Comscore Tracker

5 Langkah Supaya Potongan Rambutmu Sesuai dengan yang Dimau

Terhindar dari salah gaya rambut, deh!

Memotong rambut itu tidak hanya bertujuan untuk merapikannya, namun juga kebutuhan estetika. Potongan rambut yang bagus, tentu akan menambah kepercayaan diri. Tidak heran, sebagian orang merasakan jantung berdebar ketika memotong rambut di salon.

Mereka takut jika hasilnya tidak memuaskan. Tapi, kamu gak perlu khawatir kalau potongan rambutmu tidak sesuai dengan apa yang kamu inginkan! Dilansir dari RMRS dan Style Weekly, inilah langkah supaya potongan rambutmu sesuai dengan yang dimau.

1. Kenalilah kondisi rambutmu dan juga problematikanya!

5 Langkah Supaya Potongan Rambutmu Sesuai dengan yang Dimaupexels/@olly

Tak perlu menunggu tukang salon untuk menjelaskan mengenai kondisi rambutmu. Kamu bisa mengenali rambutmu sendiri. Lihat apakah rambutmu keriting, bergelombang, atau lurus dan apakah teksturnya halus, kasar, tipis, atau tebal.

Selain mengenali kondisi, kamu juga harus mengetahui permasalahan rambutmu. Ini akan membantu pencukur rambut untuk memotong sesuai kebutuhan. Contohnya, rambutmu mudah rontok dan tipis, maka ia akan mencoba membuat rambutmu lebih bervolume.

2. Kenali juga bentuk wajah agar bisa mencari potongan rambut yang tepat

5 Langkah Supaya Potongan Rambutmu Sesuai dengan yang Dimaupexels/@olly

Bentuk wajah itu sangat mempengaruhi bagaimana potongan rambutmu akan terlihat. Potongan rambut berponi depan, mungkin akan cocok bagi pemilik wajah dengan tipe A dan kurang cocok bagi wajah dengan tipe B.

Tidak ada salahnya jika kamu meluangkan sedikit waktu untuk memperhatikan bentuk wajahmu. Kamu bisa mencari di internet, lalu coba cocokkan dengan wajahmu. 

3. Jangan lupa membawa referensi saat datang ke salon!

5 Langkah Supaya Potongan Rambutmu Sesuai dengan yang DimauUnsplash/John Tuesday

Ada beberapa istilah potongan rambut yang mungkin kurang kamu pahami. Ini akan menjadi masalah ketika kamu menjelaskan mengenai potongan rambut yang dimau. Cobalah untuk melihat internet atau Pinterest untuk mendapatkan contohnya!

Tidak perlu sungkan untuk menunjukkan foto tersebut. Dibandingkan penjelasan dengan kalimat, referensi tersebut justru memudahkan mereka untuk memahami apa yang kamu inginkan. 

Baca Juga: Bingung Rawat Rambut? 9 Produk Rambut yang Akan Launching Tahun Ini 

4. Komunikasikan pada tukang potongnya mengenai batas-batas rambut yang ingin kamu ubah

5 Langkah Supaya Potongan Rambutmu Sesuai dengan yang Dimaupexels/@cottonbro

Sekalipun kamu telah menjelaskannya di awal, tidak ada salahnya kembali menjelaskan di tengah-tengah proses pemotongan rambut. Tidak perlu menjelaskan hingga detail, namun ingatkan saja untuk tidak memotong melebihi yang kamu inginkan.

Jangan ragu untuk menyampaikan mengenai seberapa pendek rambut atau poni yang kamu inginkan! Kamu juga bisa meminta pendapat mereka mengenai potongan rambutmu.

Bisa jadi, mereka punya pendapat yang bisa kamu pertimbangkan. Contohnya adalah ketika tukang potong rambut menyarankan untuk memotong rambutmu lebih pendek, karena adanya cabang rambut.

5. Milikilah ekspektasi yang realistis!

5 Langkah Supaya Potongan Rambutmu Sesuai dengan yang Dimaupexels/@asadphotography

Ini adalah hal yang terpenting. Terkadang, rambut yang kamu inginkan adalah rambut yang sudah dicatok atau mendapatkan perawatan khusus.

Bisa juga, tukang potong rambut memotong rambutmu sedemikian rupa agar ketika tumbuh, rambutmu akan mirip dengan yang kamu inginkan. Ini semua adalah soal waktu dan juga usaha. 

Sebenarnya, faktor yang membuat potongan rambutmu menjadi bagus adalah perpaduan antara pengenalan rambut yang baik dan juga keahlian tukang potongnya. Jangan malas untuk mengenali rambut dan mencari salon yang terpercaya, ya!

Baca Juga: Ini Lho 7 Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda, Kamu Sudah Tahu?

Topic:

  • Putri Aisya
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya