Comscore Tracker

Meski Rutinitas Super Padat, Jangan Abaikan 5 Hal Ini Ya!

Penting tapi sering disepelekan

Anak muda identik dengan memiliki semangat yang tinggi. Mumpung masih muda, kita sering merasa untuk puas-puasin melakukan banyak aktivitas sekaligus. Mulai dari kerja full time, ambil kerjaan sampingan, bikin project kolaboratif, hingga hangout bareng teman-teman. 

Namun, ibarat mesin yang digunakan terus-menerus tanpa istirahat maka akan cepat rusak, begitu pula dengan manusia. Ada beberapa kebiasaan yang sering kita lakukan tapi justru bisa memupuk penyakit di masa tua nanti. Nah, ada baiknya kamu mulai mengurangi atau bahkan menghentikan 5 hal ini agar bisa sehat dan terhindar dari penyakit di masa tua.

1. Kurang tidur

Meski Rutinitas Super Padat, Jangan Abaikan 5 Hal Ini Ya!Seorang pria tengah tidur (ShutterStock/PaulaPhoto)

Tidur adalah cara paling simple dan sangat bermanfaat untuk memperbaiki sel tubuh kita yang rusak dengan baik. Perlu kamu ketahui, waktu tidur yang ideal bagi orang dewasa adalah 7-9 jam dalam sehari. Walaupun kamu telah menerapkan pola makan yang sehat dan olahraga yang teratur, tapi jika tidak diikuti dengan tidur yang cukup, maka semua itu akan sia-sia lho!

Memiliki pola tidur yang sehat juga bisa meningkatkan konsentrasi otak dan produktivitas sehingga kita bisa semakin maksimal ngejalanin aktivitas sehari-hari. Selain itu, kurang tidur bisa mengarah pada banyak penyakit berbahaya seperti hipertensi, diabetes, hingga obesitas. Jadi, pastikan kamu dapat tidur 7-9 jam sehari, ya!

2. Jarang olahraga

Meski Rutinitas Super Padat, Jangan Abaikan 5 Hal Ini Ya!Perempuan berolahraga di rumah (ShutterStock/JacobLund)

Men sana in corpore sano” di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Gimana mau sehat kalau masih sering abai menerapkan pola hidup sehat termasuk rajin berolahraga. Padahal, hanya dengan berolahraga kamu bisa mengurangi resiko berbagai macam penyakit secara signifikan.

Di tengah-tengah rutinitas millennial yang super hectic, kamu masih bisa kok menyempatkan waktu paling sedikit 30 menit untuk menguras keringat. Kamu bisa jogging satu putaran keliling komplek, body workout, atau melakukan senam yoga di rumah. Dengan berolahraga, kamu dapat membuat peredaran darah ke seluruh tubuh lebih lancar. Jantung bekerja lebih giat, sehingga darah dapat tersalurkan dengan baik ke seluruh tubuh. 

Selain itu, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat lain lho, seperti mengurangi kadar stres, meningkatkan kinerja otak, hingga meningkatkan level energi kamu untuk menjaga kamu tetap dalam kondisi fit. 

3. Sering makan makanan yang tidak sehat

Meski Rutinitas Super Padat, Jangan Abaikan 5 Hal Ini Ya!Seorang perempuan tengah memakan junk food (ShutterStock/SuparatWanpen)

Ada yang beranggapan menu makanan sehat itu rasanya tidak enak, harganya pun relatif mahal dibandingkan dengan makanan junk food lainnya. Nah untuk masalah ini, kamu bisa coba untuk mulai membawa bekal dari rumah. Dengan mengolah makananmu sendiri, maka kamu pun bisa memastikan tingkat kebersihan, dan mengetahui bahan serta kandungan yang ada di dalam makananmu.

Salah satu hal yang paling lumrah terdapat pada makanan kita adalah minyak kelapa sawit. Selain biasa digunakan untuk menggoreng makanan, ternyata minyak sawit memiliki dampak buat kesehatan juga lho!

Minyak kelapa sawit adalah minyak nabati yang mengandung lemak jenuh dan tak jenuh, vitamin E, beta-karoten, serta memiliki efek antioksidan. Minyak kelapa sawit juga mengandung tocotrienol, yaitu jenis vitamin E dengan antioksidan yang kuat sebagai pendukung kesehatan otak. Tocotrienol sangat bermanfaat dalam melindungi otak dari lemak tak jenuh ganda dan demensia, mengurangi risiko stroke, serta mencegah pertumbuhan tumor otak.

Sebenarnya manfaat kelapa sawit tidak hanya bisa dijadikan minyak, tapi bisa juga dijadikan bahan kosmetik, sabun, pasta gigi, lilin, pelumas, dan tinta. Indonesia termasuk produsen minyak kelapa sawit terbesar di dunia. Sangat mudah untuk menemui produk minyak kelapa sawit ini di pasaran. Harga jualnya juga cukup terjangkau. Sehingga, manfaat minyak kelapa sawit mudah dirasakan bagi siapa saja.

4. Duduk terlalu lama

Meski Rutinitas Super Padat, Jangan Abaikan 5 Hal Ini Ya!Seorang pria kerja larut malam (ShutterStock/Mavo)

Masyarakat modern saat ini cenderung menghabiskan sebagian besar waktunya dengan duduk. Baik saat kerja maupun ketika istirahat di rumah. Bahkan, saat ingin membeli sesuatu, tak perlu lagi repot jalan kaki dengan maraknya layanan pesan antar.

Gaya hidup sedenter (sedentary lifestyle) ini tak hanya bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit serius, tapi juga dapat memicu penuaan dini. 

Kalau profesimu memang menuntut untuk duduk lama, kamu bisa siasati dengan memberi jeda sekitar 5 menit untuk melakukan peregangan (stretching) setiap 1 jam sekali. Dengan begitu, tubuhmu tidak terus-menerus berada dalam satu posisi. Selain itu, selalu sempatkan olahraga rutin agar peredaran darah lancar dan penuaan dini bisa dicegah.

5. Sedih dan stress berkepanjangan

Meski Rutinitas Super Padat, Jangan Abaikan 5 Hal Ini Ya!Seorang perempuan tampak depresi (ShutterStock/RattaLapnan)

Masalah ekonomi, percintaan, hubungan keluarga, atau masalah di tempat kerja, bisa membuat seseorang mengalami stres berkepanjangan. Stres memang tidak bisa dihindari. Karena, namanya hidup, pasti selalu ada masalah. Namun, yang bisa kamu lakukan adalah mengelola stres supaya bisa ditekan seminimal mungkin.

Misalnya dengan menyeimbangkan waktu kerja dengan kehidupan pribadi, rutin melakukan meditasi atau latihan pernafasan supaya pikiran tetap bisa tenang dan jernih, meski dilanda berbagai masalah.

Perlu kamu ketahui, mental adalah salah satu aspek penting dalam kesehatan manusia. Tubuh fisik yang sehat akan percuma jika tidak dibarengi dengan mental yang sehat pula. Stay healthy ya guys! (WEB)

Topic:

  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya