Comscore Tracker

6 Tips agar Perkataanmu Didengar oleh Orang Lain, Jangan Menggurui!

Gunakan cara yang tepat agar diterima dengan lebih baik

Salah satu bentuk komunikasi yang sering dilakukan sehari-hari adalah berbicara. Kita melakukan hal ini untuk menyampaikan sesuatu, baik itu luapan perasaan atau sekadar karena tidak bisa hanya berdiam diri barang sejenak.

Namun, ada kalanya kamu juga perlu menyampaikan informasi penting kepada orang lain. Jika ingin apa yang kamu utarakan bisa didengar, diterima, dan diaplikasikan oleh pendengar, ada baiknya kamu ikuti sederet tips bermanfaat agar perkataanmu didengar oleh orang lain berikut ini, yuk!

1. Pemilihan gaya bahasa sesuai dengan situasi yang sedang dihadapi

6 Tips agar Perkataanmu Didengar oleh Orang Lain, Jangan Menggurui!ilustrasi melakukan presentasi (pexels.com/Mikael Blomkvist)

Ketika hendak berbicara kepada orang lain, baik perseorangan atau khalayak ramai, penting untuk memperhatikan situasi yang sedang dihadapi. Sebagai contoh, jangan samakan gaya bahasa untuk komunikasi sehari-hari dengan ketika harus berbicara di sebuah acara formal, begitu pun sebaliknya.

Kemampuan untuk memilih gaya bahasa yang tepat ini penting agar penjelasanmu tidak terdengar membosankan atau bahkan meremehkan. Selain itu, kemampuan ini akan membangkitkan rasa hormat dari subjek yang dituju sehingga mereka bersedia untuk mendengarkan kata-katamu hingga selesai.

2. Gunakan bahasa yang dapat dimengerti

6 Tips agar Perkataanmu Didengar oleh Orang Lain, Jangan Menggurui!ilustrasi mengobrol (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Penggunaan bahasa juga sangat berpengaruh pada keberhasilanmu menyampaikan sebuah informasi kepada pendengar. Sebisa mungkin gunakan bahasa yang dapat dimengerti oleh para subjek agar mereka bisa menangkap maksud yang ingin kamu utarakan.

Bila berbicara di depan khalayak di suatu kawasan pedesaan, ada baiknya kamu menggunakan bahasa daerah yang sesuai atau setidaknya Bahasa Indonesia. Jangan berbicara menggunakan Bahasa Inggris atau bahasa asing yang sukar dimengerti.

Ingat, jangan sampai hanya karena ingin terlihat hebat di depan para pendengar, kamu malah menggunakan bahasa yang rumit. Selain tidak sesuai, ini juga membuat orang lain tak mau untuk mendengarkanmu.

3. Pemilihan diksi harus tepat

6 Tips agar Perkataanmu Didengar oleh Orang Lain, Jangan Menggurui!ilustrasi mengobrol (pexels.com/Armin Rimoldi)

Seseorang terkadang dibenci karena kata-katanya selalu tidak ramah di telinga dan menyakitkan hati. Sebenarnya, bisa jadi orang tersebut melakukan hal itu karena tidak sengaja. Dia tidak paham cara memilih diksi yang benar sehingga menyebabkan terjadinya kesalahpahaman.

Oleh sebab itu, latihlah dirimu untuk mengenal diksi yang baik dan sejuk untuk didengarkan. Satu langkah kecil ini bisa membawa perubahan signifikan dan membuat orang lain tidak merasa disakiti.

Baca Juga: 5 Cara Melatih Logika Berbicara, Beri Alasan untuk Setiap Argumenmu

4. Jangan bicara terlalu cepat

6 Tips agar Perkataanmu Didengar oleh Orang Lain, Jangan Menggurui!ilustrasi mengobrol (pexels.com/Jack Sparrow)

Salah satu penyebab seseorang tidak didengarkan saat berbicara adalah karena dia menyampaikan sesuatu dengan terlalu cepat. Akibatnya, ada kata-kata yang tidak terdengar jelas sehingga informasi yang diterima jadi tidak utuh.

Oleh sebab itu, mengatur kecepatan berbicara adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Kamu bisa berlatih dengan cara merekam suaramu ketika bertutur kata, lalu dengarkan kembali. Dengan begini, kamu dapat melakukan evaluasi agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

5. Bergantian untuk mendengarkan perkataan orang lain

6 Tips agar Perkataanmu Didengar oleh Orang Lain, Jangan Menggurui!ilustrasi mengobrol (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Ketika ingin orang lain mendengarkan apa yang kamu sampaikan, maka harus ada sebuah timbal balik yang sepadan. Kamu juga harus bersedia mendengarkan saat orang lain berbicara kepadamu.

Hal ini penting agar komunikasi berjalan secara dua arah dan bisa segera diluruskan bila ada yang kurang tepat. Selain itu, bergantian mendengarkan ketika ada yang berbicara juga merupakan usaha untuk menghindari salah satu pihak merasa digurui. Kalau begini, informasi yang disampaikan bisa diterima dan dimengerti dengan lebih baik.

6. Bicaralah dari hati yang terdalam

6 Tips agar Perkataanmu Didengar oleh Orang Lain, Jangan Menggurui!ilustrasi mengobrol (pexels.com/Liliana Drew)

Tips terakhir yang bisa kamu terapkan agar perkataanmu didengar orang lain adalah dengan berusaha berbicara dari hati yang terdalam. Niatkan apapun yang ingin kamu sampaikan nanti adalah demi kebaikan.

Percayalah, sesuatu yang dilakukan dengan sepenuh hati juga akan diterima dengan hati. Orang bisa memahami maksud mulia yang kamu tuju sehingga mereka akan mengikuti kata-kata baik tersebut.

Sebuah informasi penting atau perkataan apa pun baru akan bernilai jika mampu disampaikan dengan tepat sehingga didengarkan sekaligus diterapkan oleh orang lain yang menjadi subjek utama. Oleh sebab itu, pastikan kamu mencoba beberapa tips di atas agar perkataanmu dapat diterima orang lain dengan baik, ya!

Baca Juga: 8 Tips Penting Supaya Mahir Public Speaking, Dijamin Anti Grogi

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya