat merangsang kemampuan berpikirmu. Kamu bisa coba berjalan ke museum, membaca buku, atau mendengarkan musik.

Mungkin saja, kamu menemukan kalimat menarik dalam sebuah buku yang bisa digali kembali lebih dalam. Ini sama seperti ketika kamu melihat karya atau kreativitas orang lain.

2. Kolaborasi dengan ide atau ilmu lainnya

6 Cara Mengasah Kreativitasmu, Biar Ide Bermunculan Gak Terbatas!Berkolaborasi (unsplash.com/brookecagle)

Jangan batasi dirimu dari ide atau ilmu lain. Cobalah untuk menggabungkan ide yang kamu miliki dengan yang dimiliki oleh orang lain. Meski mungkin terasa aneh atau gak berkesinambungan satu sama lain, namun pasti ada bagian yang dapat dikolaborasikan.

Temuilah temanmu untuk mendiskusikan ide yang dimilikinya. Ini juga dapat mengasah pengetahuan dan meluaskan padanganmu. Tentu, ide kreativitas akan muncul dengan segera.

3. Suntuk di dalam ruangan? Cobalah berjalan!

6 Cara Mengasah Kreativitasmu, Biar Ide Bermunculan Gak Terbatas!Berjalan (unsplash.com/alvinmahmudov)

Berjalan yang dimaksud di sini, gak harus seperti traveling keluar negeri atau ke mall. Berjalan santai keluar ruangan atau ke ruang terbuka seperti taman, dapat membantumu menjernihkan pikiran. Jangan lupa untuk melihat sekitar ketika kamu berjalan!

Berjalanlah santai sambil melihat di sekelilingmu. Akan percuma apabila kamu berjalan tergesa-gesa atau sibuk dengan ponselmu. Mungkin saja, kamu menemukan sesuatu yang unik dan bisa menjadi ide barumu.

"Sebuah studi pada tahun 2014 menemukan bahwa orang cenderung lebih kreatif saat berjalan daripada saat duduk. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa aktivitas fisik secara teratur, dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan dan melindungi kemampuan kognitif. Tetapi, penelitian ini menemukan bahwa jalan kaki sederhana sebentar dapat meningkatkan jenis pemikiran tertentu," menurut penulis psikologi Kendra Cherry dalam Verywell Mind.

Baca Juga: 5 Tips Menjadi Manusia Berbahaya, Banyak Orang akan Segan!

4. Merenung

6 Cara Mengasah Kreativitasmu, Biar Ide Bermunculan Gak Terbatas!berpikir (unsplash.com/@dollargill)

Mungkin kamu mendapat terlalu banyak stimulus dari luar, yang justru membuat bingung. Berbeda dengan tips sebelumnya yang menyarankan pergi keluar ruangan, mungkin kamu juga bisa menemukannya dalam kepalamu. Salah satu caranya adalah merenung.

Hampir sama seperti ketika melakukan meditasi, cobalah berdiam diri sejenak atau fokuskan semua perhatian pada diri sendiri. Buat dirimu lebih rileks dengan mengatur nafas. Biarkan semua sensasi, perasaan, dan pikiranmu bermunculan di dalam otakmu.

5. Kamu mungkin merasa buntu atau kehabisan ide karena melihat dari satu sudut pandang saja

6 Cara Mengasah Kreativitasmu, Biar Ide Bermunculan Gak Terbatas!mencari perspektif berbeda (unsplash.com/aleno)

Ingat, kamu memiliki banyak jendela dalam melihat suatu hal. Jika kamu merasa sudah kehabisan ide atau menemui jalan buntu, itu bisa jadi karena kamu hanya melihat dari satu titik. Kamu bisa coba salah satu teknik bernama "enam topi" yang membuatmu melihat sesuatu dari enam perspektif yang berbeda.

Contohnya, mengkritisi sesuatu dari sisi positif, negatif, kegunaan, dan sebagainya. Ini akan memungkinkanmu melihat sesuatu dari dua atau lebih sudut pandang.

6. Tantang kreativitasmu

6 Cara Mengasah Kreativitasmu, Biar Ide Bermunculan Gak Terbatas!kompetisi (unsplash.com/brucemars)

Salah satu caranya adalah membuktikan lewat kompetisi. Kamu bisa mengikuti lomba untuk melihat kreativitasmu dibandingkan dengan orang lain. Bahkan, kamu bisa berkompetisi dengan diri sendiri dengan mencoba cara lain yang tingkat kesulitannya lebih tinggi. 

Kamu mungkin juga perlu untuk menciptakan peluang kreativitasmu sendiri, seperti menangani proyek baru atau menemukan cara dan alat baru yang dapat digunakan dalam proyekmu saat ini. Selamat mencoba!

Itulah 6 tips untuk meningkatkan kreativitasmu. Kamu sudah melakukan yang mana?

Baca Juga: 10 Ide Padu Padan Scarf Outer untuk Hijaber Modis, Gampang Disontek!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya