Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Perlu Mengekang jika Hubungan Sudah Bertahun-tahun

#IDNTimesLife Kamu akan rugi jika melakukannya

Merasakan gelagat kalau pasangan saat ini sedang menyukai seseorang dan dekat dengan orang itu adalah perasaan yang sangat menyebalkan. Akhirnya dari rasa tersebut timbul sikap mengekang kamu sebagai bentuk perlindungan untukmu sendiri. Sikap ini muncul sebagai tameng agar gak dikhianati dan hubungan ini gak berakhir begitu saja, terlebih bila hubungan yang kamu dan dia jalani sudah bertahun-tahun lamanya. 

Namun, mengekang pasangan terus menerus pun gak bagus untuk kelangsungan hubunganmu saat ini karena akan banyak kerugian yang nantinya kamu alami sendiri. Percaya saja padanya dan simak beberapa alasan di bawah ini kalau mengekang pasangan itu gak perlu. 

1. Hubungan yang sudah berjalan bertahun-tahun ini tentu saja sudah membuatmu percaya padanya

5 Alasan Kamu Gak Perlu Mengekang jika Hubungan Sudah Bertahun-tahunpexels.com/Rayan Kaura

Kamu dan dia telah bukan lagi menjalani hubungan sehari dua hari, atau dalam hitungan minggu saja, tapi kalian sudah bertahun-tahun bersama. Tentunya hubungan ini sudah dilandasi dengan kepercayaan yang baik satu sama lain.

Gak perlu curiga sampai mengekang pasangan sebegitu eratnya. Percaya saja padanya agar kamu tenang karena jika memang dia benar selingkuh di belakangmu pasti semuanya akan terbongkar juga. 

2. Kalian sudah tahu sifat dan karakter masing-masing saat ini

5 Alasan Kamu Gak Perlu Mengekang jika Hubungan Sudah Bertahun-tahunpexels.com/Samson Katt

Selama ini, kamu pasti sudah tahu sifat dan karakter dari pasanganmu, kan? Mulai dari dia kebiasaan dia sampai pada kamu tahu kalau dia sedang menyembunyikan sesuatu.

Oleh karena itu, jika pun dia menyembunyikan sesuatu darimu, pastilah kamu akan langsung mengetahuinya. Pasalnya kamu sudah tahu dia luar dalam dan kamu pun tahu bagaimana mengatasi masalahnya jika memang ternyata dia sedang dekat dengan yang lain. Semua itu bisa kamu cegah dan atasi sebelum semuanya terlalu jauh. 

3. Bertahun-tahun bersamanya, tentu saja telah membuat kalian saling nyaman

5 Alasan Kamu Gak Perlu Mengekang jika Hubungan Sudah Bertahun-tahunpexels.com/Alexy Almond

Kenyamanan pasti saja telah kamu rasakan saat ini bersamanya dan hal ini pun dibuktikan dengan bertahannya hubungan kalian selama bertahun-tahun lamanya ini. Makanya, mustahil bila dia mencari sosok yang lain karena dia telah merasa nyaman bersamamu.

Baca Juga: 5 Alasan Pasangan Posesif Gak Sepenuhnya jadi Pihak yang Salah

4. Hubungan kamu dan dia bisa berakhir hanya karena masalah sepele saja

5 Alasan Kamu Gak Perlu Mengekang jika Hubungan Sudah Bertahun-tahunpexels.com/RODNAE Productions

Meski tujuanmu baik untuk tetap mempertahankan hubungan dan melindungi dirimu sendiri, tapi jika caranya dengan mengekang dia terus menerus, maka hal ini akan jadi boomerang untuk dirimu sendiri. Pasangan akan merasa gak nyaman bersamamu lagi karena kamu terlalu mengatur hidupnya saat ini.

Bukan hal yang mustahil bila akhirnya nanti dia akan memutuskan hubungan sepihak denganmu dan kalian benar-benar berakhir hanya karena masalah curiga kamu yang gak terbukti. 

5. Akan banyak hal yang dikorbankan jika memang dia selingkuh di belakangmu

5 Alasan Kamu Gak Perlu Mengekang jika Hubungan Sudah Bertahun-tahunpexels.com/cottonbro

Kamu harus pahami jika memang dia selingkuh, maka akan banyak hal yang dikorbankan olehnya. Mulai dari waktu yang kalian habiskan, kepercayaan satu sama lain sampai pada keluarga yang akan kecewa dengan berakhirnya hubungan ini. Oleh karena itu, dia gak mungkin melakukan selingkuh yang kesenangannya hanya sesaat saja. 

Pahami semua alasannya dan ingat jangan sampai sekalipun kamu mengekang pasanganmu karena semua itu hanya akan merugikanmu sana dalam hubungan ini. Kamu akan menyesal bila memang bertekad untuk mengekang dia. 

Baca Juga: 5 Tips Berhenti Jadi Pacar yang Terlalu Posesif, Biar Tak Menyesal

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya