Comscore Tracker

6 Hal Bermanfaat yang Bisa Dilakukan untuk Mengisi Momen Ramadan

Waktu yang tepat untuk memperbaiki diri, nih!

Bulan Suci Ramadan adalah waktu yang selalu ditunggu kehadirannya oleh umat Islam di seluruh dunia. Suasana damai, ibadah salat Tarawih, dan beragam ciri khas Ramadan menjadi hal yang paling dirindukan.

Karena hanya datang setahun sekali, maka jangan sampai melewatkan momen penting tersebut. Gunakanlah setiap waktu yang kamu miliki untuk melakukan berbagai hal bermanfaat sebagai berikut.

1. Memperbaiki kualitas ibadah

6 Hal Bermanfaat yang Bisa Dilakukan untuk Mengisi Momen Ramadanilustrasi seseorang sedang membaca Al Quran (pexels.com/Abdullah Ghatasheh)

Bulan suci Ramadan adalah waktu di mana Allah SWT membagikan banyak “bonus” kepada umatnya. Pahala ibadah di bulan ini jauh berlipat ganda dibanding pahala ibadah di bulan-bulan lainnya, sehingga momen penting ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Tingkatkan kualitas ibadahmu. Perbaiki salat menjadi sesempurna mungkin. Bila biasanya kamu membaca Al-Quran, kini upayakan untuk juga mempelajari arti setiap ayatnya. Perbayak sedekah agar harta semakin berkah dan tentu sekalian membantu sesama.

Namun, jangan sampai salah niat mencari pahala yang banyak. Luruskan niat hanya untuk mendapat keridaannya, sehingga ibadah dapat dijalankan dengan ikhlas.

2. Belajar membentuk kedisiplinan diri

6 Hal Bermanfaat yang Bisa Dilakukan untuk Mengisi Momen Ramadanilustrasi belajar (pexels.com/RODNAE Productions)

Puasa adalah waktu yang baik untuk melatih kedisiplinan diri. Mulai dari bangun pagi untuk sahur hingga menjelang berbuka puasa, semua memiliki jadwal masing-masing yang harus ditaati.

Oleh sebab itu, manfaatkan momen ini untuk terus melatih diri melakukan segala hal tepat waktu. Kebiasaan baik yang telah terbentuk jangan langsung dihilangkan begitu selesai Ramadan. Terus pertahankan sikap disiplin untuk kehidupan sehari-hari agar kualitas dirimu meningkat.

Baca Juga: Ucapan Ramadan Kareem atau Ramadan Mubarak, Mana yang Tepat?

3. Meningkatkan keterampilan masak

6 Hal Bermanfaat yang Bisa Dilakukan untuk Mengisi Momen Ramadanilustrasi seseorang yang sedang memasak (pexels.com/cottonbro)

Ada satu ciri khas Ramadan yang selalu ditunggu, yaitu munculnya berbagai varian takjil. Mulai dari minuman segar hingga makanan ringan jenis apa pun bisa ditemukan. Semua tampak sangat lezat dan kamu pun jadi tidak sabar untuk mencicipi.

Namun, cobalah sesekali membuat sendiri hidangan tersebut. Kamu bisa sekalian belajar mengasah keterampilan memasak yang tentu akan berguna dalam kehidupan sehari-hari. Begitu bulan Ramadan berlalu, referensi menu masakanmu jadi meningkat pesat, deh!

4. Belajar hidup sehat

6 Hal Bermanfaat yang Bisa Dilakukan untuk Mengisi Momen Ramadanilustrasi seseorang yang sedang berbuka puasa (pexels.com/RODNAE Productions)

Tidak hanya soal ibadah, Ramadan juga menjadi waktu yang tepat untuk memperbaiki kualitas asupan nutrisi. Jika di hari-hari biasa kamu bisa makan apa saja, di saat berpuasa kamu jadi lebih berhati-hati memilih menu agar kuat menjalankan ibadah puasa seharian.

Supaya tetap bugar, kamu juga bisa melakukan olahraga ringan di waktu-waktu tertentu. Dengan demikian, kamu sudah satu langkah menuju hidup yang lebih sehat.

5. Meningkatkan level toleransi

6 Hal Bermanfaat yang Bisa Dilakukan untuk Mengisi Momen Ramadanilustrasi orang yang sedang curhat (pexels.com/mentatdgt)

Sebagaimana yang telah diketahui, Bulan Suci Ramadan merupakan momentum bagi umat Islam untuk menjalankan kewajiban ibadah puasa. Umat selain Islam atau muslim yang memiliki halangan pun tidak memiliki kewajiban berpuasa, sehingga mereka bisa tetap bisa makan dan minum kapan saja merasa butuh.

Kamu tidak boleh merasa iri apalagi ingin dihormati dengan cara melarang teman-teman non muslim atau muslim lain untuk tidak makan atau minum di depanmu yang berpuasa. Belajarlah untuk memberikan toleransi, sehingga kamu akan beribadah dengan tenang.

6. Belajar menjadi orang yang lebih sabar

6 Hal Bermanfaat yang Bisa Dilakukan untuk Mengisi Momen Ramadanilustrasi rapat (pexels.com/Cedric Fauntleroy)

Ibadah puasa bukan hanya tentang kekuatan menahan lapar dan haus. Ada hal lebih penting yang harus dipahami, yaitu menahan hawa nafsu yang lain, seperti amarah. Tidak menutup kemungkinan, kamu akan dihadapkan dengan beberapa masalah yang menguras emosi.

Namun, di sinilah ujian yang sebenarnya. Bila biasanya emosimu langsung terpancing, maka belajarlah untuk lebih sabar dan menahan diri. Memang tidak mudah, tetapi bila berhasil, kamu akan mendapat banyak manfaat dan tentunya bisa menjadi orang yang lebih baik.

Ramadan adalah bulan yang penuh kemuliaan. Jangan sampai melewatkan berbagai kebaikannya begitu saja tanpa melakukan hal-hal yang baik dan bernilai ibadah. Yuk bersiap sambut Bulan Suci Ramadan dengan sepenuh hati dan niat yang tulus untuk menjadi manusia yang lebih baik!

Baca Juga: 5 Tips Khatam Al-Quran di Bulan Ramadan, Coba, yuk!

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya