Comscore Tracker

5 Pelajaran Penting dari KDrama Bertema Pembalasan Dendam 

Dendam hanya akan melukai perasaanmu nih!

Korea Selatan memang gudangnya drama dengan banyak tema yang menarik. Salah satunya adalah drama bertema pembalasan dendam. Drama yang biasanya dikemas menarik dengan intrik action dan sentuhan thriller tersebut sukses merebut perhatian penonton. Bahkan tak jarang drama bertema serupa tersebut berhasil menguasai rating di slot penayangannya. 

Namun, tak hanya sekadar sebagai tontonan belaka saja, drama bertema pembalasan dendam ini memberikan banyak pembelajaran menarik untuk ditonton. Berikut ini 5 pelajaran penting yang bisa di ambil dari KDrama bertema pembalasan dendam.

1. Dendam hanya akan membuat perasaanmu tak tenang

5 Pelajaran Penting dari KDrama Bertema Pembalasan Dendam M.imdb.com

Dalam drama, sang tokoh utama yang memiliki pengalaman hidup yang pahit entah itu dikhianati oleh seseorang atau kehidupannya dihancurkan seseorang selalu akan berpikir untuk membalaskan dendamnya. Dan hal itu hanya akan membuat perasaannya tidak tenang bahkan sampai kapan pun sampai rasa dendamnya dapat terbalaskan. 

2. Kamu akan melukai hati banyak orang, termasuk orang yang kamu sayangi

5 Pelajaran Penting dari KDrama Bertema Pembalasan Dendam Forums.soompi.com

Rasa dendam yang menumpuk di dalam hati seseorang terkadang hanya akan melukai hati banyak orang termasuk orang yang kamu sayangi. Dalam drama, tokoh utama yang telah menabung genderang perang dengan si tokoh antagonis harus bersiap diri untuk kehilangan orang-orang yang mereka cintai. Entah itu dibunuh atau dihancurkan kehidupan pribadinya seperti karier dan kebahagiaan mereka. 

Baca Juga: 7 Film Tentang Balas Dendam Terbaik yang Wajib Kamu Tonton!

3. Terkadang, dendam malah membuatmu semakin hancur

5 Pelajaran Penting dari KDrama Bertema Pembalasan Dendam M.imdb.com

Tak jarang, dendam yang kamu simpan di dalam hatimu hanya akan menghancurkanmu. Seperti tokoh dalam drama Doctor Stranger. Tokoh dokter Han Jae Joon yang diperankan sangat apik oleh Park Hae Jin memiliki dendam masa lalu pada direktur rumah sakit. Saat itu, ibu dokter Han menjadi korban malpraktik di rumah sakit tersebut.

Dan sejak saat itu, dokter Han bertekad membalaskan dendamnya pada direktur rumah sakit dengan menjadikan sang anak, dokter Oh Soo Hyun sebagai kekasih. Namun rencananya tidak berjalan mulus. Ia bahkan tak mendapatkan apa pun lewat rencananya. Cinta tak dapat diraih dan dendam tak dapat terbalaskan. 

4. Balas dendam terbaik adalah dengan kemampuan, bukan dengan amarah

5 Pelajaran Penting dari KDrama Bertema Pembalasan Dendam M.imdb.com

Gak melulu mengenai hal negatif nih, balas dendam yang paling baik yang disajikan dalam drama juga mengenai hal positif kok. Salah satunya dengan menunjukkan kemampuan kita terhadap orang lain yang telah menghancurkan kehidupan kita.

Kita cukup menunjukkan segala kemampuan kita misalnya dengan prestasi padanya tanpa amarah yang pada akhirnya hanya akan menyakiti banyak orang termasuk orang yang kamu sayangi. Tunjukkan pada orang yang telah menghancurkan kehidupan kita bahwa kita dapat bangkit dari keterpurukan hidup di masa lalu. 

5. Pada akhirnya kamu harus memilih antara dendam dan cinta

5 Pelajaran Penting dari KDrama Bertema Pembalasan Dendam M.imdb.com

Dendam tak hanya akan membuat hatimu terasa sakit. Namun dendam sering kali membuatmu menyakiti hati orang yang kamu sayangi. Sering kali dalam drama, tokoh utama yang menyimpan dendam di hatinya ingin membalas dendam lewat tokoh orang yang disayangi oleh orang yang telah menghancurkan kehidupan mereka.

Misalnya pada anak perempuan mereka. Namun pada akhirnya, sang tokoh utama malah berada dalam dilema antara membalaskan dendam atau memperjuangkan cinta sejati mereka. It's so difficult!

Nah, sudah pada baca kan 5 pelajaran penting dari KDrama dengan tema pembalasan dendam tersebut. Semoga kita semua dapat mengambil pembelajarannya, ya. 

Baca Juga: Review Film Rambo: Last Blood, Balas Dendam Untuk Orang Tercinta

Gunawan Wibi Photo Community Writer Gunawan Wibi

Never give up. Always happy.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You