Comscore Tracker

6 Cara Bangkitkan Percaya Diri Setelah Hilang Pekerjaan akibat Pandemi

Kamu pasti bisa

Dampak pandemi Covid-19 cuku terasa di sektor ekonomi dan bisnis. Banyak perusahaan yang akhirnya terpaksa melakukan perampingan karyawan dengan pemutusan hubungan kerja atau PHK untuk menghindari terjadinya krisis finansial.

Jika kamu termasuk salah satu yang kehilangan pekerjaan, kondisi ini mungkin dapat mempengaruhi rasa percaya dirimu, terutama dalam mendapatkan pekerjaan baru. Hal ini sangat wajar, tapi jangan sampai dibiarkan berlarut-larut. Yuk, mulai bangkitkan lagi rasa percaya diri dengan cara-cara berikut.

1. Memahami dan menerima keadaanmu saat ini

6 Cara Bangkitkan Percaya Diri Setelah Hilang Pekerjaan akibat Pandemipexels.com/@freestocks

Untuk dapat membangkitkan rasa percaya diri, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memahami dan menerima keadaan. Pahami secara sadar bahwa keadaan ini benar dan wajar terjadi.

Sedih, stres, atau ingin menyerah, silakan hadapi perasaanmu dan luapkan lewat hal-hal positif seperti olahraga. Cara ini akan membantu dirimu mengeluarkan energi negatif dan menggantinya dengan energi positif, sehingga kamu akan merasa lebih baik, stabil, dan siap membuka lembaran kehidupan baru.

2. Tetap jaga rutinitas harian

6 Cara Bangkitkan Percaya Diri Setelah Hilang Pekerjaan akibat Pandemiunsplash.com/@the5th

Kehilangan pekerjaan bukan berarti kamu juga kehilangan rutinitas sehari-hari. Tetap jaga ritme hidupmu seperti biasa. Bangun pagi, makan teratur, beraktivitas, dan tidur tepat waktu.

Menjaga rutinitas ini dapat membantumu untuk lebih produktif dan berpikiran positif. Tidak punya pekerjaan bukan berarti setiap hari bermalas-malasan, kan?

3. Anggarkan keuanganmu selama beberapa bulan ke depan

6 Cara Bangkitkan Percaya Diri Setelah Hilang Pekerjaan akibat Pandemipexels.com/@vlada-karpovich

Selama masa mencari pekerjaan baru, penting bagimu untuk mengatur keuangan sebaik-baiknya dengan uang pesangon dan tabungan yang kamu miliki. Hal ini dimaksudkan supaya keadaan finansialmu dapat tetap stabil, terlebih di masa pandemi seperti ini.  

Sebisa mungkin anggarkan keuanganmu minimal untuk 3 bulan ke depan, karena biasanya proses rekrutmen pekerjaan memakan waktu kurang lebih selama itu. Gunakan uangmu secara efisien dan perlahan kurangi pengeluaran yang tidak perlu.

Baca Juga: 7 Cara Membangkitkan Suasana Hati Biar Gak Berantakan Saat Bangun Pagi

4. Rancang rencana pencarian kerja

6 Cara Bangkitkan Percaya Diri Setelah Hilang Pekerjaan akibat Pandemipexels.com/@vlada-karpovich

Setelah emosimu cukup stabil dan anggaran keuangan selesai, saatnya merancang rencana dalam mencari kerja. Kamu bisa mulai dari merapikan CV, menyiapkan berkas-berkas penting, seperti surat rekomendasi kerja dan portofolio, serta memperbarui status di situs pencarian kerja.

Langkah berikutnya, susun prioritas pekerjaan dan perusahaan yang akan kamu lamar. Mulai dari kesesuaian kualifikasi, reputasi perusahaan, gaji, hingga jarak tempuh antara rumah dan kantor. Tentukan juga waktu khusus setiap harinya untuk fokus mencari kerja, ya.

5. Mengisi waktu dengan menekuni hobi dan keterampilan

6 Cara Bangkitkan Percaya Diri Setelah Hilang Pekerjaan akibat Pandemipexels.com/@olly

Selain mencari pekerjaan, isilah waktumu dengan menekuni hobi dan keterampilan; boleh hobi lama ataupun hobi baru. Pokoknya, sesuatu yang produktif dan membuatmu senang melakukannya.

Lakukan hobi ini secara rutin setiap hari supaya kamu tetap beraktivitas. Siapa tau dari hobi ini kamu juga bisa menghasilkan uang. Lumayan banget!

6. Jangan ragu untuk berdiskusi dengan orang terdekat

6 Cara Bangkitkan Percaya Diri Setelah Hilang Pekerjaan akibat Pandemipexels.com/@mentatdgt

Kehilangan pekerjaan mungkin saja membuatmu malu untuk berinteraksi dengan orang lain. Namun, sebaiknya pikiran tersebut jangan dibiarkan. Berinteraksi dan berdiskusi dengan orang lain, terutama orang terdekat, justru dapat membantumu lebih mudah melewati kondisi ini.

Mulai beranikan diri bercerita mengenai apa yang kamu rasakan dan kesulitan apa yang kamu hadapi dalam mencari kerja di masa pandemi Covid-19. Buka kesempatan berdiskusi untuk mendapatkan perspektif baru, meningkatkan kepercayaan diri, dan mungkin saja informasi baru mengenai lowongan pekerjaan untukmu.

Kondisi ini pasti berat sekali untuk kamu lewati. Tapi percayalah, di saat kamu mulai berpikiran positif, rasa percaya dirimu akan bangkit kembali dan pintu kesempatan kerja semakin banyak terbuka. Semangat terus!

Baca Juga: 10 Quotes Cinta hingga Kata Motivasi Layak untuk Status Media Sosial

Topic:

  • Rahmadianti Cynthia Pratiwi
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya