Comscore Tracker

Kuasai 5 Kemampuan Dasar Ini jika Kamu Ingin Menjadi Seorang Penulis

Mana saja kemampuan yang sudah kamu miliki?

Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak pula portal media atau platform menulis yang menyuguhkan berbagai jenis tulisan. Melihat dari kenyataan ini, banyak orang yang ingin menjadi penulis. Ya, profesi satu ini semakin banyak dilirik oleh berbagai kalangan.

Namun, penulis tak hanya sekedar menulis. Kamu harus memiliki kemampuan tertentu agar bisa menghasilkan tulisan yang berkualitas dan banyak disukai pembaca. Satu hal ini menjadi PR yang tidak mudah bagi para penulis pemula. Jika kamu ingin menjadi penulis, yuk, simak ulasan tentang kemampuan dasar yang harus dimiiki bagi calon menulis di bawah ini.

 1. Komunikasi yang baik 

Kuasai 5 Kemampuan Dasar Ini jika Kamu Ingin Menjadi Seorang PenulisIlustrasi mengobrol (unsplash.com/Brooke Cagle)

Menulis itu tentang merangkai kata yang tepat sehingga enak dibaca. Hal ini bertujuan agar pembaca mudah memahami dan mengerti apa yang kita tulis. Tentunya, kamu harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik agar apa yang kamu sampaikan bisa dimengerti oleh pembaca.

Apa jadinya kalau kamu tidak memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik? Tentunya pembaca akan bingung dengan apa yang kamu tulis. Bahkan, jika tulisanmu sulit dimengerti, pembaca akan dengan sangat mudah meninggalkan tulisan kamu.

 2. Creative thinking 

Kuasai 5 Kemampuan Dasar Ini jika Kamu Ingin Menjadi Seorang PenulisIlustrasi orang sedang berpikir (unsplash.com/Magnet.me)

Dalam hal apapun, kita pastinya perlu berpikir kreatif. Bagi seorang penulis, kemampuan berpikir kreatif ini sangat penting dimiliki. Kenapa harus bisa berpikir kreatif? Agar kamu bisa mencari kata yang tepat untuk digunakan dalam tulisan kamu sehinga lebih bervariasi.

Tak hanya soal pemilihan kata, berpikir kreatif juga sangat diperlukan dalam hal mencari ide tulisan. Siapa nih yang suka bingung mencari ide tulisan? Nah, dengan memiliki kemampuan creative thinking, tentunya kamu tidak akan kesulitan lagi dalam hal mencari ide atau topik tulisan.

Baca Juga: 5 Catatan Penting untuk Penulis Pemula agar Gak Gampang Menyerah

3. Riset

Kuasai 5 Kemampuan Dasar Ini jika Kamu Ingin Menjadi Seorang PenulisIlustrasi orang sedang membaca buku (unsplash.com/Anita Jankovic)

Riset menjadi hal yang wajib bagi seorang penulis. Apapun tulisannya, kamu pasti butuh riset untuk mendukung apa yang kamu tulis. Riset juga sangat penting agar tulisan kamu informatif dan terbukti kebenarannya.

Jika kamu menulis suatu topik yang mendalam, tentunya kamu membutuhkan riset yang mendalam juga. Selain itu, melakukan riset juga akan menambah wawasan kamu sehingga tulisan kamu lebih berkualitas.

4. Manajemen waktu 

Kuasai 5 Kemampuan Dasar Ini jika Kamu Ingin Menjadi Seorang PenulisIlustrasi jam tangan (unsplash.com/Luke Chesser)

Siapa, nih, yang masih susah mengatur waktu? Nah, jika kamu ingin menjadi penulis, kamu wajib untuk bisa mengatur waktu. Dalam dunia menulis, tentunya ada deadine yang harus kamu kejar. Maka dari itu, kamu harus bisa mengatur waktu dengan baik.

Tidak hanya soal deadline, kemampuan mengatur waktu juga akan meningkatkan skill menulis kamu. Penulis harus bisa mengatur waktu dimana harus membuat jadwal menulis. Dengan begitu, kamu bisa konsisten dalam hal menulis.

 5. Berpikir kritis 

Kuasai 5 Kemampuan Dasar Ini jika Kamu Ingin Menjadi Seorang PenulisIlustrasi orang sedang berpikir (unsplash.com/ Tim Gouw)

Selain dituntut untuk berpikir kreatif, kamu juga harus bisa berpikir kritis. Saat menulis, tentunya kau akan dihadapkan dengan topik yang familiar. Nah, dari sini kemampuan berpikir kritis kamu akan di uji.

Kamu harus mencari tahu dengan teliti terkait topik yang kamu tulis. Dengan berpikir kritis, kamu juga bisa menghasilkan sebuah tulisan yang informatif dan sistematis.

Kemampuan-kemampuan diatas tentunya tidak bisa kamu dapatkan secara instan. Kamu perlu belajar dan berlatih setiap hari. Lakukan dengan baik agar kemampuan menulis kamu meningkat seiring berjalannya waktu.

Baca Juga: 5 Manfaat Mengikuti Perkembangan Informasi Media Sosial bagi Penulis

Eka Rahmawati Photo Verified Writer Eka Rahmawati

From nothing to be something

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya