Comscore Tracker

5 Kebiasaan Penuh Manfaat yang Baiknya Segera Kamu Miliki, Gak Rugi!

Sukses membuat kualitas dirimu naik level

Setiap manusia memiliki beragam kebiasaan yang sering dilakukan saat menemukan waktu yang tepat. Kebiasaan ini, meskipun terlihat sederhana, sebenarnya sangat berpengaruh dalam pembentukan karakter seseorang bila dilakukan secara rutin.

Berdasarkan alasan tersebut, ada baiknya kamu mulai mengadopsi berbagai kebiasaan baik karena suatu hari nanti dapat membantumu untuk menaikkan kualitas diri. Lalu, apa saja yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

1. Membaca

5 Kebiasaan Penuh Manfaat yang Baiknya Segera Kamu Miliki, Gak Rugi!ilustrasi membaca ebook (pexels.com/freestocks.org)

Sudah bukan rahasia lagi bahwa rajin membaca akan menjadikanmu manusia yang berpengetahuan luas. Oleh sebab itu, adopsi kebiasaan penuh manfaat ini dalam kehidupan sehari-hari agar waktumu tidak terbuang sia-sisa oleh kegiatan yang kurang berisi.

Bawalah buku, yang bentuknya konvensional atau e-book, ke mana saja kamu pergi. Bacalah setiap kali ada waktu luang. Bila sudah terbiasa, membaca akan menjadi salah satu kegiatan paling menyenangkan yang kamu miliki.

2. Olahraga

5 Kebiasaan Penuh Manfaat yang Baiknya Segera Kamu Miliki, Gak Rugi!ilustrasi yoga (pexels.com/Antoni Shkraba)

Salah satu aktivitas penting yang membuatmu bisa hidup dengan sehat dan penuh energi adalah olahraga. Apa pun jenisnya, kegiatan ini menuntutmu untuk bergerak aktif, sehingga dapat melancarkan peredaran darah dan mencegah terkena berbagai penyakit mengerikan.

Selain itu, olahraga terbukti baik untuk membuat pikiran lebih rileks karena dalam prosesnya terjadi pelepasan endorfin, suatu neurotransmiter yang bertanggung jawab sebagai pereda rasa sakit alami dan penghasil rasa bahagia, seperti dilansir Healthline. Jadi, berolahragalah secukupnya agar mendapatkan berbagai kebaikan tersebut.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Membuatmu Merasa Tenang dan Aman meski Menjalani LDR

3. Diskusi

5 Kebiasaan Penuh Manfaat yang Baiknya Segera Kamu Miliki, Gak Rugi!ilustrasi mengobrol (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Ada topik hangat yang sering muncul di televisi atau media sosial, tetapi informasi yang kamu peroleh rasanya masih belum utuh? Kalau ada kejadian seperti ini, ada baiknya kamu membiasakan diri untuk melakukan diskusi dengan teman atau siapa saja yang dirasa punya jawaban.

Terbiasa melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang akan membantumu mendapatkan pemahaman yang bulat tentang kejadian yang berlangsung. Hasilnya, kamu tidak akan mudah menerima berita bohong alias hoaks.

Diskusi juga berguna untuk memperluas wawasan. Aktivitas ini memberikanmu fasilitas untuk mendapatkan berbagai informasi baru tentang beragam hal sehingga bisa membuatmu jauh lebih pintar.

4. Menekuni hobi

5 Kebiasaan Penuh Manfaat yang Baiknya Segera Kamu Miliki, Gak Rugi!ilustrasi aktivitas memasak (unsplash.com/Edgar Catrejon)

Kalau kamu memiliki waktu luang yang cukup banyak, ada baiknya mempertimbangkan untuk menekuni sebuah hobi. Olahraga, merajut, memasak, atau membuat sebuah kerajinan tangan, apa pun itu, bisa dilakukan untuk mengisi waktu tersebut.

Kegiatan-kegiatan semacam itu dapat membuatmu tetap produktif. Bila kamu dapat meningkatkan keterampilan ditambah sedikit dengan kreativitas, bukan tidak mungkin akan menghasilkan cuan dari hobi, lho!

5. Rajin bersedekah

5 Kebiasaan Penuh Manfaat yang Baiknya Segera Kamu Miliki, Gak Rugi!ilustrasi berbagi makanan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Kebiasaan baik yang juga sebaiknya kamu terapkan dalam hidup adalah memiliki rasa senang berbagi. Memberikan bantuan kepada siapa saja yang membutuhkan, tidak peduli sekecil apa pun nilainya, tetaplah dihitung sebagai suatu kebaikan asal selalu menyertakan keikhlasan.

Oleh sebab itu, biasakanlah untuk bersedekah. Tidak perlu memaksakan diri, cukup sesuaikan dengan kemampuanmu saat itu. Percayalah, hal kecil seperti ini dapat membuat hatimu lebih tenang dan lapang.

Memanfaatkan waktu yang dimiliki dengan melakukan beragam kebiasaan baik akan membuatmu panen kebaikan melimpah suatu saat nanti. Jadi, jangan ragu untuk rajin mengisi waktu dengan kegiatan positif karena jelas tidak ada ruginya!

Baca Juga: 10 Tantangan yang Dialami saat Berusaha Mengubah Kebiasaan Buruk

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya