Comscore Tracker

5 Salat Sunah Ini Cocok Mengisi Ramadan Kamu di Rumah Aja

#RamadanDiRumah waktunya memupuk amalan untuk hari akhir

Bulan Ramadan adalah waktunya memupuk pahala sebanyak-banyaknya karena pahala akan dilipatgandakan. Akan tetapi di saat wabah COVID-19 ini, kita diharuskan untuk tetap di rumah aja yang mengakibatkan kita tidak dapat beribadah di masjid seperti Ramadan yang lalu. Akan tetapi, walaupun di rumah aja, kita tetap bisa beribadah kok. 

Waktu kita di rumah aja dapat kita manfaatkan untuk beribadah sebanyak-banyaknya baik ibadah wajib maupun sunah. Berikut ini salat sunah yang dapat diamalkan saat di rumah aja.

1. Salat Sunah Hajat

5 Salat Sunah Ini Cocok Mengisi Ramadan Kamu di Rumah AjaPhoto by Randy Tarampi on Unsplash

Kita selalu memiliki keinginan setiap harinya karena memang pada dasarnya manusia tidak pernah puas. Dalam islam, permintaan atas keinginan kita lebih baik disampaikan saat salat sunah hajat.

Salat sunah hajat dapat dilaksanakan pada siang maupun malam hari akan tetapi lebih baik ditunaikan pada sepertiga malam terakhir. Kamu bisa melaksanakan salat sunah hajat dua rakaat atau lebih.

2. Salat Sunah Dhuha

5 Salat Sunah Ini Cocok Mengisi Ramadan Kamu di Rumah AjaPhoto by Artur Roman from Pexels

Salat sunah dhuha adalah salat yang dilaksanakan pada waktu dhuha. Waktu dhuha adalah saat matahari telah terbit sepenuhnya hingga sepenggalahan naik. Salat sunah dhuha dapat dikerjakan dua rakaat atau lebih. Salat sunah dhuha memiliki banyak keutamaan salah satunya merupakan sedekah atas sendi-sendi di tubuh kita.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Khatam Al-Qur'an Selama Bulan Ramadan

3. Salat Sunah Rawatib

5 Salat Sunah Ini Cocok Mengisi Ramadan Kamu di Rumah Ajahttps://unsplash.com/photos/8vyCtLPlEBo

Salat sunah rawatib adalah salat yang dilaksanakan sebelum dan setelah salat wajib. Salat yang dilakukan sebelum salat wajib disebut salat sunah qobliyah dan setelah salat wajib disebut salat sunah ba'diyah.

Kamu dapat menunaikan salat sunah rawatib pada waktu-waktu dan jumlah rakaat yang telah ditentukan. Setiap salat sunah rawatib memiliki keutamaan masing-masing seperti salat sunah qobliyah subuh yang lebih baik daripada dunia dan seisinya (HR Muslim).

4. Salat Sunah Tahajud

5 Salat Sunah Ini Cocok Mengisi Ramadan Kamu di Rumah AjaPhoto by Min An from Pexels

Saat bulan Ramadan kamu memiliki kesempatan lebih untuk memperbanyak salat sunah tahajud. Salat sunah tahajud adalah salat sunah yang dilaksanakan pada malam hari yang lebih diutamakan pada sepertiga malam terakhir.

Salat sunah tahajud dapat dilaksanakan paling sedikit dua rakaat dan tidak dibatasi rakaat maksimalnya. Salat sunah tahajud merupakan salat sunah mu'akad. Salat sunah tahajud memiliki begitu banyak keutamaan seperti menghapuskan dosa-dosa di siang hari. 

5. Salat Sunah Tarawih dan Witir

5 Salat Sunah Ini Cocok Mengisi Ramadan Kamu di Rumah AjaPhoto by Siti Rahmanah Mat Daud on Unsplash

Salat sunah tarawih adalah salat yang secara khusus hanya dapat dilaksanakan pada bulan Ramadan. Salat sunah tarawih biasanya dilaksanakan berjamaah akan tetapi juga dapat dilaksanakan sendiri di rumah. Salat sunah tarawih dilaksanakan setelah salat isya dan biasanya dilanjutkan dengan salat sunah witir.

Salat sunah witir adalah salat sunah yang dilaksanakan untuk menutup semua amalan salat malam lainnya. Salat sunah witir dapat dikerjakan dengan jumlah rakaat ganjil. Salat sunah witir dianjurkan dilaksanakan berjamaah setelah salat sunah tarawih dan boleh juga dilaksanakan sendiri setelah salat sunah tahajud.

Dengan keadaan wabah saat ini, dengan surat edaran Kementerian Agama dan Fatwa MUI maka semua amalan salat yang biasanya kita laksanakan di masjid dapat dilaksanakan di rumah. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk beribadah sebanyak-banyaknya di bulan Ramadan kali ini, teman!

Baca Juga: 6 Tips Menjaga Diri Agar Gak Mudah Julid Selama Ramadan, Jauhi Ya!

Reggi Aryunadi Photo Writer Reggi Aryunadi

Pengen jadi penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya