Comscore Tracker

6 Alasan Hidup di Desa yang Bisa Membangkitkan Inspirasi, Seru Lho!

Tinggal di desa pun akan membuat hidup lebih berkualitas

Impian setiap orang berbondong-bondong ingin pindah ke kota besar untuk mencari penghasilan lebih tinggi, kehidupan lebih layak, dan menggapai semua keinginan yang selama ini dicita-citakan.

Namun, tak semuanya ternyata hidup di kota besar menjanjikan hal itu semua. Keramaian dan keruwetan kota besar menyumbang stres yang begitu besar dalam diri, permasalahan gaya hidup yang semakin kompleks, serta ketenangan batin juga perlahan hilang.

Apakah kualitas hidup di kota besar jadinya memberi kebaikan? 

Tekanan stres yang semakin hari semakin menjadi serta masyarakat yang kian dinamis dan permasalahan di antara kaum urban menjadikan kualitas hidup semakin menurun.

Lantas, bekerja keras demi memenuhi kebutuhan hidup yang semakin hari semakin meningkat. Tak hanya itu, penghasilan hanya cukup untuk makan juga laju tergoda gaya hidup yang menggila kian hari.

Percayalah, jika kehidupan sedemikian pada akhirnya akan membuatmu seperti kuda yang terus dipecut demi berlari kencang. Tenaga habis demi mencari kualitas hidup yang ternyata selama ini berjalan tidak sesuai rencana. Kesuksesan ternyata bukan hanya tolok ukur semata, tapi ketenangan diri perlahan sirna seiring waktu hidup di perkotaan.

Untuk itu, pemikiran maju ke depan untuk hidup lebih baik bisa direncanakan dengan matang. Misalnya, kembali ke kampung halaman untuk hijrah demi kualitas hidup lebih baik dan mencari nafkah di sana.

Kenapa tidak? Semua pasti ada jalannya asal niat kuat. Jadi, gak usah takut jika berniat pindah ke desa, alasan ini yang akan membuat kamu seratus persen bangga dan akan menginspirasi.

1. Kualitas udara lebih segar

6 Alasan Hidup di Desa yang Bisa Membangkitkan Inspirasi, Seru Lho!Pexels.com/MikiCzetti

Hidup di pedesaan tentunya jauh dari polusi. Asap kendaraan memicu kualitas udara yang buruk, tentu saja menyumbang berbagai penyakit jika kamu terus bertahan hidup di perkotaan. Lain halnya di pedesaan, membuka jendela masih ada embun yang menyambutmu, yang menjadikan kualitas udara akan baik setiap saat. Sehat? Tentu saja!

2. Biaya hidup lebih murah

6 Alasan Hidup di Desa yang Bisa Membangkitkan Inspirasi, Seru Lho!Pexels.com/Icon0.com

Realita bahwa hidup di kota besar apa pun akan menjadi mahal. Biaya hidup akan terus meningkat, seiring dengan perkembangan ekonomi perkotaan yang selalu dinamis. Jika memutuskan hidup di desa, biaya hidup juga akan turun sendirinya.

Harga kebutuhan pokok juga bisa didapatkan dengan harga yang sangat terjangkau tanpa tergiur berbelanja yang lain. Pemikiran untuk hidup lebih sederhana juga akan terbentuk dengan sendirinya.

Baca Juga: 10 Potret Kehidupan Suku Sasak di Desa Sade Lombok

3. Terhindar dari gaya hidup perkotaan yang kian hedonis

6 Alasan Hidup di Desa yang Bisa Membangkitkan Inspirasi, Seru Lho!Pexels.com/JuanMendez

Tak dimungkiri, hidup di kota besar ancaman hidup hedonis akan selalu menerpa. Mengejar gaya hidup yang tak akan ada habisnya demi menjadikan diri ini lebih mengikuti tren.

Berbeda halnya jika hidup di desa, dengan masyarakat yang rata-rata apa adanya dan menjunjung tinggi hidup sederhana perlahan kamu akan terbawa hidup seperti lingkunganmu sendiri.

4. Hidup lebih damai dan tenang

6 Alasan Hidup di Desa yang Bisa Membangkitkan Inspirasi, Seru Lho!Pexels.com/BruceMars

Kemacetan dan keruwetan kota besar yang menjadi pemicu stres setiap hari akan membuat kualitas hidupmu semakin buruk. Emosi yang meledak-ledak menjadi makanan sehari-hari, ujian kesabaran juga selalu diterpa.

Nah, jika hidup di desa akan berbeda ceritanya. Selain kemacetan juga tak akan ditemui, hidupmu akan menjadi lebih damai dan tenang. Kualitas hidup akan membaik, tentunya.

5. Lebih banyak menabung

6 Alasan Hidup di Desa yang Bisa Membangkitkan Inspirasi, Seru Lho!Pexels.com/VladBagacian

Hidup di desa akan membuat kamu menahan diri untuk mengeluarkan uang karena apa-apa serbaterbatas. Lain halnya di perkotaan yang serbagampang didapatkan, tinggal jentikkan jari segala yang dimau akan segera didapatkan.

Tentu, jika hidup di desa kamu akan lebih banyak menabung demi masa depanmu. Mencukupkan diri dengan segala kebutuhan dan menangguhkan segala keinginan.

6. Pasti gaya hidup akan lebih sehat

6 Alasan Hidup di Desa yang Bisa Membangkitkan Inspirasi, Seru Lho!Pexels.com/RKhalil

Gaya hidup juga akan lebih sehat jika tinggal di desa. Sayuran bisa kamu dapatkan dengan gampang, apalagi kamu bisa berkebun sendiri, lho. Makanan pedesaan yang segar juga akan banyak dijajakan di pasar dan kamu akan terus berkreasi dengan asupan makanan sehat setiap hari.

Menggapai mimpi tak hanya hidup selamanya tinggal di kota besar, di desa pun kita akan mendapatkannya. Ketenangan hidup, udara yang segar tanpa polusi, dan gaya hidup sehat akan menjadikan kualitas hidup lebih baik. Mengejar kedamaian dan ketenangan diri lebih utama karena hidup harus berubah menjadi lebih berkualitas.

Tentunya, keputusan hidupmu untuk pindah ke desa akan menjadi inspirasi bagi setiap orang. Kamu siap dengan tantangan ini?

Baca Juga: 5 Kenyamanan yang Kamu Dapatkan Kalau Tinggal di Desa, Tidak Buruk Kok

Renny Fitri Photo Verified Writer Renny Fitri

Penyuka fotografi, traveling, dan menjahit. Menyempatkan diri menulis apa saja.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You