Comscore Tracker

7 Tips Memusatkan Fokus agar Tidak Mudah Terdistraksi Saat Bekerja

Selalu beri jeda untuk otak istirahat sejenak

Bekerja adalah bagian dari rutinitas harian yang dilakukan hampir oleh seluruh orang di dunia. Meskipun sudah terbiasa, tetapi ternyata masih banyak yang sebenarnya sulit untuk menjaga fokus tetap prima selama mengerjakan tugas tersebut.

Ketika sulit untuk fokus pada pekerjaan, tentu saja hal ini akan mempengaruhi proses dan juga hasil akhir yang tidak sesuai dengan harapan. Oleh sebab itu, atasi permasalahan hilang fokus ini dengan menerapkan beberapa tips berikut!

1. Miliki target dan deadline yang jelas

7 Tips Memusatkan Fokus agar Tidak Mudah Terdistraksi Saat Bekerjailustrasi seorang penjahit (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Salah satu penyebab kesulitan untuk fokus dalam bekerja adalah karena kamu tidak memiliki target dan deadline yang jelas. Akibatnya, kamu terlalu bersantai dan tidak ada dorongan motivasi untuk menjaga ritme kerja tetap stabil.

Oleh sebab itu, penting untuk memasang target dan deadline dalam pekerjaan. Dengan begini, kamu akan terpacu untuk segera sampai pada tujuan, sehingga bisa tetap menjaga fokus tetap dalam kondisi yang prima.

2. Ciptakan lingkungan yang kondusif

7 Tips Memusatkan Fokus agar Tidak Mudah Terdistraksi Saat Bekerjailustrasi meja kerja minimalis (pexels.com/cottonbro)

Lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap kemampuan seseorang untuk fokus dalam pekerjaannya. Bila tidak berada dalam lingkungan yang kondusif, maka tentu sulit untuk bisa menyelesaikan tugas.

Oleh sebab itu, ciptakan tempat kerja yang punya kondisi menenangkan. Kamu bisa menata meja sesuai dengan keinginan dan jangan lupa untuk menyingkirkan gawai yang tidak perlu selama bekerja. Dengan begini, kamu akan lebih fokus dan bisa menghasilkan sesuatu yang hebat.

3. Dengarkan musik yang pas

7 Tips Memusatkan Fokus agar Tidak Mudah Terdistraksi Saat Bekerjailustrasi seseorang yang sedang mendengarkan musik (pexels.com/Karolina Grabowska)

Supaya bisa fokus, seseorang perlu berada dalam kondisi suasana hati yang baik. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga mood tetap prima adalah dengan mendengarkan musik yang pas.

Selain itu, musik juga memberikan beberapa manfaat lain seperti mengurangi tingkat stres, meningkatkan motivasi, hingga membantu mengingat beberapa informasi baru, seperti dilansir situs Healthline. Oleh karena itu, jangan ragu untuk memutar musik yang pas agar fokus bisa terjaga dan pekerjaan selesai dengan hasil yang memuaskan.

Baca Juga: 5 Keuntungan saat Kamu Mampu Mengelola Manajemen Waktu, Produktif!

4. Jangan segan untuk bertanya

7 Tips Memusatkan Fokus agar Tidak Mudah Terdistraksi Saat Bekerjailustrasi berdiskusi (pexels.com/cottonbro)

Terkadang kamu menemui beberapa kendala dalam menyelesaikan pekerjaan. Namun, alih-alih segera meminta bantuan, kamu malah berusaha memecahkannya sendiri, padahal sudah jelas kebingungan.

Hal seperti ini sangat menyita waktu dan perhatian karena bukannya fokus pada pekerjaan, kamu malah fokus pada masalah. Oleh karena itu, tidak perlu segan atau gengsi untuk bertanya bila memang merasa kesulitan. Kalau tidak ada kendala, kamu akan lebih mudah dalam berkonsentrasi.

5. Beri jeda untuk beristirahat

7 Tips Memusatkan Fokus agar Tidak Mudah Terdistraksi Saat Bekerjailustrasi seseorang yang sedang bersantai (pexels.com/Vlada Karpovich)

Saking bersemangat, terkadang kamu begitu ingin mengerjakan sesuatu secara terus-menerus selama beberapa jam sekaligus. Namun, alih-alih mencapai hasil yang diinginkan, kamu malah jadi lelah sendiri dan tidak berhasil menyelesaikan tugas dengan baik.

Faktanya, seperti dilansir University of New Hampshire, otak manusia hanya bisa menjaga fokus selama 45 menit. Oleh sebab itu, penting untuk mengambil istirahat sejenak saat otak sudah mulai merasa lelah. Dengan begini, kamu akan bisa kembali fokus dan melanjutkan pekerjaan dengan kondisi yang segar.

6. Selalu ingat saldo tabungan

7 Tips Memusatkan Fokus agar Tidak Mudah Terdistraksi Saat Bekerjailustrasi uang tunai (pexels.com/Alexander Mils)

Salah satu tujuan utama bekerja tentu adalah untuk mencari uang. Jika kamu mampu berprestasi dan mengembangkan diri dengan maksimal, besar kemungkinan akan mendapatkan promosi, sehingga gaji juga bertambah.

Oleh sebab itu, terkadang tidak ada salahnya untuk menjadikan uang sebagai motivasi untuk lebih fokus bekerja. Dengan selalu mengingat saldo tabungan, kamu bisa lebih bersemangat dan mudah untuk menyingkirkan segala distraksi.

7. Miliki sosok panutan

7 Tips Memusatkan Fokus agar Tidak Mudah Terdistraksi Saat Bekerjailustrasi orang yang fokus bekerja (pexels.com/Anna Nekrashevich)

Hal terakhir yang bisa membantumu untuk fokus dalam bekerja adalah dengan memiliki sosok panutan. Orang ini bisa siapa saja, baik orangtua, saudara, atasan, atau figur publik yang sekiranya berprestasi.

“Kehadiran” sosok ini dalam kehidupan sehari-hari dapat membantu menciptakan motivasi yang besar, termasuk untuk bekerja, karena kamu merasa ingin menjadi seperti dirinya sekaligus membuatnya bangga. Hasilnya, kamu bisa selalu fokus dan berhasil menyelesaikan tugas dengan baik dan tepat.

Kemampuan untuk fokus dalam bekerja memiliki peran penting agar segala sesuatu berjalan lancar dan dapat menghasilkan sesuatu yang hebat. Oleh sebab itu, latih dirimu sebaik mungkin agar senantiasa mampu menjaga fokus dan mencapai prestasi terbaik, ya!

Baca Juga: 5 Tips Menjadi Sosok Indistractable Agar Tetap Fokus, Ikuti!  

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya