Comscore Tracker

7 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Saat jadi Pengangguran, Yuk Produktif

Yuk, isi hari-harimu dengan berbagai kegiatan

Saat menjadi pengangguran, pasti bingung harus melakukan apa. Di rumah saja bosan, tidak memiliki aktivitas, ingin pergi namun tidak memiliki uang, bahkan hanya bisa tidur-tiduran serta overthinking. Ada beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan saat menganggur. Penasaran? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Olahraga

7 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Saat jadi Pengangguran, Yuk ProduktifIlustrasi sedang olahraga (unsplash.com/Jonathan Borba)

Salah satu aktivitas yang wajib kamu lakukan adalah olahraga. Cara yang satu ini sangat bermanfaat bagi fisik ataupun mental kamu. Daripada tidak melakukan apa-apa, lebih baik isi hari-harimu dengan rutin berolahraga.

Pilihlhn olahraga yang kamu sukai. Mulai dari main basket, lari, bersepeda, ataupun badminton. Kamu bisa melakukan olahraga sendirian atau bersama teman. Olahraga juga mampu membuat pikiran kamu tetap positif.

2. Belajar

7 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Saat jadi Pengangguran, Yuk ProduktifIlustrasi sedang belajar (unsplash.com/Green Chameleon)

Hidup tak pernah berhenti untuk belajar. Maka dari itu, saat status kamu menjadi pengangguran, lebih baik kamu banyak belajar hal-hal baru. Kamu bisa belajar dengan berlatih soal, menonton YouTube, ataupun kelas online.

Pilihlah sesuatu yang memang kamu suka atau minati. Ada banyak hal yang bisa kamu pelajari untuk mempersiapkan ke dunia kerja yang baru. Jangan sia-siakan waktu untuk hal-hal yang tidak berguna.

3. Ikut webinar

7 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Saat jadi Pengangguran, Yuk ProduktifIlustrasi sedang zoom meeting (unsplash.com/ LinkedIn Sales Solutions)

Webinar merupakan salah satu kegiatan yang tidak boleh kamu lewatkan saat menjadi pengangguran. Karena, kegiatan ini memiliki banyak sekali manfaat. Kamu bisa mendapatkan ilmu secara gratis, teman baru, bahkan mendapatkan ide baru.

Banyak sekali webinar gratis yang bisa kamu ikuti. Kamu bisa mencari webinar-webinar itu di media sosial. Ikutlah webinar yang sesuai dengan minat kamu. Siapa tahu, ilmu yang kamu dapatkan saat webinar akan berguna di masa mendatang. 

Baca Juga: 5 Pengeluaran yang Harus Tetap Dibiayai selama Kamu Menganggur

4. Ikut pelatihan

7 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Saat jadi Pengangguran, Yuk ProduktifIlustrasi online class (unsplash.com/LinkedIn Sales Solutions)

Zaman yang semakin berkembang membuat teknologi semakin maju dan daya saing semakin ketat. Nah, buat kamu yang masih menganggur, tidak ada salahnya untuk ikut pelatihan atau kursus demi meningkatkan value.

Semakin berkualitasnya diri kamu, maka semakin besar peluang kamu di terima di lingkungan kerja yang baik. Banyak-banyaklah ikut pelatihan untuk bekal di dunia kerja yang akan kamu lakoni. Ingat, ikutlah pelatihan yang sesuai dengan minat, ya.

5. Magang

7 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Saat jadi Pengangguran, Yuk ProduktifIlustrasi orang di depan laptop (unsplash.com/Headway)

Banyak perusahaan-perusahaan atau start-up yang membuka kesempatan banyak orang untuk magang. Kamu tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan itu. Kenapa harus magang? Karena, magang akan memberikan pengalaman kerja yang nyata. Kamu akan dibimbing dan diberi ilmu secara cuma-cuma. Terlebih lagi, ada beberapa perusahaan yang membayar peserta magangnya.

Kegiatan ini sangat cocok untuk kamu lakukan di saat sedang menganggur. Kamu bisa mencari kesempatan magang di media sosial atau search engine. Saat magang, kamu juga bisa mengikuti course yang diadakan perusahaan itu secara gratis. Bagaimana? Apa kamu tertarik?

6. Membaca buku

7 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Saat jadi Pengangguran, Yuk ProduktifIlustrasi orang membaca buku (unsplash.com/Masjid Pogung Dalangan)

Buku adalah jendela dunia

Kalimat itu menyadarkan banyak orang bahwa membaca buku merupakan suatu cara untuk membuka jendela dimana kita bisa mengetahui lebih tentang dunia yang belum pernah kita tahu sebelumnya. Tidak ada batasan untuk membaca dan tidak ada aturan buku apa yang kamu baca.

Daripada hanya tidur-tiduran saja, lebih baik kamu mengisi waktu menganggur dengan membaca buku. Bacalah buku apa saja sesuai dengan apa yang kamu sukai. Jika tak memiliki uang untuk membeli buku, kamu bisa membaca e-book yang disediakan gratis di beberapa situs-situs internet. Tidak ada halangan untuk tidak membaca buku. 

7. Aktif mencari pekerjaan

7 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Saat jadi Pengangguran, Yuk ProduktifIlustrasi orang di depan laptop (unsplash.com/Christin Hume)

Nah, buat para pengangguran, jangan sampai lupa dengan satu hal ini. Meskipun kamu sibuk ikut webinar, kursus, ataupun melakukan hal-hal baru, kamu jangan sampai lupa untuk aktif mencari kerja.

Kamu bisa mencari kerja di beberapa platform internet. Banyak sekali platform-platform yang menyediakan lowongan pekerjaan. Sambil mencari-cari kerja, kamu juga bisa memperbaiki CV dan portofolio kamu.

Itulah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan saat jadi pengangguran. Jangan lupa untuk berdoa dan berusaha di setiap langkah kamu. Percayalah, bahwa semua yang kamu lakukan, tidak akan sia-sia.

Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan membantu kamu. Ingat, jika sedang menjadi pengangguran, kamu harus mengisi hari-harimu dengan suatu kegiatan yang bermanfaat. Jangan buang waktumu secara sia-sia. 

Baca Juga: 5 Tips Ini Bantu Kamu Lalui Masa Sulit saat Nganggur

Eka Rahmawati Photo Verified Writer Eka Rahmawati

From nothing to be something

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya