Comscore Tracker

Selain Pengalaman Asik, Ini 5 Dampak Positif Menjadi Relawan

Bikin hidup lebih berarti, lho

Volunteering merupakan sebuah aksi sukarela untuk membantu terlaksananya suatu kegiatan dengan tujuan tertentu. Kamu dapat ambil bagian dalam berbagai kegiatan seperti aksi peduli lingkungan, kegiatan amal, dan lainnya.

Tak hanya memberi manfaat bagi orang lain, sebagai seorang relawan kamu pun mendapatkan beberapa dampak positif. Beberapa dampak positif mengikuti kegiatan sukarelawan diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Membangun rasa empati dan lebih peka terhadap lingkungan sekitar

Selain Pengalaman Asik, Ini 5 Dampak Positif Menjadi Relawanilustrasi relawan (pexels.com/thirdman)

Menjadi seorang relawan membuat kamu terhubung dengan komunitas dan masyarakat yang membutuhkan bantuan dan perhatian. Lewat turun langsung ke lapangan, kamu bisa mengetahui kondisi nyata dan menjadi sarana melatih empati kepada lingkungan sekitar.

Hal ini akan memberimu wawasan tentang banyak hal dan menjadikanmu lebih peka terhadap permasalahan yang ada. Selain itu, dengan memiliki rasa empati yang lebih tinggi akan memudahkanmu menjalin hubungan dengan banyak orang. Tentunya ini akan berguna baik dalam dunia perkuliahan maupun kerja.

2. Mengajarkan arti kebahagian dan bersyukur

Selain Pengalaman Asik, Ini 5 Dampak Positif Menjadi Relawanilustrasi anak-anak (unsplash.com/larmrmah)

Ketika mengikuti kegiatan volunteer, kamu akan bertemu dengan banyak orang yang kurang beruntung dan butuh bantuan. Menjadi seorang relawan membantu kita menyadari nilai-nilai hidup dan begitu banyak hal yang patut disyukuri.

Dengan demikian, kamu akan menjadi lebih mudah bersyukur dan tidak mudah mengeluh saat menemui kesulitan. Ini juga akan meningkatkan kemauan untuk terus membantu sesama, baik melalui materi, tenaga, maupun ilmu.

Baca Juga: 5 Kegiatan Volunteer Ini Latih Jiwa Sosialmu, Mau Coba?

3. Mengatasi rasa stres dan depresi

Selain Pengalaman Asik, Ini 5 Dampak Positif Menjadi Relawanilustrasi relawan (pexels.com/rodnaeproduction)

Terkadang, seseorang menjadi depresi atau stres akibat permasalahan yang dihadapinya. Ternyata dengan mengikuti kegiatan volunteer mampu mengatasi rasa stres dan depresi, lho.

Berinteraksi dengan orang yang berbeda, lalu mendengarkan kisahnya dan melihat perjuangan mereka, menyadarkan kamu bahwa masalah yang kamu hadapi tak seberapa dibandingkan banyak orang di luar sana. Pemikiran ini akan melahirkan sikap tangguh menghadapi masalah.

4. Belajar hal baru

Selain Pengalaman Asik, Ini 5 Dampak Positif Menjadi Relawanilustrasi berdiskusi (pexels.com/andreapiacquadio)

Mungkin kamu memiliki skill tersembunyi yang belum terungkap. Dengan menjadi seorang relawan, kamu akan belajar mengeksplor dirimu lebih jauh lagi.

Salah satu contohnya adalah kemampuan berbicara di depan umum akan menjadi lebih terasah. Kamu akan terbiasa dengan berdiskusi, memberikan pendapat, menyampaikan progress dan berbicara kepada tak dikenal saat menjadi volunteer. Ketrampilan ini tentunya  sangat berguna saat kamu mendaftar kerja nanti.

5. Meningkatkan rasa percaya diri 

Selain Pengalaman Asik, Ini 5 Dampak Positif Menjadi Relawanilustrasi relawan (pexels.com/lagosfoodbankinitiative)

Membantu masyarakat yang membutuhkan memberikan sensasi pencapaian terhadap diri sendiri. Hal ini memicu rasa percaya diri yang semakin kuat.

Selain itu, lingkungan sosial kamu akan meningkat seiring kamu mengikuti beragam kegiatan dan bertemu banyak orang. Oleh sebab itu, kamu pun terbiasa menghadapi banyak orang dan mampu mengatasinya dengan mudah.

Sebuah bantuan dan doronganmu kepada masyarakat yang membutuhkan akan berarti begitu berharga dalam menghadapi masalah dalam hidupnya. Tak hanya itu, kamu juga mendapatkan banyak dampak yang positif, bukan? Nah, kalau pandemi berakhir cobalah ikut kegiatan relawan, ya!

Baca Juga: 5 Kebiasaan Baik Ini Membantu Self-Improvement, Sudah Tahu?

Rena Murtiviana Photo Verified Writer Rena Murtiviana

suka senja, musik dan drakor

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya