Comscore Tracker

5 Cara Bangun Loyalitas Diri, Berguna untuk Jalin Relasi

Salah satunya jadilah seseorang yang suportif

Sikap loyalitas adalah sebuah kebaikan yang dihargai dalam sebuah hubungan, entah dalam pertemanan, percintaan, keluarga, atau bahkan relasi karier. Loyalitas dapat ditujukkan dari kesetiaan, dedikasi, kejujuran, kepercayaan, dan dukungan dalam suatu hubungan.

Banyak keuntungan yang mampu kamu raih ketika memiliki loyalitas dalam diri. Nah, cara bangun loyalitas diri pun beragam, bisa kamu terapkan mulai dari sekarang, kok. Berikut sederet caranya!

1. Tunjukkan apresiasimu 

5 Cara Bangun Loyalitas Diri, Berguna untuk Jalin Relasiilustrasi berbincang (pexels.com/Kampus Productions)

Ketika kamu menjalin hubungan dalam konteks apa pun dengan orang lain, maka hargailah orang tersebut apa pun kondisimu. Komunikasikan betapa pentingnya doa bagimu dan betapa pentingnya kehadirannya dalam hidupmu. Jangan pernah menganggap remeh, meski kamu tahu kekurangannya.

Menunjukkan loyalitasmu kepada seseorang, maka itu dapat mendorong dia untuk bersikap loyal juga terhadapmu sehingga hal ini dapat membuat hidupmu lebih bermakna dengan menjalin hubungan baik dengan orang-orang di sekelilingmu.

2. Bersikaplah suportif saat ada yang sedang berjuang  

5 Cara Bangun Loyalitas Diri, Berguna untuk Jalin Relasiilustrasi berbincang (pexels.com/Mart Productions)

Jangan pernah menjatuhkan orang, siapa pun itu dan seberapa kamu gak suka padanya. Ketika ada orang yang kamu kenal sedang berjuang, maka bantulah ia menghadapi masalahnya.

Jangan membuatnya menyerah dengan berbagai tantangan yang muncul. Dia harus tahu bahwa kamu ada untuknya dalam suka maupun duka.

3. Pertahankan kepercayaan yang orang lain beri padamu

5 Cara Bangun Loyalitas Diri, Berguna untuk Jalin Relasiilustrasi perbincangan (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Jika ada orang yang berbagi rahasia, harapan, ketakutan, atau ketidaknyamanannya pada dirimu, pastikan kamu menjaga kepercayaan itu dengan menjaga rahasianya. Hormati dia dan hindari menghakimi apa yang terjadi dalam hidupnya.

Selain itu, jika kamu membuat janji atau komitmen pada seseorang, pastikan untuk menindaklanjutinya dan gak mengecewakannya. Janji yang kamu buat itu harus ditepati. Jika memang ada kondisi yang membuatmu gak bisa menepatinya, maka jujurlah tanpa menutupi apa pun.

Baca Juga: 5 Kunci Menjalani Hidup dengan Percaya Diri, Harus Punya Prinsip!

4. Bersikaplah jujur 

5 Cara Bangun Loyalitas Diri, Berguna untuk Jalin Relasiilustrasi percakapan (pexels.com/Helena Lopes)

Bersikaplah transparan dan jujur ​​dengan orang yang percaya padamu, dan hindari menyimpan rahasia darinya. Penting juga untuk bersikap autentik dengannya, bahkan jika itu membuatmu gak merasa nyaman.

Menjadi diri sendiri bersama orang yang kamu kenal dan dekat dapat membantu meningkatkan kepercayaan dan kesetiaan. Hal ini, tentunya dapat meningkatkan kebahagiaan dalam dirimu.

5. Bersikap adil pada siapa pun tanda membedakan 

5 Cara Bangun Loyalitas Diri, Berguna untuk Jalin Relasiilustrasi pertemanan (unsplash.com/Toa Heftiba)

Ketika kamu bergaul dengan siapa pun itu, perbedaan dari segi mana pun pasti akan selalu ada. Dalam hal ini, ingatlah untuk gak membedakan siapa pun.

Terima perbedaan yang ada dan berikan sikap yang baik, sebagaimana kamu ingin diperlakukan oleh orang lain. Ketika kamu menghindari karena ada satu orang yang berbeda pendapat atau dalam hal perbedaan lainnya, maka itu akan menjadi masalah dan membuat dirimu gak disukai.

Ingatlah bahwa loyalitas adalah komponen penting dalam hubungan, baik romantis, keluarga, sosial, atau lainnya. Ini dapat membantu membangun ikatan yang lebih kuat dan menciptakan dukungan sosial. Cara bangun loyalitas diri dapat dipupuk dengan bersikap jujur, mendukung, menghormati, hingga setia. Jadi, mulai bangun sikap loyalitasmu sekarang!

Baca Juga: 6 Cara Paling Mudah Tingkatkan Rasa Percaya Diri, Berani Coba?

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya