Comscore Tracker

5 Cara Bangkit dari Rasa Putus Asa yang Mulai Mendera

Perjuangan yang telah dilalui jangan sampai sia-sia

Tidak semua manusia menjalani tujuan hidup yang telah dirancangnya hingga akhir. Banyak individu yang merasa semua usaha dan pengorbanan yang telah dikerahkan hanya berakhir sia-sia.

Pada akhirnya, mereka berpikir untuk mundur dan menyerah. Jika mulai merasakannya, kamu harus mulai memikirkan cara supaya rasa putus asa itu pergi. Nah, berikut beberapa cara yang bisa kamu renungkan ketika merasa putus asa untuk mulai kembali berjuang!

1. Terus meminta kemudahan kepada Tuhan

5 Cara Bangkit dari Rasa Putus Asa yang Mulai Menderahellosehat.com

Mendekatkan diri kepada Sang Pencipta merupakan langkah utama yang harus kamu miliki dalam memperjuangkan hidupmu. Poin ini harus menjadi pegangan hidup sebelum menerapkan hal-hal lain yang juga kamu butuhkan.

Teruslah memohon kemudahan saat kamu mulai berusaha. Sehingga, saat merasa berada di titik terendah, kamu tidak akan merasa sendiri. Itu karena kamu masih memiliki Dia untuk berserah diri. 

2. Mengingat perjuangan yang telah dilalui

5 Cara Bangkit dari Rasa Putus Asa yang Mulai Menderaunsplash.com/Christian Erfurt

Mengalami kegagalan di tengah perjuangan bukanlah suatu hal yang salah. Namun, sebagian orang memutuskan untuk mengakhiri perjuangan karena satu kali mengalami kegagalan.

Jika kamu berada di titik ini, mulailah kembali perjuanganmu dengan menoleh ke belakang. Lihat seberapa jauh perjuangan dan pengorbanan yang telah kamu lakukan. Jangan buat itu semua sia-sia hanya karena rasa putus asa yang sebenarnya masih bisa kamu atasi.

Baca Juga: Jangan Putus Asa, Ingat 5 Hal Penting Ini Saat Kamu Gagal SNMPTN

3. Mengingat orang-orang yang telah mendukungmu selama ini

5 Cara Bangkit dari Rasa Putus Asa yang Mulai MenderaPexels/rawpixel.com

Selain pengorbanan waktu, tenaga, dan materi, pasti banyak orang yang juga turut mendukung perjuangan hidupmu hingga sampai ke titik ini. Ketika kamu berpikir untuk menyerah, jadikanlah mereka motivasi untuk melanjutkan perjuanganmu.

Pikirkan mereka yang turut peduli pada tujuan hidupmu. Bayangkan kebahagiaan yang bisa kamu berikan kepada mereka ketika kamu sukses nanti.

4. Istirahatkan diri sejenak

5 Cara Bangkit dari Rasa Putus Asa yang Mulai Menderapixabay.com/5688709

Memberi jeda pada diri sendiri merupakan sebuah kebutuhan. Sayangi dirimu dengan memberi waktu istirahat, baik fisik maupun mentalmu. Perjuangan panjang yang membuatmu lelah bisa kamu bayar dengan mengistirahatkan diri dan melakukan hal-hal menyenangkan.

Temui teman-teman terbaikmu untuk bercerita atau beri kesempatan pada diri sendiri untuk rileks. Dengan begitu, kamu bisa melanjutkan perjuanganmu selanjutnya dengan tubuh dan pikiran yang lebih segar.

5. Pilih lingkungan yang positif

5 Cara Bangkit dari Rasa Putus Asa yang Mulai Menderaunsplash.com/Helena Lopes

Salah satu faktor yang memengaruhi kualitas hidupmu adalah lingkungan sekitar, terutama orang-orang yang berada di sekitarmu setiap hari. Sangat penting bagimu untuk memilih lingkungan yang positif karena lingkungan yang positif akan membawa kenyamanan juga aura yang positif bagi orang-orang yang berada di dalamnya.

Lingkungan seperti ini menjadi paket lengkap yang akan mendukungmu bangkit dari keputusasaan.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu renungkan sebelum menuruti rasa putus asa yang muncul dalam diri. Selamat berjuang!

Baca Juga: Jangan Putus Asa, Lakukan 5 Hal Ini Sambil Menunggu Wawancara

Rahmalia Nurida Photo Verified Writer Rahmalia Nurida

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya