Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kamu Tak Perlu Berkecil Hati terhadap Kemampuan Diri

Selama terus berusaha, kamu akan menemukan keberhasilan

Ada kalanya manusia merasa dirinya begitu kecil, terutama ketika melihat satu per satu orang di sekitarnya mulai berhasil meraih kesuksesan. Dia telah lama menunggu waktu menggembirakan itu datang, tetapi ternyata tak kunjung ditemui.

Sebenarnya, mengalami fase yang sulit dalam kehidupan adalah sebuah hal yang sangat wajar. Itu merupakan bagian dari proses pengembangan kemampuan diri. Oleh sebab itu, tidak perlu berkecil hati karena berbagai alasan berikut ini.

1. Setiap orang punya keunikan tersendiri

5 Alasan Mengapa Kamu Tak Perlu Berkecil Hati terhadap Kemampuan Diriilustrasi fokus belajar (pexels.com/Sam Lion)

Seseorang sering kali merasa dirinya tidak ada apa-apanya bila dibandingkan dengan orang lain yang terlihat hebat. Dia seolah hanya bisa jadi si lemah yang harus berpuas hati menonton kesuksesan orang lain.

Pikiran seperti ini harus segera diubah karena sangat berbahaya. Ketahuilah, setiap orang dianugerahi dengan keunikan masing-masing. Nah, dari pada kamu sibuk mengejar mimpi orang lain, lebih baik kembangkan bakat yang ada padamu. Asah hingga jadi mahir dan kamu juga akan menuai keberhasilan suatu saat nanti.

2. Semua yang ahli pernah menjadi pemula

5 Alasan Mengapa Kamu Tak Perlu Berkecil Hati terhadap Kemampuan Diriilustrasi pengusaha food truck (pexels.com/Kampus Production)

Terlalu sering mengalami kegagalan saat sedang mengupayakan sesuatu bisa menyebabkan seseorang jadi berkecil hati. Dia merasa bahwa dirinya tidak cukup pandai untuk bisa mewujudkan impian besarnya tersebut.

Bila kamu sedang berada di fase seperti ini, selalu ingat bahwa setiap orang yang sekarang jadi ahli di bidang masing-masing juga dulunya pernah menjadi seorang pemula. Mereka juga dulu sering jatuh, tetapi tetap memilih untuk bangkit lagi dan terus mencoba hingga akhirnya mencapai keberhasilan.

Baca Juga: 5 Keuntungan Percaya pada Kemampuan Diri, Jadi Tak Merepotkan Orang!

3. Rasa berkecil hati dapat menutup banyak kesempatan untuk berkembang

5 Alasan Mengapa Kamu Tak Perlu Berkecil Hati terhadap Kemampuan Diriilustrasi seseorang yang merasa sedih (pexels.com/MART PRODUCTION)

Ketika seseorang selalu berkecil hati atas segala sesuatu, di saat yang sama dia telah menutup banyak kesempatan untuk mengembangkan diri. Bagaimana tidak, belum mencoba saja dia sudah takut akan mengalami kegagalan.

Sebaiknya, segera hilangkan kekhawatiran semacam itu. Mulailah untuk memupuk keberanian diri dan ambillah berbagai kesempatan yang datang. Dengan begini, perlahan tetapi pasti, kemampuan dirimu bisa semakin berkembang.

4. Orang yang merendahkan dirimu belum tentu lebih baik

5 Alasan Mengapa Kamu Tak Perlu Berkecil Hati terhadap Kemampuan Diriilustrasi bergosip (pexels.com/Felicity Tai)

Salah satu penyebab datangnya rasa minder juga bisa berasal dari perkataan orang lain yang merendahkanmu. Sebenarnya kamu punya potensi, tetapi tidak cukup percaya diri, sehingga pikiranmu jadi terbawa untuk mempercayai hal negatif yang mereka katakan.

Kamu harus tahu bahwa orang yang bertindak demikian sebenarnya belum tentu lebih baik dari dirimu. Mereka seperti itu justru karena merasa tidak memiliki kualitas yang bagus, sehingga mencari sasaran untuk direndahkan agar dirinya terlihat lebih baik.

Oleh sebab itu, cukup biarkan seluruh kata-kata bernada negatif itu lewat di telinga, tidak perlu diendapkan di kepala. Besarkan hatimu dan teruslah bergerak maju!

5. Bila berhenti berusaha, maka tidak ada peluang untuk upgrade diri

5 Alasan Mengapa Kamu Tak Perlu Berkecil Hati terhadap Kemampuan Diriilustrasi belajar bersama (pexels.com/Armin Rimoldi)

Tidak dapat dimungkiri bahwa ketika mengalami kegagalan, hati seseorang jadi merasa kecil. Dia akan takut untuk mencoba lagi, sehingga justru tidak akan bisa keluar dari kondisi yang kurang menguntungkan.

Oleh karena itu, jangan takut untuk tetap mencoba melakukan yang terbaik. Bila satu kesempatan tidak berhasil diraih, ambillah peluang yang lain. Dengan begini, kamu akan terus upgrade diri menjadi lebih baik dan tidak lagi sering merasa berkecil hati.

Merasa berkecil hati adalah salah satu kelemahan yang dimiliki oleh seorang manusia. Namun, jangan biarkan perasaan itu tumbuh subur karena dapat menghalangi diri untuk jadi lebih baik. Mulai sekarang, jadi lebih berani dan percaya diri, yuk!

Baca Juga: 6 Kemampuan Diri yang Penting Dimiliki, tapi Kerap Dilupakan

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya