Comscore Tracker

5 Cara Mudah Temukan Akar Permasalahan, Buat Semuanya Beres!

Selesai lebih cepat, maka lebih baik

Masalah tentu saja ada dalam hidup dan itu sering muncul dari berbagai faktor, entah itu pekerjaan, keluarga, maupun finansial. Masalah harus bisa diselesaikan dengan baik dengan mengetahui akar permasalahannya. 

Sampai saat ini masih banyak orang yang sering bingung dengan masalah yang dihadapinya dan apa akar masalah yang jadi penyebabnya? Nah, guna membantu menemukan akar masalah itu, cobalah cara di bawah ini. 

1. Tentukan masalahnya

5 Cara Mudah Temukan Akar Permasalahan, Buat Semuanya Beres!ilustrasi pria sedang sedih (pexels.com/cottonbro)

Pertama, kamu harus tahu, apa yang harus kamu selesaikan dari masalahmu. Jelaskan masalahmu dalam satu atau dua kalimat.

Ketika kamu menjelaskan apa masalah yang sedang kamu hadapi ini pada dirimu, maka ini dapat membuatmu lebih mengerti tentang masalahmu. Dan, ini juga dapat mempersempit alasan dari masalah berulang yang kamu hadapi. 

2. Tanyakan pada diri sendiri mengapa masalah itu terjadi?

5 Cara Mudah Temukan Akar Permasalahan, Buat Semuanya Beres!ilustrasi sedang bersedih (pexels.com/cottonbro)

Setelah kamu menentukan dan menjelaskan masalah yang sedang kamu hadapi, selanjutnya tanyakan pada dirimu, mengapa masalah itu bisa terjadi? Kamu bisa mulai menggunakan pertanyaan, seperti kapan masalah itu terjadi, bagaimana masalah itu muncul, dan mengapa kamu bisa menghadapi masalah tersebut? 

Tidak perlu langsung menjawabnya, pikirkanlah pertanyaan-pertanyaan itu agar kamu bisa lebih berpikir secara mendetail. Bahkan, kamu juga bisa tanyakan hal lainnya pada dirimu. 

Baca Juga: 9 Alasan Mengapa Kamu Selalu Terjebak Permasalahan Rumit 

3. Berikan jawaban yang sederhana dan jujur

5 Cara Mudah Temukan Akar Permasalahan, Buat Semuanya Beres!ilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jangan mencoba menganalisis secara ekstensif untuk setiap alasannya. Temukan penjelasan paling mudah untuk setiap kata "Mengapa?" yang kamu tanyakan pada diri sendiri. Kamu harus jujur ​​agar metode ini membuahkan hasil.

Kamu juga harus bisa berpikiran terbuka untuk bisa mengeksplor setiap kemungkinan atas jawabanmu. Tanpa pikiran terbuka, hal ini dapat menyebabkan lebih banyak hal buruk daripada kebaikan.

4. Ulangi bertanya mengapa sampai kamu menemukan kesempatan untuk mengambil tindakan korektif

5 Cara Mudah Temukan Akar Permasalahan, Buat Semuanya Beres!ilustrasi pria sedang duduk (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setelah kamu memiliki jawaban atas semua pertanyaanmu, ulangi proses menanyakan hal yang sama lagi dan lagi. Hal ini untuk membuatmu yakin, apakah memang jawaban itu yang benar, atau ada kemungkinan jawaban lain. 

Kamu bisa mempertanyakan semua pertanyaan menjadi 5 kali agar kamu benar-benar yakin dan tidak salah memprediksikan akar permasalahanmu. Ini memang akan menguji dirimu, tapi hasilnya akan sepadan. 

5. Putuskan tindakan korektif

5 Cara Mudah Temukan Akar Permasalahan, Buat Semuanya Beres!ilustrasi wanita karir (pexels.com/Sora Shimazaki)

Setelah kamu memiliki akar masalahnya, putuskan tindakan korektif apa yang harus kamu lakukan untuk mencegah masalah terjadi di masa depan. Kamu harus bisa mencegahnya guna masalah yang sama tidak terjadi lagi. 

Tulis satu persatu solusi untuk mengatasinya dan tindakan pencegahannya. Mulai lakukan dan yakinkan dirimu bahwa kamu bisa. 

Itu saja yang perlu kamu lakukan. Akar masalahnya bisa langsung kamu temui, tapi memang ini butuh waktu dan usaha. Kamu harus bisa melakukannya dan selesaikan apa yang harus kamu selesaikan. 

Baca Juga: 5 Permasalahan Masa Lalu yang Bisa Jadi Penghambat Hubungan saat Ini

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya