Comscore Tracker

5 Etika yang Harus Kamu Jaga Agar Karma Buruk Tak Menimpa!

Ketahui, ingat dan lakukan

Kalian pernah tidak mendengar kata 'Karma Pasti Berlaku'? Atau kalian telah mengalaminya sendiri? Jika benar terjadi seperti hal tersebut, pastilah setiap orang akan lebih berhati-hati dalam berkata dan berperilaku yang tidak sepantasnya. Iya kan?

Istilah karma sendiri berasal dari kepercayaan dari masyarakat yang menganut agama Hindu - Budha yang jikalau diartikan semua perbuatan buruk yang telah dilakukan akan mendapatkan akibat bagi pelakunya kelak di masa depan. Istilah karma sendiri merupakan bahasa asli dari Sansekerta yang disebut karmaphala.

Karma sering dikaitkan dengan hukum dunia yaitu sebab-akibat. Lalu pertanyaannya apakah nanti setiap orang akan mendapatkan karma atau balasan yang setimpal dengan apa yang telah mereka lakukan dahulu? Faktanya, setiap seseorang yang telah melakukan kesalahan akan mendapatkan balasannya.

Tetapi hal tersebut tergantung bagaimana cara kalian menanggapinya, karena setiap orang mempunyai pendapatnya sendiri. Mengenai hal tersebut, jika kamu percaya akan adanya karma, dan tidak ingin merasakan kepedihan karenanya. Kalian harus simak 5 ulasannya berikut ini.

1. Hati dan pikiran

5 Etika yang Harus Kamu Jaga Agar Karma Buruk Tak Menimpa!pexels/Trinity Kubassek

Setiap manusia yang hidup di dunia ini telah diberikan 2 pola pikir, yaitu hati dan pikiran. Setiap perilaku yang akan kalian lakukan tercipta dari pola pikir yang terkoneksi dari hati dan pikiran. Jika kalian mempunyai pikiran buruk maka semua yang akan kalian lakukan akan menjadi buruk dan kedepannya akan mendapatkan balasannya.

2. Sikap dan perilaku

5 Etika yang Harus Kamu Jaga Agar Karma Buruk Tak Menimpa!pixabay/PDPics

Selanjutnya yang harus kalian jaga adalah sikap dan perilakumu. Setelah kamu berhasil mengatasi pola pikir, maka sikap dan perilaku pun harus kamu jaga agar tidak terkena karma. Jika kalian memiliki sikap dan perilaku yang buruk dan melakukan sesuatu yang buruk pula, maka bersiaplah untuk kalian mendapatkan balasannya.

3. Mata atau pandangan

5 Etika yang Harus Kamu Jaga Agar Karma Buruk Tak Menimpa!pexels/samer daboul

Mata merupakan salah satu alat indera yang sangat rentan dipergunakan untuk sesuatu yang tidak semestinya. Terkadang mata digunakan untuk melihat sesuatu yang kurang baik untuk dilihat dan biasanya kebiasaan melihat sesuatu yang buruk akan terjadi kepada kalian karna terlalu sering kamu melihat apa yang tidak sepantasnya kalian lihat dan kelamaan menjadi sikap dan perilakumu. 

Baca Juga: 11 Quote Tentang Karma Selingkuh yang Perlu Direnungkan Setiap Orang

4. Telinga atau pendengaran

5 Etika yang Harus Kamu Jaga Agar Karma Buruk Tak Menimpa!pexels/Markus Spiske temporausch.com

Sama halnya dengan mata, telinga juga rentan terhadap sesuatu. Apalagi hal tersebut menyangkut sesuatu yang tidak sepatutnya untuk kalian dengar, seperti gosip atau cerita yang tidak ada kaitan dan faedah-nya bagi kalian.

5. Mulut atau ucapan

5 Etika yang Harus Kamu Jaga Agar Karma Buruk Tak Menimpa!pexels/Gratisography

Menjaga mulut atau yang biasa disebut dengan menjaga ucapan sama pentingnya dengan poin pertama dan keempat, terlebih mulut merupakan alat indera yang sangat penting dalam kehidupan bersosialisasi. Terkadang seseorang yang tidak bisa menjaga ucapannya, biasanya akan menyebarkan berita bohong atau palsu, menyebar fitnah hingga yang lebih fatal dapat menyebabkan hilangnya nyawa seseorang.

Mungkin 5 hal ini yang harus kalian tahu, tapi jangan asal tahu saja setidaknya kalian juga harus mengingatnya, dan juga harus kalian aplikasikan terhadap kehidupanmu sehari-hari. Karna kita hidup di dunia yang perkembangan teknologi yang sangat pesat dan penyebaran informasi yang juga cepat, terlebih isu HOAX sering kita dengar.

Agar ke depannya kalian dapat terhindar dari yang namanya karma atau sesuatu yang tidak kita inginkan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Baca Juga: Awas Menyesal, Ini 5 'Karma' Jika Kamu Bertahan di Zona Nyaman

Hiroyuki Gin Photo Writer Hiroyuki Gin

Writing is Life. So, My Life Only Needs It. Cause a Word Can Interpret This Life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya