Comscore Tracker

Ingin Mengubah Kebiasaan Buruk? Coba Terapkan 6 Tips Ini! 

Siap lahir kembali menjadi pribadi yang lebih baik

Kamu mungkin bertanya-tanya, apakah kamu bisa mengubah perilaku burukmu demi menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ini? Jawabannya tentu saja bisa. Semua orang bisa berubah, dan tidak ada kata terlambat untuk memulainya. 

Ada jutaan kisah sukses mengenai orang-orang yang mengubah kebiasaan buruk mereka. Tentunya, perubahan ini membutuhkan kerja keras dan waktu yang berbeda-beda pada tiap diri manusia. 

Jika kamu saat ini tengah berusaha untuk mengubah kebiasaan burukmu, coba terapkan enam tips berikut ini, ya! 

1. Mencari tahu apa yang perlu diubah

Ingin Mengubah Kebiasaan Buruk? Coba Terapkan 6 Tips Ini! ilustrasi berubah menjadi lebih baik (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jika kamu sampai pada artikel ini, itu artinya kamu menyadari ada sesuatu yang harus diubah dalam dirimu. Ini adalah langkah awal yang bagus. Sebelum menyusun rencana perubahan, kamu memang perlu mengakuinya. 

Baik kegagalan atau keberhasilan terjadi karena pola berulang yang telah menjadi kebiasaan. Tinjau masalah yang terus terjadi berulang di dalam hidupmu. Apakah kamu selalu terjebak pada hubungan beracun, kamu selalu telat mengirimkan tugas kantor dan lainnya?

Kemudian lihat kembali lebih dalam, apa yang menyebabkan masalah ini terjadi berulang kali. Jika kamu gagal mengetahuinya, kamu disarankan meminta bantuan profesional. Setelah mengetahui penyebabnya, kamu bisa berlanjut ke tahap yang kedua. 

2. Tanamkan mindset bahwa kamu bisa berubah

Ingin Mengubah Kebiasaan Buruk? Coba Terapkan 6 Tips Ini! ilustrasi berubah menjadi lebih baik (pexels.com/Nothing Ahead)

Beberapa orang terjebak pada kepercayaan bahwa kepribadian dan perilaku tidak dapat diubah. Saat berbuat salah, mereka terus menerus mengatakan "aku memang seperti ini". Pemikiran ini tentunya menghambat proses perubahan. 

Perubahan sifat, kepribadian dan perilaku adalah hal yang mungkin terjadi. Tidak ada yang tetap sama dari satu tahun ke tahun berikutnya. Jadi, mengapa mustahil untuk berubah ke arah yang lebih baik? 

Tanamkan kepercayaan bahwa kamu bisa berubah menjadi lebih baik. Kamu juga dapat membaca kisah orang-orang yang meraih kesuksesan dengan mengubah pola hidup dan perilakunya. Ini membantumu untuk terinspirasi. 

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Akan Membuatmu Jatuh Miskin, Jauhi Selagi Bisa!

3. Tulis daftar manfaat yang akan kamu dapat dari perubahan

Ingin Mengubah Kebiasaan Buruk? Coba Terapkan 6 Tips Ini! ilustrasi berubah menjadi lebih baik (pexels.com/Vlada Karpovich)

Agar dapat berubah, kamu perlu pernyataan bahwa perubahan diperlukan untuk kemajuan dirimu. Kamu harus mengetahui apa manfaat yang akan kamu dapatkan saat kamu menjadi lebih baik. 

Misalnya, tujuanmu adalah menjadi lebih tepat waktu dalam pekerjaan. Maka, manfaat yang  akan kamu dapatkan dari perubahan ini adalah memiliki banyak waktu luang, mendapatkan promosi jabatan dan lainnya. 

Atau, tujuan lainnya seperti terlepas dari hubungan beracun. Maka, manfaat yang akan kamu dapatkan adalah hati yang lebih damai, hubungan yang lebih sehat dan harmonis dan lainnya. 

Tuliskan manfaat-manfaat ini di tempat yang sering kamu lihat, seperti wallpaper ponsel, cermin dan sebagainya. Membuat daftar manfaat yang akan dibawa oleh perubahan membantumu tetap pada komitmen. 

4. Tetapkan jangka waktu yang realistis 

Ingin Mengubah Kebiasaan Buruk? Coba Terapkan 6 Tips Ini! ilustrasi proses menuju perubahan (pexels.com/Nathan Cowley)

Perubahan tidak terjadi dalam satu malam. Ini merupakan hasil yang didapat dari proses. Dibutuhkan dedikasi dan komitmen untuk tetap berada di dalam proses tersebut. 

Buatlah komitmen beserta kerangka waktu yang realistis agar perubahan terjadi. Misalnya kamu ingin bangun lebih pagi agar tidak terlambat sampai di kantor. Kamu bisa mengatur ulang jam istirahat. Jika biasanya kamu tidur setiap jam 1 malam, di minggu pertama, kamu bisa mulai mempercepatnya menjadi jam 12, dan seterusnya. 

5. Membuktikan komitmen dengan tindakan 

Ingin Mengubah Kebiasaan Buruk? Coba Terapkan 6 Tips Ini! ilustrasi berubah menjadi lebih baik (pexels.com/Alexas Fotos)

Keinginan untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik jangan hanya menjadi wacana dalam angan. Saat tidak dilanjutkan dengan tindakan, tekad ini tidak berarti apa-apa.

Untuk memulai sebuah perubahan, kuncinya adalah bertindak tanpa menunda. Saat tindakan tidak segera dilakukan, kemungkinan besar kamu akan gagal. 

Misalnya, kamu berkomitmen untuk tidak terlambat sampai di kantor. Maka hentikan semua aktivitas setelah jam 11 malam di hari sebelumnya. Ingat, kamu membutuhkan istirahat yang cukup agar bisa bangun lebih awal. 

6. Minta dukungan dari orang sekitar

Ingin Mengubah Kebiasaan Buruk? Coba Terapkan 6 Tips Ini! ilustrasi support system (pexels.com/Artem Beliaikin)

Hubungan dengan keluarga, teman atau orang terdekat lainnya adalah aset. Jangan meremehkan kekuatan dukungan mereka. Berterus terang pada mereka tentang rencana yang kamu susun, termasuk mengapa kamu ingin melakukan perubahan. Bisa saja mereka yang akan menjadi pengingat saat kamu mulai lalai dengan komitmen, kan? 

Dukungan juga mungkin akan kamu dapatkan di kelompok orang-orang yang berada di situasi yang sama denganmu. Misalnya, kamu sedang berusaha menurunkan berat badan, kamu bisa bergabung di grup online dan saling berbagai tips di sana. Lebih menyenangkan, bukan? 

Setiap orang mempunyai kesempatan yang sama untuk berubah menjadi lebih baik. Jika kamu memiliki tekad kuat, dilanjutkan dengan tindakan dan dibantu dengan dukungan, perubahan akan terjadi. Terapkan enam tips di atas untuk mulai berubah menjadi dirimu yang lebih baik, ya! 

Baca Juga: 5 Tips Menghindari Burnout Akibat Kerjaan, Berikan Batasan!

Ratumas Ovvy Photo Verified Writer Ratumas Ovvy

Find me on Instagram @ratumasovvy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya