Comscore Tracker

5 Cara Menjaga Konsentrasi Tetap Prima saat Bekerja dari Rumah

Tetap menghasilkan yang terbaik tanpa pergi ke mana-mana

Di zaman seperti sekarang, bekerja tidak harus dari kantor, lapangan, atau pun tempat lain. Tanpa meninggalkan rumah pun, seseorang tetap bisa menghasilkan sebuah karya luar biasa dan memiliki sumber pendapatan yang besar.

Namun, bekerja dari rumah memang punya tantangan tersendiri karena lebih banyak distraksi bila dibandingkan dengan tempat kerja konvensional. Oleh sebab itu, kamu bisa mencoba lima cara berikut agar konsentrasi tetap prima, meskipun bekerja dari rumah.

1. Awali hari dengan tepat

5 Cara Menjaga Konsentrasi Tetap Prima saat Bekerja dari Rumahilustrasi sarapan (pexels.com/Matilda Wormwood)

Selayaknya akan berangkat kerja ke luar rumah, kamu harus melakukan beberapa persiapan. Awali dengan mindset yang benar saat bangun tidur, lalu lanjutkan dengan olahraga ringan dan mandi.

Setelah itu, jangan lupa untuk sarapan karena ini penting guna menghasilkan energi yang akan digunakan untuk beragam aktivitas, termasuk bekerja. Pastikan mendapat asupan makanan bergizi agar otak bekerja dengan optimal.

Setelah semua selesai, kamu tinggal mengatur persiapan untuk bekerja di rumah. Jangan mentang-mentang tidak pergi ke luar lalu mengawali hari dengan malas, ya!

2. Tetapkan waktu yang paling sesuai denganmu

5 Cara Menjaga Konsentrasi Tetap Prima saat Bekerja dari Rumahilustrasi kerja dari rumah (pexels.com/cottonbro)

Saat berada di tempat kerja, kamu diwajibkan untuk bekerja pada waktu yang telah ditentukan. Namun, kondisi ini sedikit sulit bila diterapkan di rumah karena satu dan lain hal.

Ketika bekerja dari rumah, kamu perlu menentukan waktu yang tepat dan sesuai dengan kondisi terbaikmu. Tidak harus selalu seperti jam kantor, kamu bisa memilih bekerja jam berapa pun asalkan otak dalam kondisi terbaik.

Dengan memilih waktu sendiri, kamu akan lebih mudah untuk berkonsentrasi terhadap pekerjaan. Kamu pun dapat membuahkan hasil kerja yang baik.

Baca Juga: Cepat Gagal Fokus? Ini 5 Cara Menjaga Konsentrasi Pikiran

3. Bekerjalah di ruangan yang membuatmu nyaman

5 Cara Menjaga Konsentrasi Tetap Prima saat Bekerja dari Rumahilustrasi bekerja (unsplash.com/Avel Chuklanov)

Ketika bekerja di rumah, kamu butuh space khusus yang aman dari gangguan orang lain. Namun, ini tidak berarti kamu harus selalu membangun ruangan yang baru.

Carilah ruang yang membuatmu nyaman, bisa di ruang tamu, ruang makan, kamar, atau bahkan di teras dekat taman belakang rumah. Dengan berada di tempat yang punya suasana baik, kamu pun bisa lebih berkonsentrasi dan semangat dalam bekerja.

4. Buat kerja sama yang baik dengan penghuni rumah

5 Cara Menjaga Konsentrasi Tetap Prima saat Bekerja dari Rumahilustrasi tanda dilarang mengganggu (pexels.com/Nothing Ahead)

Bekerja di rumah punya banyak tantangan, salah satunya adalah adanya “gangguan” dari orang rumah. Mereka terkadang tidak paham bahwa kamu sedang mengerjakan sesuatu yang serius, sehingga dengan mudahnya mengajak bicara atau meminta bantuan.

Oleh sebab itu, jalinlah komunikasi yang baik dengan penghuni rumah. Beritahukan jam kerjamu dan mintalah mereka untuk sementara tidak mengganggumu di waktu tersebut kecuali ada sesuatu yang sangat mendesak.

5. Usahakan untuk tidak sambil mengerjakan hal yang lain

5 Cara Menjaga Konsentrasi Tetap Prima saat Bekerja dari Rumahilustrasi kendala bekerja dari rumah (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Tidak dimungkiri bahwa saat bekerja di rumah, otak sering kesulitan untuk berkonsentrasi menyelesaikan pekerjaan karena ada hal lain yang juga harus dilakukan. Akhirnya, kamu malah menerapkan multitasking yang justru membuat hasil kerja tidak maksimal.

Sebaiknya, selesaikan satu pekerjaan dalam satu waktu. Bila memang waktunya bekerja, jangan gunakan untuk melaksanakan hal yang lain, begitu pula sebaliknya. Dengan begini, fokus tidak akan terpecah dan bisa mendapat hasil terbaik.

Bekerja di rumah adalah sesuatu yang menyenangkan. Tanpa pergi ke mana-mana, kamu tetap bisa berkarya dengan baik. Oleh sebab itu, jagalah konsentrasi dengan cara-cara di atas agar dapat bekerja secara maksimal, ya.

Baca Juga: 5 Cara Jitu Mengembalikan Konsentrasi Akibat Kewalahan Saat Bekerja 

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya