Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Manajemen Waktu Itu Diperlukan, Yuk Cari Tahu! 

Banyak keuntungan yang kamu dapatkan

Pernah kamu menghabiskan waktu begitu saja selama seharian tanpa melakukan apa pun yang produktif? Jawabannya pasti pernah, kan? Dan, apakah kamu menyadari berapa banyak waktu yang telah kamu buang dalam sehari itu?

Waktu yang kamu habiskan tanpa melakukan apa pun bisa menjadi waktu yang berharga. Seperti kata pepatah bahwa waktu adalah uang, maka manajemen waktu adalah penting. Mengapa bisa begitu? Yuk, kita simak bersama alasan yang melatarbelakanginya.

1. Waktu yang hilang gak dapat dipulihkan dan dikembalikan 

5 Alasan Mengapa Manajemen Waktu Itu Diperlukan, Yuk Cari Tahu! ilustrasi pria sedang duduk (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jika kamu kehilangan uang, kamu memiliki seribu cara berbeda untuk menghasilkan lebih banyak lagi. Jika kamu kehilangan pekerjaan, kamu memiliki sejuta perusahaan lain untuk dilamar.

Namun, waktu adalah entitas terbatas yang bergerak hanya dalam satu arah dan terus maju. Sekali kamu kehilangan satu jam, sehari, seminggu, atau sebulan, maka kamu gak akan pernah bisa mengklaimnya kembali.

Di sinilah manajemen waktu itu diperlukan agar waktumu gak terbuang percuma. Gak akan ada penyesalan di kemudian hati yang kamu rasakan hanya karena kamu gak pandai memanfaatkan waktu.

2. Dengan manajemen waktu, kamu bisa melakukan apa yang kamu suka  

5 Alasan Mengapa Manajemen Waktu Itu Diperlukan, Yuk Cari Tahu! ilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/Rafael Bartos)

Ketika kamu lebih memperhatikan bagaimana kamu menghabiskan waktumu, kamu memiliki banyak kesempatan untuk melakukan apa yang sesuai dengan hatimu. Aktivitasmu bisa tertata rapi dan tugas bisa kamu selesaikan tepat waktu sehingga ada waktu luang untuk kamu bisa kamu manfaatkan untuk melakukan hal yang kamu sukai.

Misalnya, kamu bisa menikmati hobimu, belajar hal baru atau kencan bersama pasangan. Hal ini tentu saja bisa membuatmu memiliki work life balance jika aktivitas utamamu adalah bekerja.

Baca Juga: 5 Tips Memperbaiki Manajemen Waktu, Agar Kamu Makin Produktif

3. Kamu bisa memanfaatkan waktumu dengan mencari penghasilan tambahan 

5 Alasan Mengapa Manajemen Waktu Itu Diperlukan, Yuk Cari Tahu! ilustrasi pria bekerja (unsplash.com/Luke Peters)

Ketika kamu mengatur waktumu dengan baik, maka segalanya bisa diselesaikan dengan baik. Kamu selalu tepat waktu dalam semua hal. Bahkan, waktu pun bisa dipersingkat sehingga kamu bisa menambah kegiatan lain.

Kegiatan ini bisa kamu pakai untuk menambah penghasilan, seperti freelancer atau mengambil beberapa job tambahan. Seperti yang kita semua tahu bahwa waktu adalah uang dan inilah saatnya untuk mendapatkan banyak keuntungan.

4. Membantumu selangkah lebih dekat untuk mencapai impianmu 

5 Alasan Mengapa Manajemen Waktu Itu Diperlukan, Yuk Cari Tahu! ilustrasi pria memegang gadget (pexels.com/Brian Ngali)

Inti dari manajemen waktu terletak pada fokus tugas yang tepat untuk dikerjakan sebaik mungkin dengan waktu yang disediakan. Ketika kamu menyalurkan perhatianmu pada pekerjaan yang membantumu mencapai tujuanmu, maka kamu semakin dekat dengan impianmu selangkah demi selangkah.

Mungkin, di awal memakai manajemen waktu, kamu akan bergerak selambat kura-kura. Namun, ketika kamu melihat ke belakang setahun kemudian, kamu akan takjub melihat seberapa jauh jarak yang telah kamu lalui.

5. Kamu dapat mencapai kesuksesan karier yang lebih cepat

5 Alasan Mengapa Manajemen Waktu Itu Diperlukan, Yuk Cari Tahu! ilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Manajemen waktu adalah tentang menyelesaikan hal yang benar lebih cepat dari biasanya. Dengan melakukan itu, kamu sudah selangkah lebih maju dari yang lain karena seluruh dunia mengambil semua jenis tugas yang menghadang mereka.

Jika kamu membuat kebiasaan yang konsisten untuk fokus pada hal-hal yang penting, pertumbuhan karier dan hasil berubah menjadi lebih cepat.  Seperti yang kita tahu bahwa di dunia, kamu dikelilingi oleh persaingan dan kunci kesuksesan karier bergantung pada seberapa efisien dirimu bekerja daripada berapa jam kamu bekerja. Manajemen waktu membantumu merampingkan fokus sehingga jam yang kamu habiskan berkontribusi pada hasil yang kamu inginkan.

Setelah kamu tahu alasan pentingnya manajemen waktu. Sekarang kamu menerapkan bagaimana cara menghabiskan waktu dengan baik dan lihat berapa banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan.

Baca Juga: 5 Tips Manajemen Energi Saat Bekerja, Biar Makin Produktif! 

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya