Comscore Tracker

Lagi Stres? Yuk, Lawan dengan Cara-Cara Sederhana Ini

Stress pasti hilang.

Tidak bisa dipungkiri, stres adalah bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Seringkali stres datang secara tiba-tiba dan membuat kita bingung harus diapakan. Mau kerja malas, mau ini itu malas. Akhirnya, performa kita dalam tanggung jawab sehari-hari pun menurun.

Sekarang waktunya kita ambil sikap. Jangan mau dijatuhkan oleh stres. Kamu bisa melakukan salah satu dari cara-cara sederhana ini.

1.    Tersenyumlah.

Lagi Stres? Yuk, Lawan dengan Cara-Cara Sederhana IniSumber Gambar: drnave.com

Senyum adalah hal yang paling mudah yang bisa kita lakukan saat stres. Memang, secara mood mungkin kita nggak pingin senyum. Tapi percayalah, setelah kita melakukannya, kita akan merasa lebih baik. Dalam psikologi ada yang namanya facial feedback regulation, dimana sebenarnya nggak cuman mood kita yang bisa mempengaruhi ekspresi kita, tapi ekspresi kita juga bisa mempengaruhi mood kita! Jadi, tersenyumlah.

2.    Sekarang, Tertawalah!

Lagi Stres? Yuk, Lawan dengan Cara-Cara Sederhana IniSumber Gambar: www.youtube.com

Udah bisa tersenyum? Ayo, naik tingkat. Tertawa melepaskan hormon endorfin dalam tubuh yang membantu memperbaiki mood dan melawan hormon stres seperti kortisol.

3.    Lakukan peregangan.

Lagi Stres? Yuk, Lawan dengan Cara-Cara Sederhana IniSumber Gambar: officeparadise.net

Olahraga sangat baik untuk mengatasi stres. Kalau kamu sedang sibuk di kantor atau kampus, cukup berdiri sejenak dan regangkan otot-ototmu. Kamu bisa juga berjalan-jalan sejenak atau naik turun tangga.

4.    Bernafaslah dengan rileks.

Lagi Stres? Yuk, Lawan dengan Cara-Cara Sederhana IniSumber Gambar: www.odt.co.nz

Coba tarik dan hembuskan nafasmu dengan perlahan dan dalam. Hal ini membantu mengoksigenasi darahmu sehingga pikiranmu akan menjadi lebih jernih.

5.    Dengarkanlah musik yang tenang atau ceria.

Lagi Stres? Yuk, Lawan dengan Cara-Cara Sederhana IniSumber Gambar: www.playbuzz.com

Bukan dengerin lagu galau juga ya. Pilihlah lagu yang tenang dan lembut seperti alunan piano atau nyanyian akustik. Lagu-lagu ini akan membantu menurunkan tekanan darah dan menurunkan kadar kortisol. Kamu juga bisa memainkan lagu-lagu yang ceria untuk meningkatkan aktivitas serotonin, yang dapat memperbaiki mood kamu.

6.    Tontonlah video atau film komedi.

Lagi Stres? Yuk, Lawan dengan Cara-Cara Sederhana IniSumber Gambar: ashscrapyard.wordpress.com

Mau tertawa dengan cara mudah? Kalau ada waktu, bukalah sejenak gadget kamu dan tontonlah video yang dapat membuat kamu tertawa terbahak-bahak atau cekikikan sendiri.

7.    Menyanyi saja.

Lagi Stres? Yuk, Lawan dengan Cara-Cara Sederhana IniSumber Gambar: www.huffingtonpost.co.uk

Menyanyi dapat memperbaiki mood kamu dan bahkan bonusnya lagi, menurut sebuah studi di Jerman dapat  meningkatkan antibodi lho! 

8.    Teleponlah teman baikmu sejenak.

Lagi Stres? Yuk, Lawan dengan Cara-Cara Sederhana IniSumber Gambar: www.digitalistmag.com

Mendengar suaranya saja dapat membuatmu merasa lebih baik. Satu menit saja cukup untuk mengetahui bahwa kamu memiliki seseorang yang mendukungmu. Kamu juga bisa membagi beban dengan menceritakan masalahmu jika memang ia tidak keberatan.

9.    Dirimu sendiri juga bisa jadi teman baikmu, lho.

Lagi Stres? Yuk, Lawan dengan Cara-Cara Sederhana IniSumber Gambar: www.huffingtonpost.com

Teman-teman baikmu sibuk? Tenang, kamu masih punya dirimu sendiri. Ajaklah dirimu berbicara. Bila perlu, tuliskan dalam secarik kertas. Mengapa kamu stres? Apa yang kamu rasakan? Apa yang bisa kamu lakukan nanti? Apa yang setidaknya bisa kamu lakukan sekarang? Petakan semuanya, dan kamu akan melihat keadaan dengan lebih jelas.

10.    Brighten up!

Lagi Stres? Yuk, Lawan dengan Cara-Cara Sederhana IniSumber Gambar: www.huffingtonpost.com

Bukalah gorden, selambu, dan lain sebagainya. Ijinkan matahari masuk. Terangilah suasana hatimu yang kelabuh.

11.    Carilah “hijau”.

Lagi Stres? Yuk, Lawan dengan Cara-Cara Sederhana IniSumber Gambar: gwydir.demon.co.uk

Melihat hijaunya pohon dan tumbuhan ditemukan baik untuk kesehatan dan mengurangi stres. Kalau susah dicari, coba mulai pelihara satu pot tumbuhan kecil untuk diletakkan di area kerjamu.

12.    Minumlah secangkir teh hangat.

Lagi Stres? Yuk, Lawan dengan Cara-Cara Sederhana IniSumber Gambar: www.adasmerica.com

Teh mengandung flavonoid yang dapat membantu membuatmu merasa lebih tenang dan meredakan stres.

13.    Mengunyah permen karet.

Lagi Stres? Yuk, Lawan dengan Cara-Cara Sederhana IniSumber Gambar: www.huffingtonpost.com

Aktivitas mengunyah permen karet dapat mengurangi kadar kortisol dan meringankan perasaan negatif. Daripada cari karbohidrat yang banyak, pilih saja mengunyah sebuah permen karet.

14.    Atau, makan makanan tepat lainnya.

Lagi Stres? Yuk, Lawan dengan Cara-Cara Sederhana IniSumber Gambar: www.huffingtonpost.co.uk

Memang kadang stres membuat kita ingin makan terus. Daripada pilih fast food atau camilan yang nggak jelas, ada baiknya kita tahu makanan-makanan yang memang diciptakan untuk menghadapi stres! Cek makanan-makanan tersebut disini.

15.    Mandilah dengan air hangat.

Lagi Stres? Yuk, Lawan dengan Cara-Cara Sederhana IniSumber Gambar: www.thesleuthjournal.com

Membantumu merasa lebih rileks.

16.    Keramaslah dengan hati.

Lagi Stres? Yuk, Lawan dengan Cara-Cara Sederhana IniSumber Gambar: sherriemariestyle.com

Seriusan. Kamu berhak jadi baper waktu keramas demi menghadapi stres. Sambil berkeramas, pijatlah kepalamu perlahan dan rasakan tekanannya yang menggantikan tekanan di pikiranmu. Memijat kepala dapat membuatmu lebih tenang setelahnya.

17.    Belanja!

Lagi Stres? Yuk, Lawan dengan Cara-Cara Sederhana IniSumber Gambar: tintahitampemuda89.wordpress.com

Bukan menghabiskan uang untuk barang-barang yang nggak perlu, ya. Sebuah penelitian dari Empire State College menemukan bahwa para “experiencers” atau orang-orang yang rela mengeluarkan uang demi pengalaman lebih bahagia daripada mereka yang menghabiskan uang untuk materi seperti baju atau perhiasan. Jadi, jangan pelit ya untuk pergi makan dengan teman-temanmu atau nonton konser bersama.

18.    Atur jadwal tidurmu dengan lebih baik lagi.

Lagi Stres? Yuk, Lawan dengan Cara-Cara Sederhana IniSumber Gambar: huffingtonpost.com

Bukan semata-mata dengan tidak tidur malam-malam. Kalau memang jadwal kerjamu malam hari, sah-sah saja. Asal jadwalnya tidak berubah-ubah. Tubuh kita memiliki ritme yang menghafalkan kapan kita tidur, makan, dll. Asal kita tahu cara mengaturnya, maka semuanya akan baik-baik saja. Coba cek tentang ritme tersebut di sini.

19.    Lakukan perbuatan baik.

Lagi Stres? Yuk, Lawan dengan Cara-Cara Sederhana IniSumber Gambar: multiplygoodness.com

Buang sampah pada tempatnya, membantu teman kita yang kesusahan, turut serta dalam aksi sosial. Melakukan perbuatan-perbuatan seperti ini melatih kita untuk berempati, yang membuat kita lebih bersyukur akan hal-hal yang kita alami saat ini.

20.    Tap into your spiritual side.

Lagi Stres? Yuk, Lawan dengan Cara-Cara Sederhana IniSumber Gambar: blogs.uoregon.edu

Sebuah studi dari Journal of Economic Psychology menemukan bahwa  semakin banyak seseorang menghadiri aktivitas keagamaan, maka ia akan semakin merasa “penuh”. Iman dan doa memenuhi salah satu kebutuhan psikologis kita sebagai manusia yaitu menjadi bagian dari sesuatu yang “lebih besar” dari diri kita. Jika kamu tidak biasa berdoa, maka cobalah bermeditasi atau mengikuti kelas yoga.

Nah, sekarang langkah apa yang mau kamu coba? Semoga dengan artikel ini, kamu jadi selalu bisa menghadapi stres ya.

Topic:

Berita Terkini Lainnya