Comscore Tracker

5 Faktor Pendorong Pemulihan Pecandu Narkoba

Pecandu narkoba yang ingin sembuh harus dibantu

Pecandu narkoba seringkali dianggap sebagai orang yang menyimpang. Meskipun pada kenyataannya memang hal tersebut benar, orang-orang tak bisa menghakiminya begitu saja.

Alangkah baiknya untuk bersama-sama memberikan jalan bagi mereka agar sembuh dari sikap kecanduannya. Mengarahkan mereka untuk menjalankan rehabilitasi sudah merupakan dukungan yang berarti. Lalu apa yang mendasari mereka untuk bisa sembuh? Berikut adalah beberapa faktor pendukungnya.

1. Resiliensi selama masa rehabilitasi

5 Faktor Pendorong Pemulihan Pecandu Narkobailustrasi resiliensi (pexels.com/Ann H)

Resiliensi merupakan suatu keadaan dimana individu sanggup untuk bounce back atau bangkit kembali pada kondisi semula setelah menghadapi kejadian yang menekan. Resiliensi pada pasien rehabilitasi narkoba memiliki pengaruh tinggi meningkatkan kesembuhan pada pasien.

Resiliensi menjadikan individu mampu bertahan, bangkit, dan menyesuaikan dengan kondisi sulit, khususnya pada pasien rehabilitasi adalah jeratan narkoba. Dengan adanya resiliensi yang dimiliki individu inilah yang akan memengaruhi keberhasilan dalam adaptasi pada situasi yang penuh tekanan yang penuh resiko, misalnya adalah kambuh. Selain itu, juga membantu individu untuk mampu memecahkan masalahnya.

2. Dukungan keluarga

5 Faktor Pendorong Pemulihan Pecandu Narkobailustrasi keluarga (pexels.com/Nicole Michalou)

Pasien rehabilitasi narkoba sangat membutuhkan dukungan dari orang-orang terdekat untuk lepas dari jeratannya, khususnya adalah keluarga. Dukungan keluarga dalam membangun motivasi dari segi fisik dan psikis dapat sangat membantu pasien, alih-alih langsung menghakimi. 

Sebagai pendukung utama, keluarga memberikan peranan dan dampak yang langsung dirasakan oleh pasien. Saat dukungan dari kelurga tidak ada, maka keberhasilan pemulihan juga tergolong cukup rendah.

3. Copping effort dalam diri pecandu narkoba

5 Faktor Pendorong Pemulihan Pecandu Narkobailustrasi pecandu narkoba (pexels.com/MART PRODUCTION)

Upaya coping yang terdiri dari manajemen masalah dan pengaturan emosi akan sangat penting dalam menolong dan menyelamatkan pengguna narkoba dari kecanduannya. Coping effort adalah proses yang dilakukan oleh penyalahguna narkoba jenis jarum suntik untuk berusaha menangani situasi dirinya akibat kecanduan, diantaranya melakukan perubahan kognitif dan tingkah laku agar merasa aman.

Manajemen masalah bisa diartikan dengan upaya menghadapi stressor melalui penyelesaian masalah dan pencarian informasi. Adapun pengaturan emosi merupakan respon dari emosi saat ditekan oleh stress. Strategi yang bisa digunakan dalam coping berbasis emosi ini adalah mencari dukungan sosial dan menolak kondisi suatu masalah.

Baca Juga: Tak Lagi Dipenjara, Pecandu Narkoba di Banten Akan Direhab 

4. Dukungan sosial

5 Faktor Pendorong Pemulihan Pecandu Narkobailustrasi hubungan sosial (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Proses penyembuhan pasien rehabilitasi narkoba membutuhkan motivasi diri serta perkembangan jiwa menurut keyakinannya. Kesadaran individu pada keberagaman bisa mencegahnya untuk tidak melakukan perbuatan yang dilarang undang-undang dan keyakinan yang dianutnya, termasuk narkoba.

Oleh sebab itu, individu yang menyalahgunakan narkoba membutuhkan kenyamanan dari lingkungan sosialnya.  Dukungan sosial sangat berarti dalam proses pembentukan motivasinya untuk sembuh sehingga keberartian dalam hidup akan ditemukan kembali.

5. Sikap optimisme

5 Faktor Pendorong Pemulihan Pecandu Narkobailustrasi orang optimis (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bisa disebut menjadi faktor paling besar, sikap optimisme individu untuk mencapai kesembuhan pada pasien rehabilitasi narkoba akan memberinya kekuatan. Melalui kekuatan tersebut membantu mensugesti pikirannya tentang kegagalan hingga ketidak berdayaan. Pengubahan pola pikir yang pesimis menjadi optimis akan mengajarkan individu untuk terus tumbuh, termasuk keluar dari zona pecandu narkoba.

Seorang pencandu narkoba yang menjadi pasien rehabilitasi tak bisa sembuh tanpa dukungan dari banyak pihak. Disamping itu, keyakinan dirinya dalam menyikapi masalah yang menjerat amat sangat berperan dalam proses penyembuhan. Oleh karena itu, perhatian khusus dari segi jasmani, rohani dan, psikis sangat dibutuhkan.

Baca Juga: 10 Film Pengedar dan Pecandu Narkoba, Penuh Aksi Menegangkan!

Indrawati R Photo Verified Writer Indrawati R

Thank you!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya