Comscore Tracker

Hidupmu Selalu Resah? Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Merasa Tenang

Hidup harus seimbang antara urusan dunia dan akhirat

Hidup memang penuh konflik, baik itu skala besar maupun kecil. Terkadang konflik atau permasalahan tersebut membuat kamu selalu tidak tenang entah itu memikirkan masalahnya atau ada hal lainnya.

Mempunyai perasaan yang selalu resah memang mengganggu kondisi jiwa maupun fisikmu. Hal tersebut akan banyak menguras emosi dan tenaga.

Coba lakukan 5 hal ini agar kamu tak merasa resah lagi. Setidaknya itu akan membuat kamu menghadapi segala permasalahan dengan jiwa dan pikiran yang tenang.

1. Ikhlas terhadap hal yang dialami

Hidupmu Selalu Resah? Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Merasa TenangPixabay.com/rawpixel

Permasalahan kadang muncul di saat kamu sedang dalam kondisi terpuruk. Fisikmu lelah, pikiranmu lelah, dan emosimu terkuras habis.

Tak ada hidup tanpa masalah. Kamu hanya perlu mengikhlaskan apa yang sudah ditetapkan Tuhan kepadamu. Apa yang kamu alami, kamu harus ikhlas dan tetap menjalaninya dengan tenang. Dengan begitu, perlahan kamu tak merasa resah lagi terhadap banyaknya permasalahan yang kamu hadapi.

2. Bersabarlah dalam segala kondisi

Hidupmu Selalu Resah? Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Merasa TenangPixabay.com/Pexels

Untuk hal ini sangat sulit dilakukan jika hati dan kondisimu selalu resah. Cobalah untuk perlahan bersabar terhadap segala sesuatu. Ntah itu mencapai cita-cita, menghadapi permasalahan, dan lainnya.

Seperti firman Allah Subḥānahu wa ta'alā dalam Q.S Al-Baqoroh 153 :

Pergunakanlah untuk mencapai tujuanmu kesabaran dan sembahyang. Sesungguhnya Allah selalu membantu orang-orang yang sabar.(Q.S Al-Baqoroh : 153)

Jika kamu sabar, kesabaran tersebut akan mengusahakan berbagai jalan ikhtiar untuk menghadapi segala sesuatu, disamping itu beribadah meminta kepada Allah untuk meminta dilancarkannya urusanmu, merupakan jaminan besar untuk menghilangkan rasa resahmu.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Cobaan Hidup Harus Kamu Hadapi dengan Sabar

3. Tawakal, pasrahkan diri kepada kehendak Tuhan

Hidupmu Selalu Resah? Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Merasa TenangPixabay.com/Pezibear

Gagal dalam mencapai tujuan atau sulitnya menghadapi permasalahan adalah hal biasa yang selalu dihadapi oleh semua orang. Jika kamu selalu memikirkannya, hidup kamu selalu dalam keadaan resah. Pasrahkan saja apa yang kamu jalani kepada kehendak Tuhan.

Firman Allah Subḥānahu wa ta'alā :

Dan siapa yang berserah kepada Allah, maka Allah akan mencukupinya. (Q.S At-Thalaq : 3)

4. Berbakti kepada kedua orangtua

Hidupmu Selalu Resah? Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Merasa TenangPixabay.com/belajatiraihanfahrizi

Kamu perlu berbakti kepada kedua orang tuamu agar hidupmu tenang dan tak merasa resah. Beruntung jika kamu masih mempunyai orang tua yang masih komplit. Orang tuamu adalah tempat di mana kamu mencurahkan hatimu di saat merasa sedih, putus asa, dan permasalahan lainnya. Dengan begitu, hatimu akan merasa tenang kembali.

Abu hurairah r.a berkata : Datanglah seorang kepada Nabi s.a.w dan bertanya : "Siapakah yang berhak aku layani dengan se-baik-baiknya ?" Jawab Nabi : "Ibumu." "Kemudian siapa?" Jawab Nabi : "Ibumu." "Kemudian siapa?" Jawab Nabi : "Ibumu." "Lalu siapa lagi?" Jawab Nabi : "Ayahmu." (Buchary, Muslim)

5. Beribadah agar hidupmu merasa tenang

Hidupmu Selalu Resah? Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Merasa TenangPixabay.com/HaiDer95

Yang terakhir agar hidupmu tak resah lagi, kamu perlu ibadah. Karena ibadah membuat jiwa dan pikiran menjadi tenang. Segala urusan dunia akan terlupakan sejenak, yang artinya kamu beristirahat sejenak untuk urusan dunia dan fokus terhadap jiwa dan pikiranmu.

Ada kalanya kamu merasa lelah, resah dengan segala permasalahan. Namun semua ada solusi dan obatnya. Semoga dengan 5 hal di atas membuat hidupmu tak resah lagi. Lakukan dengan niat baik, niscaya hasilnya akan baik juga.

Baca Juga: Biar Gak Kebanyakan Drama, Tinggalkan 6 Kebiasaan Ini Dalam Hidup

Reza Nur Wibisono Photo Writer Reza Nur Wibisono

Penghuni 'titik biru pucat' di luasnya alam semesta.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya