Comscore Tracker

Hati-hati, 7 Perbuatan Ini Bikin Pahala Puasa Hangus dengan Percuma

#RamadanDiRumah Hanya dapat lapar dan hausnya saja

Tahu gak, sih? Banyak orang yang sudah berlapar-lapar puasa tetapi gak dapat hasilnya. Mereka memang berhasil menahan diri dari hal yang membatalkan puasa sejak fajar hingga Magrib. Namun, sama sekali gak diganjar dengan pahala.

Kok, bisa? Hal ini terjadi karena mereka tidak menjaga diri dari perkara yang menggugurkan pahala puasa. Secara fikih puasa mereka tetap sah, nggak batal. Namun pahalanya telah gugur, sehingga hanya menyisakan lapar dan haus sebagai ganjaran.

Nah, agar terhindar dari hal-hal yang mengurangi pahala puasa, berikut kami sajikan informasinya. Cermati baik-baik dan jangan lakukan, ya!

1. Berdusta

Hati-hati, 7 Perbuatan Ini Bikin Pahala Puasa Hangus dengan PercumaFashionmagazine.com

Perkara pertama yang merusak pahala puasa adalah berdusta. Entah itu berupa kebohongan lisan, entah berupa berita-berita hoaks; sama saja. Dusta atau bohong sangat dilarang dalam agama Islam. Bahkan, Allah Swt. berfirman dalam Q.S. Al-Jatsiyah ayat 7:

 وَيْلٌ لِكُلِّ أَفَّاكٍ أَثِيم

”Kecelakaan yang besarlah bagi tiap-tiap orang yang banyak berdusta lagi banyak berdusta.”

Sekali berdusta, maka akan terbuka kesempatan menuju ribuan dusta lainnya. Kebohongan yang satu akan muncul demi menutupi kebohongan yang lain. Bagaikan lingkaran setan, akhlak tercela ini gak akan ada habisnya.

2. Gibah

Hati-hati, 7 Perbuatan Ini Bikin Pahala Puasa Hangus dengan PercumaFreepik.com

Selanjutnya, kita wajib menghindari gibah selama berpuasa. Gibah atau membicarakan orang lain merupakan perbuatan tercela. Baik sedikit atau banyak, gibah dihukumi haram berdasarkan larangan Allah dalam Q.S. Al-Hujurat: 12.

وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمُ بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُم أَنْ يَأكُلَ لَحْمَ أَخِيْهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوْهُ ۚ

"Dan janganlah sebagian kalian menggunjingi sebagian yang lain. Apakah kalian suka memakan daging bangkai saudaranya sendiri? Tentu kalian merasa jijik."

Dari pengibaratan di atas, dapat ditarik makna bahwa gibah sudah seharusnya dijauhi sebagaimana kita jijik jika disuruh memakan bangkai saudara sendiri. Ingat, setiap manusia memiliki aibnya masing-masing. Jadi, tidak usahlah kita menggunjingi kejelekan orang lain.

 

Baca Juga: Tanpa Disadari, 5 Hal Sepele Ini Bikin Puasamu Menjadi Sia-sia Lho!

3. Adu Domba

Hati-hati, 7 Perbuatan Ini Bikin Pahala Puasa Hangus dengan PercumaManoramaonline.com

Sifat adu domba juga mengikis pahala puasa. Perbuatan yang disebut namimah dalam bahasa Arab ini didefinisikan sebagai menyampaikan ucapan seseorang kepada orang lain untuk tujuan merusak hubungan antara mereka.

Hukum melakukan namimah, baik saat berpuasa maupun tidak, adalah haram menurut ijmak. Selain itu, pelaku adu domba juga diancam tidak masuk surga sebagaimana sabda Nabi Muhammad saw.

عَنْ حُذَيْفَةَ أَنَّهُ بَلَغَهُ أَنَّ رَجُلاً يَنِمُّ الْحَدِيثَ فَقَالَ حُذَيْفَةُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ: لاَ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ نَمَّامٌ

"Dari Hudzaifah, beliau menerima laporan ada tukang adu domba. Ia mengatakan, 'aku mendengar Rasulullah bersabda: Pelaku adu domba tidak akan masuk surga.'"

4. Memandang dengan syahwat

Hati-hati, 7 Perbuatan Ini Bikin Pahala Puasa Hangus dengan PercumaPexels.com/gustavo-fring

Memandang dengan syahwat juga menghilangkan pahala puasa kita. Hal ini jelas karena hakikat puasa ialah menahan diri, termasuk dari nafsu syahwat yang ditimbulkan oleh pandangan.

Dalam hadis yang diriwayatkan Bukhari, bahkan disebutkan bahwa zinanya mata adalah melihat. Maksudnya, memandang lawan jenis dengan syahwat sehingga memuaskan naluri biologisnya dengan jalan melanggar syariat.

5. Sumpah palsu

Hati-hati, 7 Perbuatan Ini Bikin Pahala Puasa Hangus dengan PercumaEarth.com

Sumpah palsu atau ghamus adalah sumpah yang dilakukan oleh seseorang yang sengaja berdusta dalam sumpahnya. Disebut ghamus (menjerumuskan) karena sumpah ini menjerumuskan orang yang bersumpah dalam dosa, bahkan menjerumuskan dalam neraka.

Nah, perbuatan ini juga menjadi salah satu yang menggugurkan pahala puasa kita. Jadi, jangan sembarangan bersumpah, ya. Apalagi dengan membawa-bawa nama Tuhan, seperti perkataan, "Demi Allah! Aku tidak melakukannya," padahal dia telah melakukannya.

6. Berkata keji 

Hati-hati, 7 Perbuatan Ini Bikin Pahala Puasa Hangus dengan PercumaPexels.com/moose-photos-170195

Perkara berikutnya masih berkaitan dengan lisan. Berkata keji dan kotor menjadi perkara yang menjadikan puasamu sia-sia. Rasulullah saw. bersabda yang artinya:

”Siapa saja yg tidak bisa meninggalkan dusta dan perbuatan-perbuatan keji atau kotor, malah mengamalkannya, maka Allah Swt. tidak akan dapat menerima puasa mereka dan tidak butuh dari rasa haus dan lapar yang dia tahan. ” (HR. Bukhari)

Meskipun tidak membatalkan puasa secara fikih, tetapi sudah semestinya kita tidak berkata-kata keji sewaktu puasa. Entah itu umpatan, makian, sumpah serapah, kata-kata kotor, kasar, ataupun berdusta.

7. Fitnah

Hati-hati, 7 Perbuatan Ini Bikin Pahala Puasa Hangus dengan PercumaObjetivobienestar.com

Terakhir, ada akhlak tercela yang serombongan dengan gibah dan namimah. Ya, fitnah juga termasuk hal yang melenyapkan ganjaran puasa. Sama seperti gibah dan namimah, fitnah dilarang dalam agama Islam dan termasuk dosa besar yang mencegah seseorang masuk surga.

Dijelaskan dalam hadis Rasulullah saw. bahwa orang-orang yang memfitnah termasuk salah satu yang muflis (bangkrut). Mereka datang pada hari kiamat dengan pahala melaksanakan salat, puasa, dan zakat, namun disertai dosa memfitnah. Maka pahalanya akan diberikan kepada orang yang difitnah. Jika telah habis, maka keburukan orang yang difitnah akan dipindahkan kepadanya.

Itu dia tujuh hal yang mengurangi pahala puasa. Benar-benar merugi, ya, orang-orang yang melakukan beberapa perkara di atas saat berpuasa. Sudah menahan lapar dan haus, malah pahalanya hangus. Semoga kita terhindar dari itu semua. Amin.

Baca Juga: Gak Cuma Kurma, 10 Makanan Ini Sangat Dianjurkan untuk Buka Puasa

R Damanhuri Photo Verified Writer R Damanhuri

Seorang awam dalam dunia tulis menulis.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Septi Riyani
  • Bella Almira Siregar

Berita Terkini Lainnya